Saturday, 22 Jun 2024

8 Jadwal Minum Air Putih Hangat Untuk Diet

6 minutes reading
Monday, 21 Aug 2023 16:14 0 161 Muti Karya

Nesiaverse.com – Minum air putih hangat bermanfaat untuk diet, apalagi jika kamu mengetahui jadwal efektif untuk mengkonsumsinya. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yaitu kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu sel-sel dalam tubuh untuk lebih cepat menutrisi dan melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Air putih dapat kamu konsumsi dengan suhu hangat maupun suhu yang dingin. Semua itu disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Air hangat merupakan suhu terbaik dalam mengonsumsi air putih, khususnya untuk mendukung program diet kamu jika dibandingkan air putih dalam suhu dingin atau normal. Kamu juga harus memperhatikan jadwal konsumsi air hangat untuk meningkatkan penurunan berat badan secara maksimal atau efektif. 

Jadwal Minum Air Putih Hangat Untuk Diet

DIkutip dari halaman Times of India, dikatakan bahwa air hangat atau air dingin memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam segelas air dingin kamu dapat menenangkan diri dari sesi latihan atau aktivitas yang intens. Sementara air hangat sendiri akan membantu kamu untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan membantu sistem pencernaan berjalan lebih baik lagi, biasa disebut dengan detoks tubuh. 

Mengonsumsi air putih tidak hanya bermanfaat untuk menghidrasi tubuh agar cairan dalam tubuh terpenuhi. Namun, bermanfaat juga untuk membantu menurunkan berat badan. Khususnya jika kamu mengonsumsi nya dalam waktu yang tepat. Kamu pastinya tahu jika tubuh kita ini memiliki 60% kandungan air . Sehingga asupan air dibutuhkan oleh tubuh selain untuk memenuhi konsumsi cairan tubuh setiap harinya. Air juga memiliki peranan dalam menjaga organ didalam tubuh agar berfungsi lebih baik lagi.

Sehingga penting untuk memenuhi kebutuhan air harian yaitu 1 liter per harinya atau setara dengan 8 gelas. Dikutip dari NDTV yang mana dikatakan air juga bermanfaat untuk membantu tubuh tetap terhidrasi, sekaligus membantu menurunkan berat badan. Dikarenakan air hangat dapat membantu detoks tubuh dan meningkatkan sistem pencernaan maupun metabolisme tubuh dengan lajut yangs emakin cepat. 

Berikut beberapa waktu atau jadwal minum air putih hangat yang cocok untuk mendukung program diet kamu. 

Ketika Kamu Merasa Lapar

Kamu dapat mengonsumsi air hangat saat merasakan lapar. Jika kamu sudah makan namun tetap merasa lapar , maka konsumsilah air hangat. Alih-alih menambah setengah maupun porsi tambahan. Karena kamu sedang menjalani program diet maka konsumsilah air hangat untuk menahan lapar lapar kamu dan meningkatkan proses penurunan berat badan. 

Hal ini dikarenakan air bermanfaat untuk membantu kamu meredakan atau menurunkan keinginan ngemil saat lapar. Dalam beberapa kasus air sendiri akan menghilangkan rasa lapar, dan kamu dapat bertahan lebih lama lagi dan tidak membuat program diet kamu gagal. 

Ketika Tubuh Tidak Sehat

Tidak selamanya kondisi kesehatan seseorang baik terkadang kondisi tubuh seseorang akan menurun dan kurang sehat. Umumnya kondisi satu ini akan membuat kamu lebih gampang merasa haus bahkan lapar. Maka, kamu bisa mengkonsumsi air hangat lebih banyak lagi. Selain untuk menghidrasi, hal ini dapat membantu kamu untuk menyembuhkan penyakit kamu lebih cepat lagi. 

Air putih yang segar empeng baik untuk memberikan efek yang menenangkan. Mau, jika tubuh kamu sedang tidak fit sebaiknya hindari konsumsi air dengan suhu dingin. Justru konsumsi air hangat, selain untuk memenuhi cairan tubuh, suhu hangat dapat meredakan peradangan dalam tubuh. Dengan begitu akan membantu kamu memulihkan tubuh dengan cepat sekaligus mendetoks tubuh dari racun dan penyebab kamu sakit. 

