Monday, 17 Jun 2024

6 Jenis Ular yang Bisa Dipelihara Untuk Pemula

6 minutes reading
Thursday, 14 Sep 2023 02:42 0 160 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ular menjadi salah satu jenis hewan melata yang ditakuti oleh kebanyakan orang karena banyak yang menganggap bahwa ular sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian, namun ternyata ada beberapa jenis ular yang bisa dipelihara untuk pemula, untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja jenis ularnya bisa dengan simak ulasannya disini.

Tidak dipungkiri memang ular yang memiliki gigi runcing, kemampuan untuk menyerang mangsanya secara cepat dan juga bentuknya yang membuat kebanyakan orang takut dengan ular, belum lagi untuk beberapa jenis ular yang diantaranya berbisa sehingga gigitannya yang dapat mengakibatkan sakit yang parah bahkan menyebabkan kematian.

Sehingga dengan begitu tidak heran jika banyak orang yang takut bahkan melarikan diri, panik serta bulu kuduk berdiri pada saat melihat ular secara berlangsung, walaupun ular yang memiliki stigma menyeramkan tetapi ada sebagian orang yang suka memelihara ular.

Bahkan ular tersebut yang dijadikan sebagai koleksi karena memiliki bentuk, warna dan juga motif kulit yang cantik dan unik, untuk kamu pemulai yang ingin mencoba memelihara ular maka harus tahu bahwa tidak semua jenis ular cocok untuk dipelihara.

Karena untuk jenis hewan melata yang satu ini yang harus memerlukan perawatan khusus dan juga biaya yang mungkin tidak sedikit, untuk mengetahui dengan beberapa jenis ular yang bisa dipelihara untuk pemula bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Jenis Ular yang Bisa Dipelihara Untuk Pemula

Ular adalah salah satu jenis reptil yang sangat populer dipelihara karena memang lebih dari 3.000 spesies ular yang hidup di bumi, sebenarnya kebanyakan jenis ular yang tidak berbahaya dan tidak semua ular mengancam serta bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan umum dimiliki kebanyakan orang.

Hanya saja sebagai kecil atau kurang dari 7% berpotensi membahayakan, untuk memelihara ular juga tidak sembarangan karena kamu haru memenuhi syarat, memiliki komitmen serta pemahaman dalam merawat ular tersebut.

Persentase kecil tersebut yang berlaku untuk peliharaan tidak membahayakan dan juga bisa dirawat tanpa adanya rasa takut, untuk para pemula kepemilikan ular yang bisa dilakukan dengan mudah karena terdapat banyak spesies lebih jinak dan juga aman.

Tentu saja ular untuk pemula yang aman tidak berbisa atau beracun, bahkan mereka juga yang hanya memerlukan sedikit makan setiap beberapa sekali dan mudah merawatnya, tertarik untuk mencoba untuk memelihara ular sebagai hobi baru.

Maka perlu dicatat untuk jenis ular yang berbisa tidak disarankan untuk dipelihara, adapun untuk beberapa jenis ular yang bisa dipelihara untuk pemula yang rekomendasi dan aman dirawat yaitu sebagai berikut:

Corn Snake

Jenis Ular yang Bisa Dipelihara Untuk Pemula

Corn Snake merupakan salah satu jenis ular yang bisa dipelihara untuk pemula yang teraman di dunia, dimana ular jenis ini yang banyak diminati, hal ini dikarenakan jenis ular tersebut yang memiliki sifat yang tenang, memiliki kulit yang indah dan juga ukurannya yang kecil.

Dimana faktor yang menjadikan ular jenis ini bersahabat karena sudah dikembangkan sangat lama dan bahkan peternak yang sudah memilih genetika ular yang dapat dijinakkan selama beberapa generasi sama seperti halnya anjing.

Corn snake yang memang sangat mudah untuk dirawat dan bahkan bukan jenis ular yang suka menggigit juga, jika corn snake menggigit pemiliknya maka gigitannya yang akan terasa seperti cubitan kecil dan tidak mengeluarkan darah sehingga dengan begitu corn snake ini yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan karena memiliki warna yang cantik.

