Thursday, 18 Jul 2024

5 Ikan Yang Mengandung Asam Folat

7 minutes reading
Monday, 13 Nov 2023 09:53 0 201 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis ikan yang mengandung asam folat di dalamnya. Mengingat asam folat sendiri merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang memegang perlu dicukupi dengan baik, khususnya untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan sejumlah manfaat dari asam folat bagi ibu hamil, dan ikan merupakan salah satu jenis makanan terbaik yang direkomendasikan. Namun, apakah semua ikan memiliki kandungan asam folat di dalamnya ?

Sebagai salah satu upaya guna menjaga kesehatan tubuh dan janin, maka penting bagi seorang ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil. Nah, salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah asam folat. Dimana kamu dapat mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan asam folat yang baik untuk memenuhi asupan atau kebutuhan harian. 

Ikan Yang Mengandung Asam Folat

 Ikan Yang Mengandung Asam Folat

Asam folat memang dikenal baik khususnya bagi para ibu hamil, namun tahukah kamu jika asam folat sendiri dapat dikonsumsi dna penting bagi semua orang dari kalangan usia manapun. Asam folat merupakan salah satu bentuk vitamin B kompleks, tepatnya adalah B9 yang mampu larut di dalam air. Asam folat sendiir memiliki fungsi sabagai zat pemabangun tubuh melalui proses pembentukan sel darah merah dan produksi DNA. 

Nah, itulah kenapa penting sekali memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Tidak hanya bagi ibu hamil, mamu asam folat juga menyimpan berbagai macam orang dengan berbagai usia. Asam folat ini dapat membantu untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mampu mencegah terjadinya cacat lahir pada otak atau saraf si kecil. 

Meskipun saat ini sudah hadir berbagai jenis suplemen yang memiliki kandungan asam folat, namun asam folat terbaik adalah berasal dari makanan utuh, salah satunya ikan adalah ikan. Maka, kami akan merekomendasikan beberapa jenis ikan yang mengandung asam folat.

Ikan Sarden 

Di Posisi pertama kamut dapat mengkonsumsi ikan sarden, ikan satu ini menjadi salah satu ikan yang mengandung asam folat yang cukup tinggi di dalamnya. Ikan sarden memiliki rasa yang gurih disertai kaya akan kandungan gizi didalamnya. Ikan satu ini termasuk ke dalam jenis ikan yang kaya akan asam folat dan kaya akan asam lemak omega-3 juga. Dalam 100 gram ikan sarden, malah mengandung kurang lebih 10 mikrogram asam folat di dalamnya. 

Mengkonsumsi ikan sarden di masa kehamilan, maka dapat membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, selain itu menghindari risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol jahat atau dikenal dengan LDL yang dipecah secara baik oleh senyawa-senyawa yang dikandung di dalamnya. 

Ikan Salmon

Kamu pastinya tahu jika ikan yang dikenal dengan dagingnya yang segar berwarna oranye ini? yaitu salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan sal folat. Hampir sama dengan jenis ikan sarden lainnya, ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang mana berfungsi dengan baik untuk mendukung pertumbuhan janin si kecil. 

Di masa kehamilan si kecil, kamu dapat mengkonsumsi ikan salmon bahkan dalam kondisi yang benar-benar matang ya. Nah, hal ini sendiri didasarkan untuk mencegah bakteri yang dapat menimbulkan keracunan dan dapat membahayakan kehamilan, maka konsumsilah daging ikan salmon dalam keadaan matang dengan baik. 

Ikan Bandung

Siapa sangka jika ikan bandeng termasuk ke dalam deretan ikan yang mengandung asam folat did almanya. Ikan satu ini memiliki banyak lemak, yang juga merupakan sumber protein, kalsium dan fosfor yang memiliki rasa yang lezat. Selain itu dilansir dari Recipe Tips, dikatakan dalam setiap 3 ons penyajian dari ikan bandeng, terdapat kandungan 16 mikrogram asam folat di dalamnya.

Sehingga bagi para ibu hamil, kamu dapat menjadikannya sumber asupan yang enak sekaligus bergizi di masa kehamilan. Namun, kamu harus mengingat bahwa rasa yang enak dan bergizi ini harus dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan. Maka, kamu bisa mendapatkan kandungan asam folat dengan baik di dalamnya. 

Ikan Halibut

Selanjutnya adalah ikan halibut, atau dikenal sebagai ikan sebelah di Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan halibut memiliki wujud dan bentuknya yang pipih, kemudian memiliki warna yang berbeda pada bagian atas dan bawahnya. Sehingga disebut sebagai ikan sebelah. 

