Monday, 17 Jun 2024

Penyebab Perut Buncit Bagian Bawah Pusar Pada Wanita

2 minutes reading
Tuesday, 6 Jun 2023 05:47 0 269 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Masalah perut buncit terutama pada wanita akan membuat menurunnya rasa percaya diri, tak jarang para wanita akan melakukan diet untuk meratakan bagian perut, salah satunya perut buncit pada bagian bawah pusar. Lantas apa saja penyebabnya.

Perut buncit akan dialami oleh semua orang, banyak penyebab yang bisa membuat perut semakin buncit, mulai dari pola makan yang banyak, masalah genetik, masalah stress dan depresi, jarang berolahraga dan masih banyak lainnya.

Hadirnya perut buncit tentu saja akan membuat perasaan tidak nyaman dan menurunkan rasa kepercayaan diri dalam bersosial. Nah bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja penyebab perut buncit terutama pada bagian bawah pusar wanita, serta apa saja solusinya, simak ulasan sebagai berikut.

Penyebab Perut Buncit Bagian Bawah Pusar Pada Wanita

Penyebab Perut Buncit Bagian Bawah Pusar Pada Wanita

Dikutip dari Alodokter, menurut dr. Fenita Antonius, masalah perut buncit pada bagian bawah pusar wanita sering terjadi karena masalah perlemakan, otot bawah perut yang tidak padat, dan pertumbuhan abnormal pada sel rahim, terutama pada wanita yang setelah melahirkan.

Penyebab lainnya, seperti makan makanan yang berlebihan akan membuat perut mudah membuncit, terutama jika nutrisi dalam makanan yang tidak seimbang. Masalah perut buncit juga bisa terjadi karena jarang olahraga yang membuat lemak menumpuk pada bagian bawah perut.

Setelah mengetahui penyebab utama, solusi untuk mengatasi masalah perut buncit bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Untuk mengatasi masalah perut buncit bawah pusar setelah melahirkan dan disebabkan karena pertumbuhan abnormal pada rahim, kamu bisa melakukan pemeriksaan dengan cara menghitung berat badan ideal, alat penghitung perlemakan tubuh dan massa otot serta melakukan USG untuk melihat kondisi pada organ lahir dan indung telur.

Segera lakukan konsultasi dengan dokter spesial kandungan dan pemeriksaan lebih mengenai gangguan organ reproduksi dengan menjalani pengobatan seperti mengkonsumsi obat hormonal atau melakukan operasi jika ada indikasi.

Kemudian, jika masalah perut buncit disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, sebaiknya menerapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan serta menghindari junk food atau makanan manis secara berlebihan.

Sedangkan untuk masalah perut buncit yang dikarenakan lemak, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin dengan teknik olahraga tertentu. Kamu bisa berkonsultasi dengan pelatih di gym dan mengikuti arahan yang diberikan untuk program diet dan mengecilkan perut buncit.