Monday, 15 Apr 2024

Jerawat di Dagu Pertanda Apa?

4 minutes reading
Wednesday, 21 Feb 2024 05:13 0 49 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jerawat di dagu merupakan pertanda apa? Hal ini menjadi pertanyaan umum yang mengalami kemunculan jerawat tiba-tiba di area dagu. Sehingga timbullah pertanyaan tersebut, apakah hal ini merupakan permasalahan kesehatan atau lainnya. 

Pola makan dan gaya hidup sehat tentunya dapat kamu lakukan guna menjadi salah satu hal untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah, salah satunya kemunculan jerawat di dagu. 

Tidak hanya itu, dengan kamu menjaga kebersihan wajah juga tentunya dapat membantu untuk menghindari kamu dari permasalahan seperti jerawat pada wajah khususnya di area dagu. 

Nah, untuk mengetahui kenapa jerawat di dagu bisa muncul dan pertandaan apa, kamu bisa mengikuti ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini. 

Jerawat di Dagu Pertanda Apa?

Jerawat di Dagu Pertanda Apa?

Jerawat pada rahang ataupun dagu memang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jerawat di bagian tubuh lainnya. Dimana sel kulit mati bersama dengan kotoran, bakteri dan minyak yang terjebak di dalam satu atau lebih pori-pori kulit. 

Nah, hal itulah yang dapat memicu benjolan tersebut yang terbentuk dan menjadi jerawat. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa jerawat pada bagian dagu sendiri memiliki beragam faktor penyebab yang berbeda-beda. 

Pada kondisi tertentu memang banyak faktor yang mematuhi jerawat yang muncul di dagu, mulai dari kondisi genetik, hormon hingga infeksi bakteri pada kulit. Nah, kemudian jerawat di dagu pertanda apa? Hal tersebut bisa karena ada permasalahan kesehatan. 

Nah, berikut beberapa pertanda atau penyebab kenapa jerawat bisa muncul di dagu, terkait kesehatan yang melatarbelakangi munculnya jerawat tersebut. 

Permasalahan Hormon atau Siklus Menstruasi

Dikutip dari Medical News Today, dijelaskan bahwa siapapun dan pada usia berapa pun dapat mengalami permasalahan jerawat, termasuk permasalahan jerawat di dagu. 

Dimana jerawat di dagu umumnya merupakan hasil dari fluktuasi hormon yang terjadi ketika seseorang mengalami masa pubertas dan siklus menstruasi. Fluktuasi hormon ini akan menyebabkan gangguan pada sistem endokrin. 

Kemudian hal ini biasanya terjadi akibat adanya kelebihan hormon androgen yang juga bekerja dengan merangsang kelenjar minyak secara berlebihan. Sehingga terjadilah penyumbatan pada pori-pori. 

Hormon dapat melonjak selama siklus menstruasi berlangsung yaitu seminggu sebelum menstruasi atau karena adanya peralihan atau konsumsi dari pil KB. 

Permasalahan Usus

Jerawat yang muncul di dagu bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengalami permasalahan pada kesehatan usus kamu. Pernahkah kamu mendengar bahwa pola makan mempengaruhi jerawat? dimana hal ini bisa menimbulkan jerawat di dagu. 

Hal ini karena adanya ketidakseimbangan hormon yang juga dikaitkan dengan pola makan. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology juga menyatakan, bahwa diet berpengaruh pada hormon. 

Hal tersebut merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, kamu dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi satu produk susu olahan seperti mayones dan keju. 

Hal ini karena dengan memperhatikan dan memperbaiki pola makan sehari-hari akan berpengaruh untuk mengatasi jerawat yang kamu alami. Kamu dapat mulai mengurangi gula, roti, fast food dan produk susu. 

Bakteri

Jerawat yang muncul di area dagu juga bisa menjelaskan bahwa kondisi kulit kamu tidak dalam kondisi yang baik atau normal. Karena jerawat di dagu terjadi akibat minyak yang terjebak di dalam pori-pori. 

Kemudian hal tersebut dapat menyebabkan kulit mati dan bakteri sehingga bisa menimbulkan jerawat. Dalam hal satu ini, salah satu hormon yang menyebabkan jerawat adalah hormon androgen. 

Dimana hormon androgen inilah yang bertanggung jawab untuk merangsang proses pembentukan sebum. Dan sebum merupakan minyak yang berperan untuk menyumbat pori-pori hingga menimbulkan jerawat. 

Rosacea

Dalam beberapa suku diketahui sebagian orang yang mengalami kondisi jerawat di dagu karena kondisi rosacea. Rosacea adalah rambut yang tumbuh ke dalam kulit yang mengakibatkan proses pencukuran yang tidak benar. 

Umumnya hal satu ini menimpa para pria, namun tidak memungkiri bahwa wanita bisa mengalaminya. Jika ini terjadi rambut yang tumbuh ke dalam dapat menyebabkan jerawat dan bisa membengkak. 

Nah, hal inilah yang akan menimbulkan kemerahan hingga menimbulkan rasa nyeri. Maka, kamu dianjurkan untuk berhati-hati guan menghindari tumbuhnya rambut ke dalam pori-pori. 

Demikian pembahasan mengenai jerawat di dagu merupakan pertandaan apa?Seperti yang dijelaskan di atas, hal ini terkait pada faktor penyebab dan pertanda bahwa terjadi gangguan pada beberapa sistem dalam tubuh.