Wednesday, 17 Jul 2024

Efek Samping Makan Buah Kurma Jika Berlebihan

5 minutes reading
Monday, 8 May 2023 17:19 0 240 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Memang buah Kurma ini yang memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh, tetapi ada kemungkinan jika mengkonsumsi buah Kurma ini dengan jumlah yang banyak bisa menyebabkan efek sampingnya untuk tubuh.

Kurma merupakan salah satu jenis buah tertua di dunia dan tanaman ini yang sudah banyak dibudidayakan di Timur Tengah yang beriklim kering dan gurun, dimana buah Kurma ini yang memiliki bentuk ukuran kecil dengan rasanya yang manis.

Mengkonsumsi buah Kurma yang bisa membantu meningkatkan kandungan zat besi didalam tubuh dan juga membantu melancarkan sistem pencernaan, bahkan dapat mengobati berbagai masalah atau kondisi kesehatan tubuh hal ini dikarenakan buah ini bersifat anti inflamasi, anti tumor dan juga antioksidan.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini dan banyak juga orang yang mungkin ingin tahu dengan berapa batas aman dalam mengkonsumsi buah Kurma agar tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan.

Dimana untuk jumlah batas mengkonsumsi buah Kurma ini yang tergantung dengan beberapa faktor yang dimulai dari kesehatan, usia dan juga kondisi lainnya, hingga sampai sekarang memang belum terdapat penelitian yang cukup untuk menentukan berapa dosis yang sesuai untuk mengkonsumsi buah Kurma.

Tetapi kamu perlu mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk buah Kurma atau bisa juga dengan berkonsultasi kepada dokter jika memang masih ragu dan khawatir jika buah Kurma ini yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh, walaupun untuk efek samping makan buah Kurma jika berlebihan yang lebih sedikit ketimbang dengan manfaatnya, tetapi tentu saja hal ini perlu kamu ketahui.

Efek Samping Makan Buah Kurma Jika Berlebihan

Efek Samping Makan Buah Kurma Jika Berlebihan

Pada saat bulan ramadhan umat muslim yang sering menerapkan untuk berbuka puasa berbuka dengan yang manis-manis salah satunya buah Kurma, bahkan berbuka dengan buah Kurma ini yang mendapatkan sunnah Rasulullah.

Buah Kurma selain rasanya yang manis namun buah ini juga yang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, tetapi jika mengkonsumsi buah Kurma ini dengan jumlah yang banyak dan berlebihan bisa menyebabkan munculnya efek samping untuk tubuh.

Selain dengan mengkonsumsi buah Kurma ini secara langsung tetapi buah ini juga yang banyak orang mengolahnya dengan menjadi berbagai olahan seperti smoothies atau bisa juga dengan menambahkannya pada es krim dan pengamanan lainnya yang akan menambah rasa.

Kandungan serat dan kalori dalam buah Kurma yang tinggi yang memang sangat baik untuk tubuh, tetapi kedua kandungan ini yang dapat menjadi bumerang bagi tubuh jika mengkonsumsi buah ini dengan jumlah yang banyak yang dimulai dari kenaikan berat badan dan bahkan hingga mengalami gangguan sistem pencernaan.

Adapun untuk beberapa efek samping makan buah Kurma jika berlebihan yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Menyebabkan Diare

Buah Kurma yang memiliki kandungan kadar gula yang cukup tinggi jika buah Kurma ini dikonsumsi dengan jumlah yang banyak atau berlebihan yang bisa memberikan efek sampingnya yaitu dapat menyebabkan diare, dimakan kondisi ini yang terjadi karena rasa manis dari buah Kurma yang sebagian berasal dari fruktosa merupakan gula alami ditemukan pada buah dan juga sayuran.

Kandungan fruktosa ini yang tidak semua orang bisa mencernanya dengan baik atau disebut intoleransi fruktosa, sehingga ini mengakibatkan gula yang melewati seluruh sistem pencernaan dikarenakan fruktosa yang tidak terserap dengan baik dan tubuh tidak dapat memecahkannya.

Pada saat gula sampai pada bagian usus maka ini yang bisa menyebabkan diare dan akan membuat kamu menjadi sering buang gas, kondisi ini yang dikarenakan adanya reaksi dengan bakteri alami yang ada di dalam usus.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Efek samping makan buah Kurma jika berlebihan yang lainnya dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes, hal ini dikarenakan gula alami didalam buah Kurma yang hampir setara dengan 30 gram gula dengan kandungan gula yang tinggi bisa membuat kurma yang dianggap sebagai makanan dengan kadar indeks glikemik yang tinggi.

Pada dasarnya buah Kurma ini yang memiliki nilai indeks glikemik yang cukup sedang sehingga tidak akan terlalu meningkatkan kadar gula darah, tetapi jika mengkonsumsi buah Kurma ini secara berlebihan yang bisa berpengaruh terhadap glukosa terutama untuk mereka yang menderita diabetes.

Sehingga dengan begitu sebaiknya untuk mulai membatasi dalam mengkonsumsi buah Kurma dengan kandungan gula yang tinggi, dimana kamu bisa mengkonsumsi buah Kurma sekitar 1 hingga 2 buah dalam perharinya yang menjadi pilihan aman.

Mengalami Masalah Sistem Pencernaan

Dimana untuk efek samping makan buah Kurma jika berlebihan yang bisa terjadi yaitu mengalami masalah pada sistem pencernaan yang diakibatkan oleh kandungan serat dalam buah Kurma yang terlalu tinggi, dalam porsi 100 gram buah Kurma ini yang mengandung sekitar 7.5 gram serat.

Umumnya untuk asupan serat pada setiap orang yang berbeda-beda namun sudah banyak ahli yang merekomendasikan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sekitar 20 hingga 35 gram serat setiap harinya, dalam satu porsi buah Kurma yang akan memberikan sekitar 7 hingga 13% kebutuhan serat yang telah dianjurkan.

Jika mengkonsumsi buah Kurma secara berlebihan yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kram perut, perut kembung, sering buang gas dan juga sembelit, masalah ini yang terjadi karena serat yang menyebabkan gerakan usus lebih cepat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa efek samping makan buah Kurma jika berlebihan yang perlu kamu ketahui dan perlu diwaspadai, untuk menghindari efek sampingnya maka konsumsi buah Kurma dengan jumlah yang pas semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.