Menurut National Institutes of health, dalam 3 ons ikan halibut ini yang telah diolah atau dimasak memiliki kadunungan sekitar 12 mikrogram asam folat. Ikan halibut ini juga selain memiliki kandungan asam folat, kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin D di dalamnya. Serta dalam ikan halibut ini memiliki kandungan vitamin lebih banyak daripada ikan kod di dalamnya. 

Ikan Lele

Selanjutnya, ikan yang mengandung asam folat adalah ikan lele. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang murah dan mengandung asam folat di dalamnya. Ikan lele juga memiliki kandungan 10 mikrogram asam folat yang baik dan bekerja secara optimal bagi perkembangan otak dan sistem saraf janin. 

Dengan memiliki daging yang lembut dan gurih, ikan yang satu ini layak jadi bagian dari menu diet di masa kehamilan yang kaya akan kandungan nutrisi. Selain itu kandungan vitamin didalam ikan lele ini sangat baik bagi tubuh. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Kamu dapat mengolahnya dengan berbagai macam cara didalamnya dengan baik. 

Makanan Lainnya Yang Mengandung Asam Folat

 Ikan Yang Mengandung Asam Folat

Selain kelima jenis ikan di atas, asam folat juga dapat kau penuhi dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dibawah ini, sebagian alternatif pengganti ikan dengan kandungan asam folat yang baik juga. 

Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan asupan beberapa nutrisi yang cukup penting. Selain itu, telur juga masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung asam folat. Selain itu kandungan lain dari telur ini adalah protein, selenium, riboflavin dan vitamin B12. 

Selain itu, mereka memiliki kadar lutein dan zeaxanthin serta 2 antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko gangguan mata, dan terjadi degenerasi makula juga. Kamu dapat mengonsumsi telur dengan baik untuk memenuhi kebutuhan asam folat, tidak hanya dari konsumsi ikan saja. 

Kubis Brussel

Kubis brussel merupakan jenis sayuran yang bergizi dan masuk ke dalam jenis sayuran cruciferous, yang juga terkait erat dengan sayuran hijau lainnya, yaitu kangkung, brokoli, kubis dan kohlrabi. Kubis brussel merupakan jenis makanan yang penuh dengan banyak vitamin dan mineral, khususnya asam folat. 

Dalam satu porsi setengah cangkir yaitu 78 gram kubis brussel yang dimasak, dapat masuk 47 mcg asam folat atau b12% dari asupan harian. Sayuran ini juga merupakan salah satu sumber kaempferol yang bagus, antioksidan yang terkait dengan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Asparagus

Asparagus termasuk jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat yang banyak vitamin dan mineral di dalamnya. Dalam setengah cangkir atau 90 gram asparagus yang dimasak dan mengandung 134 mcg folat, atau sekitar 34% dari AKG. 

Asparagus juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan yang telah terbukti dan memiliki zat anti inflamasi dan antibakteri. Selain itu, mereka adalah sumber serat jantung yang sangat baik, dengan merendam hingga 7% dari kebutuhan serat harian dalam 1 porsi asparagus. 

Legum

Selanjutnya kamu dapat mengonsumsi legum, legum merupakan buah atau biji tanaman apapun dari keluarga Fabaceae, diantaranya kacang, kacang polong dan lentil. Meskipun memiliki jumlah asam folat dalam kacang-kacangan yang bervariasi, mereka juga merupakan makanan yang mengandung asam folat cukup baik untuk tubuh, begitupun pada ibu hamil. 

Buah Bit 

Terakhir, ada buah-buahan, yaitu buah bit dengan warna yang cantik pada hidangan utama, atau makanan penutup. Buah bit tidak hanya mengandung asam folat saja, namun terdapat vitamin C, kalium, mangan. Dalam 136 gram buah bit mentah memiliki kandungan 148 mcg asam folat, status sekitar 37% dari AKG. 

Dalam sebuah studi kecil, menunjukan dengan meminum jus buah bit, mampu menurunkan tekanan darah sistolik sementara yaitu 4 hingga 5 mmH pada orang dewasa yang sehat. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan asam folat di dalamnya. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan asam folat juga, seperti telur , sayuran hijau hingga buah bit.

Kamu dapat mengkonsumsinya, namun alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dokter atau ahlinya, yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan kamu jika memiliki riwayat medis tertentu atau dalam kondisi hamil.