Monday, 15 Apr 2024

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

6 minutes reading
Sunday, 18 Feb 2024 04:38 0 48 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gigi berlubang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang memang terbilang cukup sulit. Sebab, selama gigi kamu berlubang, berisiko jadi sasaran empuk bagi para bakteri untuk bersarang. Makanya, kamu harus bisa merawat gigi yang berlubang agar tetap bersih.

Kondisi mulut yang tidak terawat juga termasuk salah satu pemicu gigi berlubang jadi bau, yang pada akhirnya menimbulkan bau tidak sedap di dalam mulut. Hal itu membuat kita jadi merasa tersiksa, bukan hanya dari rasa ngilu akibat gigi berlubang, melainkan menyebabkan bau mulut juga yang kerap kali membuat kamu jadi gak PD.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi berlubang

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Tahukah kamu, jika gigi berlubang dibiarkan begitu dapat menyebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh? Pasalnya, ketika gigi berlubang tidak segera ditangani dengan baik, infeksi dapat menyebar ke jaringan lunak seperti bagian pipi atau leher. Hal ini dapat menyebabkan abses dan mengganggu jalan napas.

Apabila kondisi gigi sudah berlubang sangat besar, bahkan tidak menyisakan dinding mahkota gigi dan hanya menyisakan akar gigi saja. Ada baiknya, gigi tersebut segera di cabut ke dokter gigi. Karena, selain menyebabkan bau mulut, gigi berlubang yang sudah terbilang cukup parah bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Meskipun begitu, kalau memang gigi berlubang belum begitu parah atau baru-baru ini gigi kamu mendapati berlubang, mulailah untuk merawat dan menjaga kebersihan mulut secara menyeluruh agar tidak menimbulkan bau mulut akibat gigi berlubang.

Nah, berikut adalah cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, yaitu:

Rutin Berkumur-Kumur Menggunakan Mouthwash

Mungkin banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut, diantaranya ada menyikat gigi dan flossing gigi, maupun berkumur menggunakan mouthwash.

Nah, mouthwash sendiri biasanya merupakan obat kumur yang memiliki kandungan zat aktif, seperti fluoride, Cetylpyridinium Chloride atau chlorhexidine dimana berfungsi untuk mengatasi dan mencegah masalah mulut, salah satunya bau mulut tidak sedap akibat gigi berlubang.

Meski demikian, mouthwash memiliki bahan aktif yang berkemungkinan dapat menyebabkan gangguan terhadap indera pengecap (lidah) atau perubahan warna gigi karena penggunaan yang begitu sering, hal ini disebabkan oleh kandungan chlorhexidine.

Adapun alkohol pada mouthwash yang mana apabila digunakan terus menerus, lama kelamaan akan menyebabkan sensasi rasa terbakar dan gangguan indera pengecap. Oleh karena itu, batasi penggunaan seperlunya saja. Rutin, namun sesuai dengan kebutuhan mulutmu.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal, cukuplah berkumur menggunakan mouthwash selama 30 detik dengan kepala agak mendongak ke atas, hal ini dilakukan agar mouthwash dapat menjangkau area pangkal lidah dan sisi belakang mulut sebelum kemudian dimuntahkan.

Usai menggunakan mouthwash, sangatlah dianjurkan untuk tidak makan dan minum atau berkumur dengan air selama 30 menit karena dapat mengurangi efektivitasnya.

Bersihkan Permukaan Lidah Setiap Hari

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang adalah dengan membersihkan permukaan lidah secara teratur. Kok bisa dari gigi, nyambung ke lidah urusannya? Itu karena bakteri dalam mulut tidak hanya berasal dari gigi maupun gusi, akan tetapi berasal juga dari permukaan lidah.

Bisa saja kamu mengira penyebab bau mulutmu adalah gigi berlubang, akan tetapi setelah kamu mengupayakan untuk menjaga dan merawat gigi berlubangmu namun bau mulutmu masih tak sedap. Kemungkinan ini harus dipertimbangkan.

Maka dari itu, penting untuk secara teratur membersihkan permukaan lidah. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah manfaat ketika membersihkan lidah, seperti halnya menghilangkan timbunan bakteri, jamur, sel mati, bahkan sisa makanan yang ada di permukaan lidah.

