Thursday, 18 Jul 2024

Jalan Pagi Ibu Hamil Pakai Sandal atau Tidak?

4 minutes reading
Friday, 20 Oct 2023 03:45 0 171 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jalan pagi, dianjurkan bagi ibu hamil namun apakah lebih baik dilakukan pakai sandal atau tidak? manfaat dari jalan kaki sangatlah banyak. Bahkan para dokter juga ikut menyarankan untuk melakukan program olahraga yang tentunya tidak terlalu berat, jika melihat kondisi kehamilan yang sehat dan fisik yang mendukung. Sehingga berjalan pada pagi hari sangat dianjurkan bagi para ibu yang sedang hamil. 

“Berjalan merupakan cara yang sangat baik guna mempertahankan sirkulasi yang sehat dan membangun stamina serta kekuatan di saat bayi tumbuh dan ibu membutuhkan lebih banyak energi lagi” kelas April Mellito, seorang bidan yang berlisensi di Bozeman, Mt. 

Jalan Pagi Ibu Hamil Pakai Sandal atau Tidak?

Jalan Pagi Ibu Hamil Pakai Sandal atau Tidak?

Pada wanita yang jarang atau tidak pernah sama sekali melakukan aktivitas fisik, memang direkomendasikan untuk memulai program olahraga ringan seperti jalan kaki di waktu pagi hari, ketika sedang hamil. Hal ini dikarenakan jalan kaki bekerja secara ideal untuk membantu ibu dan bayi mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas fisik tersebut. 

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari jalan kaki yang bisa kamu rasakan nantinya. Dalam aktivitas jalan pagi hari ini, kamu harus mengutamakan kenyamanan terlebih dahulu. Gunakanlah pakaian yang nyaman, dimana pakaian yang nyaman ini akan mempermudah gerakan yang kamu lakukan ketika lari di pagi hari. Bahan yang nyaman dan tidak bikin gerah atau berat sangat dianjurkan. 

Selain itu penggunaan sandal kembali pada kenyamanan sang ibu hamil, jika sang ibu berjalan pagi hari di area sekitar rumah berjalan tanpa sandal mungkin boleh-boleh saja. Namun, jika berjalan pagi di area umum, seperti lapangan umum kami tidak menganjurkannya. Hal ini terkait pada kenyamanan serta keamanan, karena ditakutkan telapak kaki cedera ketika menginjak tanah karena banyaknya benda asing di area umum yang tidak kita ketahui. 

Sehingga alangkah baiknya gunakanlah sandal atau sepatu yang nyaman digunakan, tidak terlalu berat tentunya. Dengan begitu kenyamanan dan keamanan ketika jalan di pagi hari akan terjaga. Jangan lupakan asupan minuman ketika melakukan aktivitas satu ini, bagaimanapun kamu harus tetap menjaga cairan tubuh. Lakukanlah aktivitas jalan pagi bagi ibu hamil ini minimal 15 menit dan maksimal 30 menit lamanya. Hal ini jika dilakukan secara rutin akan memberikan dampak positif baik bagi ibu hamil maupun snag bayi. 

Namun, disisi lain, berjalan kaki tanpa alas kaki juga disarankan oleh orang tua zaman dahulu, karena dipercaya memiliki manfaatnya tersendiri. Namun, hal ini hanya dapat dilakukan di halaman rumah, rerumputan atau batu saja. Memiliki sensasi yang pastinya menggelikan bagi sebagian orang yang belum terbiasa. Namun, ternyata memiliki dampak positif bagi para ibu hamil. 

Nah, berikut manfaat yang didapatkan dari jalan pagi bagi ibu hamil tidak menggunakan alas. 

Mengurangi Peradangan

Manfaat pertama berjalan pagi hari tanpa alasan ini dapat membantu mengurangi peradangan. Dilansir dari halaman Nakita.id, dimana peradangan disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan komplikasi, misalnya kanker, penuaan sehingga masalah jantung. 

Berjalan tanpa alas kaki ketika hamil mampu membantu melepaskan elektron positif dalam tanah dan berpindah sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi. 

Menjaga Tekanan Darah

Jalan tanpa menggunakan alas kaki akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar lagi. Peredaran darah yang lancar mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Cobalah berjalan di rerumputan, atau di antara batu halus hal ini akan membantu sang ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara ebrasan. 

Meningkatkan Penglihatan

Ada beberapa titik tekanan yang terdapat pada telapak kaki yang akan terhubung ke bagian saraf mata. Ketika sang ibu berjalan tanpa alas kaki, hal ini akan merangsang titik tekanan tersebut sehingga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata sang ibu. 

Mencegah Insomnia

Insomnia adalah salah satu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan tidur dn sulit tidur di malam hari. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membiasakan diri untuk berjalan tanpa menggunakan alas kaki, kurang lebih 30 menit lamanya. Hal ini juga bisa dirasakan atau didapatkan sang ibu ketika jalan pagi tanpa menggunakan alas atau sandal. Karena akan merangsang sarafnya dan akan memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik lagi. 

Meningkatkan Sistem Saraf

Terkahi, manfaatnya adalah meningkatkan sistem saraf dalam tubuh. Jalan tanpa menggunakan alas kaki ketika hamil mampu merangsang saraf dan vena, sehingga mampu meningkatkan sistem saraf. Bagi para penderita diabetes yang mengalami nyeri dari varises, aktivitas jalan tanpa alas kaki ini dapat meredakannya. Begitupun jika dilakukan para ibu hamil karena manfaatnya yang baik.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan apakah jalan pagi bagi ibu hamil dilakukan pakai sandal atau tidak? setelah membaca ulas kami di atas, maka kamu dapat memilikinya. Selain itu kamu bisa mengetahui berbagai macam manfaat dan resiko ketika berjalan menggunakan sandal atau tidak menggunakan sandal.