Ular Kenyan sand boas

Jenis Ular yang Bisa Dipelihara Untuk Pemula

Kenyan sand boas menjadi salah satu jenis ular yang bisa dipelihara untuk pemula yang bersahabat pada saat dijadikan sebagai hewan peliharaan, dimana ular ini yang dapat menjadi alternatif pilihan hewan peliharaan karena memiliki warna yang unik.

Kenyan sand boas sendiri yang berasal dari gurun timur Afrika dan biasanya sering menghabiskan banyak waktu dengan bersembunyi dibawah pasir, alasan jenis ular ini aman dipelihara karena jenis ular pendek yang tidak akan tumbuh besar, tidak akan menyakiti pemiliknya, enggan menyerang serta perawatannya mudah.

Californian Kingsnakes

Jenis Ular yang Bisa Dipelihara Untuk Pemula

California kingsnakes menjadi salah satu rekomendasi jenis ular yang bisa dipelihara untuk pemula yang sangat cocok untuk mereka yang takut digigit oleh ular, ular jenis ini yang mudah untuk dirawat, tidak memiliki bisa atau tidak berbisa, memiliki panjang maksimal sekitar 120-an cm dan juga memiliki warna yang cantik dan indah.

Tetapi pada saat memelihara jenis ular yang satu ini kita harus memperhatikan urutan warnanya karena ada ular yang berbisa yang mirip dengan spesies yang satu ini, untuk membedakannya yaitu ada kalimat “red touches yellow, kills a fellow, red touches black, friends of Jack”.

Hal tersebut yang berarti jika urutan warna merahnya menyentuh dengan kuning berarti ular tersebut berbisa, tetapi jika urutan merahnya menyentuh warna hitam maka jenis ular tersebut tidak berbahaya atau tidak berbisa.

Ular Ball Pythons

Salah satu jenis ular yang aman dan bisa dipelihara untuk pemula yaitu jenis ular ball pythons yang menjadi alternatif untuk kamu yang sedang mencari jenis ular selain corn snake, jenis ular yang satu ini dikenal karena memiliki gerakan lambat, sikapnya tenang dan juga suka di pegang.

Ball pythons sendiri merupakan salah satu hewan peliharaan yang lembut, tidak bisa melukai manusia secara serius dan bahkan tidak menggigit, tidak hanya itu ular jenis ini juga yang bisa dibilang jenis ular yang mudah untuk dirawat dan kamu juga bisa dengan mudah dan pede membawanya kemana saja dengan cara melilitkan di pergelangan tangan.

Ular Rosy Boas

Rosy boas merupakan salah satu jenis ular yang berasal dari Amerika Utara dengan memiliki keterkaitan dengan ular kenyan sand boas, dimana ternyata jenis ular rosy boas ini termasuk ke dalam daftar jenis ular yang aman dan bisa dipelihara untuk pemula bisa dipilih.

Dimana bisa dikatakan untuk kedua jenis tersebut yang memiliki sifat yang sama namun warna dan juga polanya yang berbeda dengan jenis ular kenyan sand boas, untuk ular rosy boas ini yang memiliki harga tidak mahal, tidak suka menggigit, mudah untuk dirawat dan juga tidak akan menyakiti pemiliknya walaupun menyerang.

Ular Rubber Boas

Untuk jenis ular yang aman dan bisa dipelihara untuk pemula yang terakhir yaitu ada ular jenis rubber boas yang berasal dari Amerika Utara yang terkenal sebagai salah satu ular yang keinginannya untuk menggigit, bahkan jenis ular ini juga sering digunakan di dalam program terapi untuk mereka yang ketakutan dengan ular.

Hal tersebut sehingga membuat rubber boas ini yang sangat cocok dan juga aman dijadikan sebagai hewan peliharaan karena keingintahuannya, jenis ularnya ini yang akan mendekati manusia atau hewan lain hanya karena ular tersebut penasaran dan ular ini paling cocok hidup di penangkaran dibandingkan di alam bebas.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa rekomendasi jenis ular yang aman dan bisa dipelihara untuk pemula untuk kamu yang masih takut dengan ular, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.