Sebelum Makan

Mengkonsumsi air hangat sebelum makan merupakan salah satu jadwal minum air putih hangat yang paling efektif untuk mendukung program diet kamu. Karena dengan mengkonsumsi air putih hangat 30 menit sebelum kamu makan akan memberikan dampak positif.

Nantinya kamu akan merasa kenyang daripada kamu tidak mengonsumsi air hangat. Dampaknya akan terasa ketika kamu justru akan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Hal inilah yang membuat kamu akan mengalami penurunan badan secara berangsur sedikit demi sendiri lemak dalam tubuh terbuang. 

Saat Bangun Tidur Di Pagi Hari

Salah satu tips yang wajib kamu lakukan di pagi hari yaitu dengan mengkonsumsi air hangat sebangun dari tidur secara rutin. Ini merupakan salah satu kebiasaan yang baik, selain memberikan efek kenyang di pagi hari, mengkonsumsi air hangat dapat membuang kadar racun dalam tubuh yang dapat memicu kegemukan juga. 

Kamu harus menghindari konsumsi air putih dalam suhu dingin di pagi hari. Hal ini justru akan berdampak negatif terhadap kesehatan kamu karena dapat memicu penyakit batuk atau flu. Konsumsilah air hangat saat kamu banggun tidur untuk mendukung program diet kamu lebih baik lagi. 

Sebelum Olahraga

Mengonsumsi air putih hangat memang sangat baik, salah satunya adalah ketika kamu akan melakukan kegiatan olahraga. Hal ini guna memberikan tubuh cairan tahan sebelum kamu melakukan aktivitas statis seperti olahraga atau gym. Dengan begitu tubuh akan terhidrasi dengan baik dan aktivitas berolahraga akan berjalan dengan baik juga. Air hangat sangat baik untuk menjaga organ tubuh, yang nantinya akan bekerja ekstra ketika kamu melakukan olahraga. 

Setelah Berolahraga

Jika sebelumnya kamu mengonsumsi air hangat sebelum berolahraga, maka kamu dapat mengkonsumsi air hangat juga setelah melakukan kegiatan olahraga. Ketika kamu selesai melakukan aktivitas olahraga, tubuh akan kehilangan cairan. Maka, kamu harus mengembalikan cairan di dalam tubuh yang hilang dengan mengkonsumsi air lagi. 

Dengan kamu mengonsumsi air hangat tidak hanya mengembalikan cairan tubuh yang hilang saja. Namun, akan memperbaiki dan menjaga organ dalam tubuh kamu. Selain itu ada manfaat lainnya untuk membantu proses detoks lebih cepat lagi. Meskipun air minum dingin akan memberikan efek segar ketika kamu melakukan kegiatan olahraga, kami tidak menganjurkannya. Khususnya jika kamu melakukan aktivitas olahraga pada malam hari. 

Saat Dikelilingi Orang Sakit

Berikutnya jika dalam lingkungan kamu terdapat keluarga yang jatuh sakit, atau di kantor kamu sedang ada yang sakit maka konsumsi air hangat. Mengkonsumsi air putih hangat lebih banyak akan membantumu untuk membersihkan racun dan virus yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu kamu akan terhindar karena air akan membawa virus tersebut keluar dari tubuh melalui urine. Maka, jadwal satu ini cocok dilakukan guna menghindari kamu dari terjangkitnya suatu penyakit seperti flu. Dengan begitu sistem pembakaran lemak dan penurunan berat badan tidak akan terhambat dan berlangsung secara normal dan baik.

Sebelum Mengonsumsi Camilan

Terakhir, jadwal yang cocok untuk minum air putih hangat saat diet adalah waktu makanan camilan. Dengan masuknya air putih hangat ke tubuh akan memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga kamu akan terhindar dari konsumsi makanan berlebihan dari segi kalori dan kandungannya.

Itulah pembahasan mengenai jadwal atau waktu minum air putih hangat untuk mendukung proses diet kamu. Pastikan juga kamu mengonsumsi air dalam rentang waktu 2 jam sekali, khususnya pada siang hari. Hal ini guna memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Kamu dapat mengonsumsi air hangat juga untuk melakukan detoks dalam tubuh.