Monday, 15 Apr 2024

Cara Agar Luka Cabut Kuku Cepat Kering

6 minutes reading
Sunday, 18 Feb 2024 04:35 0 64 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada cara cepat untuk mengatasi agar luka cabut kuku kering dengan baik. Mengingat luka cabut kuku tentunya memberikan rasa tidak nyaman alias dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas harian. 

Luka kaki bisa lepas sewaktu-waktu dengan berbagai macam faktor penyebabnya. Diantaranya masalah yang sering ditemui adalah karena kecelakaan, jamur atau bakteri, pembengkakan, pendarahan dan memar. 

Semua itu tidak boleh diatasi secara asal-asalan atau sembarang karena akan berdampak buruk pada kondisinya. Maka, tentunya penting mengetahui cara perawatan agar luka cabut pada kuku lebih cepat kering dan kamu dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. 

Nah, untuk mengetahui jawabannya, kamu dapat menyimak ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini. Sehingga bisa kamu praktikan untuk mengatasi permasalahan luka cabut kuku ini. 

Cara Agar Luka Cabut Kuku Cepat Kering

Cara Agar Luka Cabut Kuku Cepat Kering

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang tentunya penting dalam menunjang penampilan. Umumnya, sering kali muncul prakiraan bahwa kebersihan seseorang dapat dilihat dari kuku yang dimilikinya. 

Nah, untuk menjaga kesehatan kuku memang tidaklah mudah, karena pada usia 30 tahunan, kekencangan kuku juga akan menurun, sehingga kuku mudah patah atau terkelupas. 

Dalam beberapa kasus tentunya harus dilakukan hal pencabutan kuku, umumnya karena dipicu oleh kuku yang rusak karena cedera, jamur, infeksi hingga kuku yang tumbuh ke dalam kulit atau dikenal dengan cantengan. 

Nah, kasus inilah yang biasanya ditemukan pada wanita maupun pria yang seringkali menggunakan sepatu dengan ujung model yang meruncing dalam waktu yang lama. 

Perlu kamu ketahui juga, pencabutan kuku ini hanya boleh dilakukan oleh ahlinya atau dokter medis yang berpengalaman. Dalam waktu pemulihan kuku yang sudah dicabut sendiri sekitar 1 hingga 2 minggu umumnya.

Namun, kecepatan penyembuhan ini juga tergantung dengan tindakan medis yang dilakukan, apakah tindakan berupa jahitan, setengah kuku yang dicabut atau kuku secara menyeluruh dicabut hingga akarnya. 

Selain itu luka pasca cabut kuku ini memang membutuhkan perawatan yang tepat, sebagai salah satu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi misalnya. Selain itu perlu kamu ketahui, bahwa kuku membutuhkan waktu untuk tumbuh. 

Pertumbuhan kuku di jari tangan itu adalah 0,5-1,2 mm per minggunya, dimana akan 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan kuku jari kaki. Sehingga jika pencabutan dilakukan hingga ke akar, maka dibutuhkan waktu yang cukup lama. 

Waktu yang dibutuhkan untuk kuku kembali sempurna adalah 6 hingga 12 bulan lama. Nah,dalam proses penumbuhan kembali kamu dapat berfokus terhadap perawatan atau cara agar luka pada kuku yang dicabut segera pulih. 

Nah, langsung saja berikut beberapa cara untuk mempercepat agar luka cabut kuku cepat kering dan tumbuh kembali dengan sempurna. 

Hindari Kebiasaan Menggunakan Sepatu Sempit

Cara pertama yang dapat kamu lakukan agar mempercepat luka cabut kuku kering, kamu harus menghindari sepatu sempit. Bagi kamu yang bekerja kantoran, maka dianjurkan menggunakan sepatu yang longgar. 

Nah, sesekali kamu dianjurkan untuk melepaskannya, terkhusus pada jam istirahat, hal ini guna membantu udara masuk ke kaki kamu. Karena membutuhkan sirkulasi hingga membuat jari akan kembali fresh. 

Selain itu usahakan sesampainya dirumah, kamu harus menggunakan alas kain yang lembut dan ringan. Hal satu ini dapat membantu untuk mengoptimalkan gerakan kaki agar tidak bekerja terlalu keras dalam bergerak, terkhusus di otot jari kaki. 

