Saturday, 22 Jun 2024

Jam Tidur Yang Baik Untuk Kecantikan

6 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 01:32 0 184 Muti Karya

Nesiaverse.com – Kecantikan dan waktu tidur saling berkaitan, sehingga penting untuk mengetahui jam tidur yang baik untuk kecantikan. Sains juga membuktikan bahwa terdapat manfaat tidur yang baik untuk tubuh, bahkan untuk kecantikan sekalipun. Ketika seseorang tidur, maka tubuh akan masuk ke mode pemulihan atau perbaikan kerusakan yang disebabkan aktivitas sepanjang hari. 

Sehingga ketika malam hari, tubuh akan beristirahat atau tidur guna untuk melakukan aktivitas pemulihan energi dan perbaikan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Jam tidur yang baik juga jika dipadukan dengan aplikasi night skincare routine, maka akan bekerja secara optimal untuk memelihara kesehatan tubuh, salah satunya sistem regenerasi dan perbaikan sel kulit. Maka, tidur yang baik dapat meningkatkan kecantikan kulit. 

Jam Tidur Yang Baik Untuk Kecantikan 

Jam Tidur Yang Baik Untuk Kecantikan

Sepanjang hari kulit akan bekerja keras melindungi dirinya dari serangan secara terus-menerus. Namun, ketika tidur kulit akan masuk ke mode pemulihan dan terjadi regenerasi sel kulit secara intens. Sehingga penting untuk memperhatikan jam tidur yang baik untuk kecantikan kulit. Bahkan pada malam hari, proses regenerasi kulit dapat terjadi sebanyak 3 kali lebih cepat jika dibandingkan pada siang hari. 

Kemudian, jam tidur yang baik yang direkomendasikan untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit penting untuk kamu ketahui. Fase yang menjadi jam andalan satu jam tidur yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit sendiri adalah jam 9 hingga jam 11 malam. Fase ini merupakan fase awal dari jam tidur yang baik di saat kulit kamu dapat menyerap skincare ingredients dan proses perbaikan DNA juga. 

Ketika jam 9 hingga jam 11 malam, adalah waktu dimana hormon tidur melatonin akan meningkat, sehingga akan meningkatkan rasa lelah dan kantuk dan kemampuan kulit untuk memperbaiki diri pada malam hari akan meningkat. Hormon melatonin bekerja dengan cerdas, karena selain membuat kita ngantuk, melatonin akan bekerja sekaligus untuk melawan kerusakan kulit yang terjadi pada siang hari karena serangan sinar UV hingga polusi. 

Selain hormon melatonin juga ada salah satu jenis hormon yang memiliki fungsi dan manfaat untuk mempercepat laju perbaikan kulit dan proses regenerasi sel. Maka, jam tidur yang baik untuk mendukung kecantikan kulit adalah pada jam 9 hingga jam 11 malam, kemudian jam 4 hingga jam 5 pagi, tentunya kualitas tidur juga berperan besar dalam proses pembiakan dan mendukung proses kesehatan dan kecantikan kulit. Kemudian pada jam 2 pagi hingga jam 4 adalah waktu pergantian sel pada tubuh dan dapat meningkat 3 kali lipat.

Jika kamu mendapatkan waktu tidur yang baik disertai night skincare routine yang tepat, maka pada pagi hari kulit kamu akan menjadi lebih cantik dan cerah. Selain kulit menjadi lebih aktif, pada waktu malam kulit juga menjadi lebih permeable dimana mudah untuk ditembus oleh partikel. Kulit yang lebih hangat sehingga akan mudah untuk menerima produk skincare yang diaplikasikan sebelum waktu tidur. 

Namun, di sisi lainnya, ketika tidur kulit juga akan mengalami dehidrasi dimana kehilangan kelembaban. Fase pagi ini merupakan transepidermal water loss, yang mencapai pada puncak kulit atas. Karena kehilangan air dalam semalam, maka kondisi kulit kamu pada pagi hari akan kering dan skin barrier dapat terganggu. 

