Saturday, 22 Jun 2024

Jam Makan yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

3 minutes reading
Sunday, 9 Oct 2022 06:10 0 172 Riswan Suandi

Droidly.co – Bagi penderita asam lambung tentu saja makan yang menjadi salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan, sehingga untuk kamu yang memiliki penyakit asam lambung jangan sekali-kali melewatkan waktu makan untuk itu berikut jam makan yang baik untuk penderita asam lambung yang perlu kamu ketahui.

Dimana untuk penderita asam lambung yang harus bisa mengatur  ham makan dan juga porsi makan yang sesuai atau pas jangan sampai makan yang terlalu banyak agar lambung kamu tidak harus bekerja ekstra untuk mengolah atau menggiling makanan yang telah kamu konsumsi sebelumnya.

Pastikan juga untuk memakan makan yang mudah untuk dicerna, dikunyah dengan baik dan juga jangan asal telan makanan, karena untuk penderita asam lambung yang perlu mentaati yang berkaitan dengan jam makan yang telah ditentukan oleh dokter jika memang kamu sudah konsultasi ke dokter.

Namun jika kamu belum pernah konsultasi ke dokter karena beberapa hal maka kamu bisa dengan menyimak ulasan dibawah ini mengenai jam makan yang baik untuk penderita asam lambung yang bisa kamu jalani.

Jam Makan yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Jam Makan yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Dimana untuk penyakit asam lambung naik yang gejala utamanya yaitu rasa seperti terbakar di dada (heartburn) yang dimana kondisi itu yang akan memburuk pada saat berbaring atau setelah makan, dan untuk gejala ini juga yang bisa disertai dengan keluhan gangguan pencernaan yang lainnya.

Dimana gangguan pencernaan  tersebut yang seperti mual dan muntah, maag dan juga sesak napas, mulut yang terasa asam dan juga sering bersendawa, sehingga untuk mengatasi agar asam lambung tidak naik yaitu makan yang teratur, makanan dan minuman yang perlu diperhatikan dengan baik.

Untuk itu dibawah ini aturan jam makan yang baik untuk penderita asam lambung yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Makan Pagi

Makan pagi atau sarapan untuk pengidap penyakit asam lambung yang sebaiknya dilakukan pada kisaran waktu pukul 07.00 – 08.00 WIB, dimana pada jam tersebut pastikan perut kamu tidak dibiarkan kosong karena telah beristirahat yang cukup lama.

Pada saat kamu bangun tidur yang dapat diawali dengan meminum air hangat satu gelas dan dilanjut dengan sarapan, untuk menu sarapan yang disarankan yaitu rebusan yaitu seperti telur rebus, kentang rebus, atau roti yang diberikan selai kacang.

Makan Siang

Selanjutnya waktu makan siang yang baik untuk penderita asam lambung untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yaitu dianjurkan pada pukul 12.00 – 13.00 WIB, dengan menu makanan seperti nasi, sayur, dan juga protein dan untuk dirinya sendiri kamu bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Makan Malam

Untuk jam makan malam yang baik untuk penderita asam lambung yang sesuai dengan kebiasan orang Indonesia yaitu dilakukan antara jam 18.00 – 19.00 WIB, pada saat makan malam maka pastikan kamu tidak  makan terlalu malam dan pastikan terdapat jeda yang panjang minimal 2 jam sebelum tidur.

Ngemil

Untuk terakhir aturan jam makan atau ngemil yang baik untuk penderita asam lambung yaitu terdapat dua waktu yang dapat digunakan untuk ngemil, yaitu yang pertama pada sela-sela setelah sarapan atau makan pagi ke jam makan siang dimana kamu bisa ngemil pada waktu 09.00 – 10.00 WIB.

Untuk yang kedua kamu bisa ngemil pada waktu sore yaitu kisaran antara jam makan siang ke jam makan malam yaitu kisaran jam 15.00 – 16.00 WIB yang bisa ngemil seperti buah atau kacang-kacangan, untuk penderita asam lambung untuk menghindari mengkonsumsi makan yang peda, asam dan juga berlemak tinggi.

Mungkin hanya itu saja beberapa aturan jam makan pagi, siang, malam dan juga ngemil yang baik untuk penderita asam lambung yang perlu kamu perhatikan dan perlu diingat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.