Kemudian dengan hal ini pula, kamu berpeluang untuk menghilangkan bau mulut, menghindari hilangnya kepekaan terhadap rasa, serta menyegarkan warna lidah.

Caranya cukup simpel, apalagi saat ini sudah banyak tersedia alat pembersih lidah khusus yang bisa kamu dapatkan di toko terdekat. Ada baiknya membersihkan lidah dilakukan setelah kamu menggosok gigi dan berkumur di pagi hari. Caranya, yaitu:

  • Gunakan alat pembersih lidah dan bersihkan lidah dari pangkal paling dalam ke pangkal terdepan.
  • Cukup hanya satu gerakan, bilas alat pembersih lalu ulangi hal tersebut.
  • Lakukan gerakan yang sama setidaknya 2 – 3 kali sampai lidah kamu benar-benar bersih.
  • Usahakan untuk menyikat dengan lembut dan berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tambal Gigi Yang berlubang

Siapa sangka? ternyata dengan mengambilnya, kamu berkemungkinan besar dapat menghilang bau tidak sedap pada mulut akibat gigi berlubang tersebut.

Hal ini terjadi karena penyebab dari bau mulut yang sebenarnya berasal dari bakteri yang berkembang biak pada sela-sela gigi, sehingga dengan mengambilnya kamu dapat mengatasi permasalahan bakteri-bakteri yang bersembunyi di sela-sela gigi yang sulit dibersihkan tersebut.

Anggap saja bahwa gigi berlubang itu bagaikan sebuah sarang, semakin besar sarangnya, tentu akan semakin banyak juga bakteri yang berkembang biak di dalamnya.

Minum Air Yang Cukup

Mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh, mampu meningkatkan produksi air liur. Air liur disini berfungsi sebagai anti-bakteri alami yang nantinya akan membantu memberantas bakteri pada mulut kamu, termasuk pada sela-sela gigi berlubang.

Selain itu, minum air putih dapat membantu kamu membersihkan sisa-sisa kotoran yang terselip, serta dapat menjaga kelembaban pada mulut. Rutin mengonsumsi air putih juga mencegah zat asam dalam mengikis permukaan gigi.

Jadi, jangan ragu untuk secara teratur minum air putih ya. Sesuai anjurannya, 8 gelas setiap hari untuk manfaat baik pada tubuh kamu.

Kurangi Mengkonsumsi Kopi

Sebagian orang senang mengkonsumsi kopi untuk tujuan mengurangi rasa kantuk serta mendompleng tubuh agar bisa lebih terjaga dan bersemangat. Akan tetapi, apabila kamu ingin menghilangkan bau mulut kamu, kurang-kurangilah mengkonsumsi kafein ya. Sebab, kandungan sulfur yang terdapat pada kopi justru akan menyebabkan bau tidak sedap pada mulut kamu.

Terlebih, jika gigi kamu berlubang dan larutan kafein tersebut mengandung juga gula. Bakteri pada sela-sela gigi berlubang akan teramat senang menikmatinya dan berkembang biak dengan cepat. Oleh sebab itu, untuk kesehatan gigi yang maksimal, kurangilah mengkonsumsi kopi.

Lakukan Perawatan Fluoride di Klinik

Dalam dunia kedokteran gigi, ada sebuah perawatan dengan menggunakan fluoride yang dapat diberikan pada gigi. Perawatan ini disebut Fluoride Treatment. Secara umum, prosedur ini dilakukan untuk mencegah gigi berlubang atau untuk memperbaiki masalah kerusakan dan gigi berlubang di tahap awal.

Selain itu, manfaat dari perawatan fluoride juga untuk menghilangkan bau mulut dengan cara mengoleskan fluoride pada gigi di klinik. Untuk prosedur lebih lengkapnya, kunjungilah klinik gigi terdekat dan lakukan konsultasi pada dokter gigi secara langsung.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang perlu kamu ketahui. Bagi para penderita gigi berlubang, pentingnya untuk memahami perawatan apa saja yang tepat, supaya gigi berlubang kamu tidak menimbulkan bau tak sedap.

Alangkah bagusnya, bagi kamu yang memang memiliki gigi sehat dan tidak berlubang, mulailah membiasakan serta menerapkan kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mulut secara menyeluruh. Good Luck semoga membantu.