Monday, 17 Jun 2024

Jenis Pisang Yang Bagus Untuk Diet

5 minutes reading
Wednesday, 22 Mar 2023 21:46 0 131 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Pisang yang kerap dijadikan sebagai salah satu jenis menu diet karena memang buah ini yang memiliki manfaatnya untuk menurunkan berat badan, terdapat beberapa jenis buah Pisang yang baik untuk diet dan tentunya bisa ditemukan dengan mudah.

Buah Pisang yang bisa kamu temui dengan mudah di pasar tradisional hingga supermarket dengan memiliki harga yang terjangkau, buah ini juga yang tersedia dalam berbagai macam jenis dengan memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda-beda namun hampir sama.

Diet Pisang yang memiliki istilah yaitu Asa-Banana Diet yang telah digagas pertama kalinya oleh Sumiko Watanabe dan Hamachi sepasang suami istri yang berasal dari Jepang, hingga sekarang program diet Pisang ini sudah banyak orang yang menerapkannya untuk membantu menurunkan berat badan.

Dengan mengkonsumsi buah Pisang yang akan membuat perut menjadi kenyang, sehingga dengan begitu akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam mengontrol nafsu makan dan juga menekan keinginan ngemil yang tidak sehat.

Dimana proses diet Pisang ini yang dilakukan dengan mengkonsumsi buah Pisang dengan jumlah dan waktu yang tertentu dengan memiliki tujuan untuk membantu menurunkan berat badan, tentunya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka kamu perlu mengetahui beberapa jenis Pisang yang baik untuk diet dan juga cara yang tepat dalam melakukan diet Pisang.

Jenis Pisang Yang Bagus Untuk Diet

Jenis Pisang Yang Bagus Untuk Diet

Buah Pisang yang termasuk ke dalam jenis buah yang memiliki rasa yang manis dengan memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga secara otomatis buah Pisang yang tinggi kalori, tetapi banyak orang yang mengkonsumsi buah Pisang ini untuk diet.

Diet Pisang yang akan mendorong kamu untuk memakan atau mengkonsumsi buah Pisang di pagi hari dan ini yang akan mengurangi porsi makan di siang atau di malam hari, hal ini dikarenakan buah Pisang yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori di dalamnya.

Dengan menjalankan program diet Pisang yang bukan berarti kamu yang hanya mengkonsumsi buah Pisang saja dalam seharian, namun kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang lainnya tetapi ada beberapa yang perlu kamu perhatikan salah satunya tidak semua jenis buah Pisang yang baik untuk diet.

Untuk satu buah Pisang yang mengandung sekitar 105 kalori, 27 gram karbohidrat dan gula sekitar 14 gram, untuk gula dalam Pisang yang berbentuk fruktosa yang merupakan jenis gula yang sederhana dan mudah untuk dicerna, dapat menguras insulin dan meningkatkan kadar gula darah.

Pisang yang memiliki gula alami sehingga buah ini baik untuk diet ditambah lagi terdapat beragam kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B, vitamin C, kalium, serat dan juga antioksidan dengan memiliki sifat anti inflamasi sehingga buah Pisang ini yang cocok dimasukkan ke dalam menu diet.

Kandungan serat dalam buah Pisang yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan, namun kamu juga perlu untuk memperhatikan jumlah memakan buah yaitu sekitar 1 – buah dalam perharinya dan imbangi dengan mengkonsumsi makanan protein agar tidak membuat kadar gula darah melonjak.

Berikut beberapa jenis Pisang yang baik untuk diet yaitu sebagai berikut:

Pisang Kepok

Siapa yang tidak tahu dengan jenis Pisang Kepok yang satu ini dimana buah ini yang tersedia di Indonesia dan mudah ditemukan dan ternyata buah ini yang termasuk ke dalam jenis Pisang untuk diet, dimana buah Pisang ini yang rendah lemak dan juga gula sehingga sangat cocok untuk diet.

Pisang Kepok selain baik untuk diet namun Pisang ini juga yang sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal ini dikarenakan buah Pisang Kepok yang mengandung vitamin B dalam buah Pisang Kepok yang dapat membantu untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.

Pisang Cavendish

Pisang Cavendish termasuk ke dalam salah satu jenis Pisang yang baik untuk diet dengan memiliki daging buah yang tebal, manis yang berbentuk lonjong dan ramping, buah Pisang Cavendish juga memiliki aroma dan juga bentuk yang khas dengan warnanya putih kekuningan dengan teksturnya yang sangat lembut.

Buah Pisang Cavendish yang mempunyai kandungan nutrisi didalamnya yang baik untuk diet seperti mengandung karbohidrat yang sangat tinggi seperti fruktosa, glukosa dan juga sukrosa, sehingga tidak heran jika buah Pisang jenis Cavendish ini banyak dijadikan alternatif untuk diet.

Pisang Ambon

Pisang Ambon termasuk ke dalam salah satu jenis Pisang yang baik untuk diet dengan memiliki rasa yang manis, untuk buah Pisang Ambon ini yang terbilang mahal namun jenis buah Pisang ini yang baik dan cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

Hal ini yang dikarenakan buah Pisang Ambon yang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan juga bisa  mengenyangkan perut dengan waktu yang cukup[ lama, selain itu juga buah Pisang ini yang kaya nutrisi buah Pisang Ambon juga yang rendah kalori sehingga buah ini baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Pisang Raja Bulu

Pisang Raja Bulu juga termasuk ke dalam salah satu jenis Pisang yang baik untuk diet dengan memiliki banyak vitamin dan juga zat penting untuk tubuh seperti mangan dan juga magnesium, dengan mengkonsumsi buah Pisang Raja Bulu dan juga segelas susu yang akan membuat kamu menjadi kenyang lebih lama.

Pisang Mas

Jenis Pisang yang baik untuk diet yaitu ada Pisang Mas dengan memiliki ukuran kecil yang sangat mudah dikenali dan juga temukan, dimana buah Pisang Mas ini yang cocok dikonsumsi untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

Dengan mengkonsumsi buah Pisang Mas yang akan mendapatkan kandungan nutrisi didalamnya seperti vitamin A, vitamin B2, karbohidrat dan juga mineral, untuk mengkonsumsi buah Mas ini kamu bisa dengan dijadikan berbagai olahan seperti dibuat salad atau dimakan secara langsung.

Pisang Belitung

Jenis Pisang yang baik untuk diet yang terakhir yaitu ada jenis Pisang Belitung dengan memiliki ukuran daging buah cukup besar, sehingga dengan begitu untuk kamu yang ingin menjalankan diet maka bisa dengan mengkonsumsi buah Pisang Belitung ini yang akan membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama.

Setelah kamu mengetahui beberapa jenis Pisang yang baik untuk diet, tentu saja kamu juga perlu mengetahui beberapa cara yang tepat dalam melakukan diet Pisang, kamu bisa mengkonsumsi buah Pisang dan air putih pada saat sarapan, dijadikan cemilan di sore hari, dan bisa mengkonsumsi buah Pisang pada saat makan siang dan malam secukupnya dan pastikan istirahat dengan cukup.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai jenis Pisang untuk diet yang bisa kamu ketahui dan juga beberapa cara melakukan diet pisang dengan tepat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.