Kemudian, ketika siang harinya, kamu akan terpapar cahaya, hormon stress kortisol yang meningkat dapat membuat kulit tampak lebih merah dan meradang. Tanpa menggunakan sunscreen yang tepat, nantonya kulit akan menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Selain waktu tidur yang diperhatikan, kamu juga harus memperhatikan kebiasaan atau skincare routine yang tepat baik pada malam hari maupun pagi hari. Kamu harus memiliki skincare routine yang supercharged dimana akan bekerja untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit dan membantu untuk menghidrasi kulit setelah kehilangan air pada malam hari. Kamu membutuhkan produk yang akan menenangkan kulit serta sunscreen yang akan meningkatkan fungsi skin barrier

Berikut beberapa skincare routine yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Face Cleanser

Ketika malam hari tiba, detoksifikasi dan pembersihan kulit sangatlah penting, hal ini guna untuk mengangkat kotoran, minyak hingga sisa make up yang menempel sepanjang hari. Gunakanlah produk exfoliator dengan kandungan bahan seperti salicylic acid yang mampu mendukung pembaruan sel alami dengan membantu meningkatkan sel kulit mati secara efektif. 

Face Oil

Bagi semua jenis kulit, produk face oil juga sangat dibutuhkan, hal ini sangat membantu untuk menghidrasi kulit dengan menggunakan formula essential oil dalam rangkaian night routine skincare. Essential oil sendiri kaya akan kandungan mineral, vitamin dan omega oils yang akan mendukung proses meningkatkan nutrisi, hidrasi, kekenyalan kulit hingga elastisitasnya. 

Moisturizer

Moisturizer atau pelembab merupakan salah satu skincare yang wajib kamu dapatkan. Pelembab dengan bahan yang membantu menghindari, menenangkan kulit hingga mengurangi proses peradangan dan bekerja membantu memperbiakin skin barrier yang lemah merupakan salah satu pilihan yang tepat dan bisa kamu manfaatkan sedari dini. Kamu tidak boleh melewatkan produk satu ini untuk meningkatkan kecantikan dan mendukung proses tidur yang berkualitas bagi kesehatan kulit. ‘

Sunscreen

Sunscreen merupakan salah satu rangkaian skincare yang tidak boleh kamu sepelekan, karena memiliki fungsi yang sangat besar dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Sunscreen memiliki kandungan antioksidan yang sangat penting dalam mendukung kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya karena paparan polusi maupun sinar matahari yang menyengat. 

Setelah kamu mengetahui rangkaian skincare yang wajib untuk meningkatkan kualitas waktu tidur, kamu juga harus mengetahui manfaat dari jam tidur yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. 

Terlihat Awet Muda

Manfaat pertama yang kamu dapatkan dari menjaga jam tidur yang baik untuk kesehatan dan kecantikan adalah kamu akan terlihat lebih muda. Seseorang yang kurang tidur cenderung memiliki bengkak dan lingkar hitam di mata, kemudian memiliki kulit wajah yang pucat. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus akan memberikan efek parah dari munculnya garis-garis halus di kulit hingga kan tampak kusam. 

Namun, jika aku memiliki waktu tidur yang cukup, maka proses pemulihan dan regenerasi kulit dalam tubuh akan bekerja secara maksimal. Sehingga nantinya kamu akan memiliki kulit yang cerah segar dan kencang. Hal inilah yang akan membuat kamu akan terlihat awet muda. 

Berkurangnya Kantung Mata dan Garis-Garis Halus

Salah satu manfaat dari jam tidur yang baik adalah bagi kamu yang memiliki kantung mata karena kurang istirahat akan pudar seiring berjalan waktu. Garis-garis halus dan kerutan pada wajah juga akan ikut tersamarkan. Jika kamu memenuhi kebutuhan tidur kamu dengan cukup. 

Hal ini terjadi karena pada saat tidur, tubuh akan melakukan aktivitas regenerasi atau memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, diantaranya kulit. Sehingga efek positif yang kamu dapatkan adalah dengan memiliki kulit wajah yang jauh lebih bercahaya 

Proses Penyerapan Produk Perawatan Lebih Efektif

Terakhir, kamu akan mendapatkan manfaat dimana proses penyerapan produk perawatan atau skincare akan berjalan lebih cepat lagi. Hal ini dikarenakan aliran darah pada kulit akan meningkat di malam hari, sehingga akan mempermudah krim dari produk yang kamu gunakan terserap dengan cepat dan optimal. 

Itulah pembahasan mengenai jam tidur yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan memperhatikan beberapa hal diatas, kamu dapat memperhatikan dan memperhatikannya lagi agar bekerja secara maksimal dan membantu meningkatkan kesehatan kulit dan kecantikan secara sekaligus.