Hindari Aktivitas Fisik yang Berlebihan 

Selanjutnya, kamu dianjurkan untuk menghindari jenis aktivitas fisik yang berat atau berlebihan. Dimana kamu untuk beberapa waktu untuk menghindari olahraga seperti berlari, fitnes, melompat. 

Kamu tentunya dapat melakukan olahraga, namun bukan olahraga yang mengandalkan dan menjadikan kaki tumpuan. Hal ini membutuhkan gerakan berlebihan khususnya pada kaki. Maka, cobalah untuk mengalihkan ke jenis olahraga lainnya. 

Kamu dapat melakukan jenis olahraga seperti yoga atau berjalan kaki ringan di sekitaran komplek, menggunakan sandal yang membuat kaki kamu tidak banyak bersentuhan atau gerakan ekstrim. 

Mengusahakan Selalu Kering

Bagi jari kuku tangan atau kaki harus selalu dalam keadaan yang kering pasca pencabutan kuku. Kuku yang dibiarkan lembab tentunya akan mengundang bakteri dan kuman yang masuk. 

Hal inilah yang dapat memperparah kondisi, dimana nantinya akan muncul jamur yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada kuku atau infeksi yang cukup serius dan ekstrim. 

Dengan memastikan luka kuku dalam kondisi kering dengan handuk maupun sapu tangan. Hal ini dapat membantu untuk terhindar dari ancaman atau resiko terinfeksi kuman yang berasal dari bagian tubuh lainnya. 

Melakukan Penguapan

Berikutnya, kamu dianjurkan untuk melakukan penguapan, yang mana penguapan yang dimaksud dengan memanfaatkan dan mencampurkan air hangat dengan minyak esensial.

Selain minyak esensial kamu dapat menggunakan bunyi mawar yang mana upaya diarahkan ke kaki atau tangan kamu. Hal ini biasanya dikarenakan ada luka di bagian kuku yang memang menimbulkan bau tidak sedap. 

Maka, cara ini selain dapat menyembuhkan luka pada bekas kuku yang dicabut, tentunya Akan memberikan kepercayaan diri karena tidak jarang kondisi satu ini memiliki bau tidak sedap. 

Konsumsi Vitamin 

Selain pengobatan dan perawatan luar, kamu dianjurkan untuk tidak melupakan perawatan dari dalam. Dimana kamu dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin, yang tentunya dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan luka dan merangsang pertumbuhan kuku baru. 

Kamu dapat mengkonsumsi Dari berbagai jenis buah-buahan atau sayuran jika tidak cocok dengan vitamin langsung. Kamu dapat mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin C, vitamin D dan vitamin E. 

Kandungan vitamin tersebut berguna untuk membantu menjaga kuku dari kerapuhan, melembutkan kuku hingga menjadi lebih sehat. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan. 

Diantaranya adalah buah jeruk, bengkoang, buah apel, dan kacang-kacangan. Selain itu suplai vitamin memang sangat dibutuhkan untuk proses pengeringan luka pasca cabut kuku. 

Menjaga Kebersihan dan Kelembaban Kuku

Berikutnya, kamu harus melakukan perawatan terhadap kebersihan sekaligus kelembaban kuku dan myriad salah satu hal utama. Karena perawatan kuku yang dimulai dengan air dan minyak esensial ini dapat membantu mengeringkan luka dan kemudian setelahnya gunakanlah Glycerin untuk menjaga kelembaban juga. 

Pemeriksaan Rutin

Kamu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter atau ahlinya, hal ini wajib kamu lakukan. Karena tenggang waktunya sendiri dapat ditanyakan kepada dokter atau ahli yang merawat luka tersebut. 

Umumnya pemeriksan sendiri dilakukan selama jangka 1 bulan setelah dicabut, dan berangsur dalam 2 bulan setelahnya. Sehingga kondisi kuku tubuh secara sempurna. 

Meminta Resep Dokter

Tentunya setelah kuku dicabut, dokter akan memberikan resep yang berisikan krim atau salep dan sejenisnya. Dimana kamu dapat mengoleskan salep yang diresepkan ini secara rutin dan sesuai dengan anjuran dokter. 

Pengolesannya inilah yang dapat membantu menyembuhkan luka dan dapat membuat luka cepat kering. Selalu pastikan menjaga kebersihan sebelum mengaplikasikan salep yang digunakan untuk luka cepat kering. 

Nah, demikian ulasan mengenai cara agar luka kuku cepat kering pasca dicabut, dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka akan mempercepat proses pengeringan luka tersebut.