Saturday, 22 Jun 2024

Jenis Pisang yang Mengandung Kalsium Tinggi

4 minutes reading
Sunday, 19 Mar 2023 18:44 0 1098 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Pisang yang tersedia dalam berbagai jenis namun ada beberapa jenis buah Pisang yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, untuk kamu yang ingin tahu jenis Pisang apa yang mengandung kalsium yang tinggi maka untuk itu yuk simak ulasan berikut ini.

Pisang yang merupakan salah satu jenis buah dengan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, buah ini juga yang bisa kita temui dengan mudah apalagi di Indonesia karena memang banyak masyarakat yang menanam buah Pisang di kebun maupun di halaman rumahnya.

Bahkan untuk kamu yang tidak menanam buah Pisang juga bisa kamu dapatkan di pasar, di tukang sayur dan bahkan di supermarket dengan harga yang terjangkau juga, karena buah Pisang ini yang bisa dipanen kapan saja tidak musiman sehingga buah ini tersedia banyak.

Dari banyaknya Pisang yang sering kamu temui namun ternyata ada beberapa jenis buah Pisang yang mengandung kalsium tinggi didalamnya dengan masing-masing manfaat, tidak hanya itu memang beragam jenis buah Pisang juga yang memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda pula.

Sehingga dengan begitu untuk kamu yang ingin tahu jenis Pisang yang mengandung kalsium tinggi, maka kamu bisa dengan menyimak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Jenis Pisang yang Mengandung Kalsium Tinggi

Jenis Pisang yang Mengandung Kalsium Tinggi

Pisang yang merupakan buah yang disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan juga sangat mudah untuk didapatkan, selain rasanya yang manis buah Pisang juga yang mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya banyak jenis Pisang  yang ditemui yang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, beberapa diantaranya jenis buah Pisang ini yang terdapat perbedaan sehingga yang bisa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis pisang yang kaya akan kalsium yaitu diantaranya:

Pisang Kepok

Pisang Kepok adalah jenis pisang yang cukup populer di Indonesia, dimana buah Pisang Kepok ini yang memiliki ciri daging yang lebih tebal dan rasanya yang enak namun tidak manis seperti jenis Pisang yang lainnya, dan buah Pisang Kepok ini termasuk ke dalam jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi.

Dimana buah Pisang Kepok mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dimana dalam porsi per 100 gram buah Pisang yang mengandung kalsium sekitar 6,0 mg, bahkan selain itu, pisang Kepok juga kaya akan nutrisi yang lainnya yaitu seperti kalium, vitamin B6, fosfor, dan magnesium.

Pisang Raja

Pisang Raja (Musa paradisiaca L.) adalah salah satu kultivar yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan buah Pisang Raja ini merupakan salah satu jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi, buah Pisang ini selain bisa dikonsumsi secara langsung namun buah ini juga yang kerap digunakan sebagai bahan utama berbagai olahan makanan pisang.

Dalam porsi per 100 gram Buah Pisang Raja yang mengandung sekitar 8,7 mg kalsium di dalamnya, selain itu juga, pisang Raja juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya yaitu seperti vitamin B6, magnesium, kalium, dan fosfor dan kandungan nutrisi ini yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pisang Susu

Jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi yaitu ada Pisang Susu dimana buah Pisang Susu in yang berwarna putih sedikit kekuning-kuningan, selain itu juga memiliki rasa dari buah Pisang Susu yang sangat manis seperti terdapat rasa manis pada susu sehingga dengan begitu banyak orang yang mengkonsumsi buah Pisang susu ini secara langsung.

Dimana Pisang Susu ini yang mengandung sekitar 10,0 mg kalsium dalam porsi per 100 gram buah, selain itu juga buah Pisang Susu yang mengandung kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, dan juga serat.

Pisang Nangka

Pisang Nangka yang merupakan salah satu jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi dan biasanya jenis buah Pisang Nangka ini yang umumnya ditemukan di Asia Tenggara, disebut dengan nama Pisang Nangka ini yang dikarenakan buah ini yang merupakan hasil dari persilangan antara tumbuhan Pisang dan juga nangka.

Dimana buah Pisang Nangka ini yang memiliki kulit berwarna hijau dan tebal dan untuk daging buahnya yang berwarna kuning yang kemerahan, dalam porsi per 100 gram buah Pisang Nangka yang  mengandung sekitar 10,0 mg kalsium. Selain itu, pisang Nangka juga kaya akan nutrisi yang lainnya seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat.

Pisang Abu

Untuk jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi yang terakhir yaitu ada jenis Pisang Abu, Pisang Abu sendiri adalah jenis pisang yang biasanya ditemukan di wilayah Indonesia, untuk jenis buah Pisang ini sama dengan buah yang lainnya yang memiliki rasa yang enak dan bisa dijadikan olahan makanan.

Dimana buah Pisang Abu ini mengandung sekitar 8,6 mg kalsium dalam per 100 gram buah Pisang dan selain itu, buah pisang Abu ini yang dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang lainnya seperti magnesium, vitamin B6, kalium, dan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat.