Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengobati Kuku Rusak Bergelombang

6 minutes reading
Sunday, 18 Feb 2024 04:28 0 46 Muti Karya

Nesiaverse.com – Cara untuk mengobati kondisi kuku rusak yang bergelombang ini dapat membantu untuk mengembalikannya seperti semula. Karena permasalahan pada kuku sebenarnya menjadi salah satu sinyal bahwa terdapat permasalahan pada kesehatan juga.

Kuku yang sehat, umumnya tumbuh dengan permukaan yang rata dan memiliki warna yang mengkilap, jauh dari kata gelombang yang tidak rata. Nah, kesehatan kuku juga dapat mempengaruhi pertumbuhannya dan bergelombang atau tidak rata ini. 

Bila kamu memiliki kuku yang tumbuh bergelombang tidak rata, tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengobati kuku rusak yang bergelombang sekalipun. 

Nah, untuk mengetahui cara mengatasi permasalahan kuku yang bergelombang simaklah pembahasan secara lengkapnya dalam artikel dibawah ini. Sehingga kamu bisa mengembalikan kondisi kuku menjadi sehat dan rata.

Cara Mengobati Kuku Rusak Bergelombang 

Cara Mengobati Kuku Rusak Bergelombang

Kuku memiliki fungsi untuk melindungi ujung jari tangan dan jari kaki, sehingga dapat mendukung berbagai macam aktivitas harian, mulai dari berjalan hingga memang suatu benda. 

Namun, sebagai pelindung, strukur dari kuku sendiri memang tergolong rentan rapuh. Karena ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang kuku atau membuat kuku dalam kondisi yang semakin rapuh dan buruk.

Diantaranya adalah adanya infeksi dari jamur, bakteri dan cantengan, namun kuku juga dapat terpengaruh peradangan pada kulit. Sama halnya dengan kondisi kuku rusak yang bergelombang. 

Kuku yang bergelombanga atau dikenal dengan nail piting merupakan lekukan di permukaan kuku, baik kuku di jari kaki maupun kuku di jari tangan. Dimana lekukan dan lubang ini biasanya dangkal maupun dalam, tergantung pada kasusnya masing-masing. 

Penyebab Kuku Kaki Bergelombang Vertikal

Ada beberapa jenis faktor penyebab kenapa kuku kaki rusak dan bergelombang secara vertikal.

  • Adanya pendarahan splinter, yaitu pembekuan darah kecil di kuku
  • Trachyonychia, berupa gelombang pada kuku yang disertai dengan perubahan kuku dan struktur warna
  • Penyakit vaskular perifer
  • Rheumatoid arthritis
  • Anemia dimana mengalami kondisi kurangnya zat besi, sehingga kuku dalam kondisi cekung atau berbentuk sendok juga. 

Penyebab Kuku Kaki Bergelombang Horizontal

Kuku yang rusak dan bergelombang dengan horisontal ini dikenal dengan Garis Beau, hal ini merupakan pertanda bahwa terdapat jenis penyakit berupa:

  • Penyakit ginjal akut
  • Penyakit tiroid
  • Gondong dan Sifilis
  • Diabetes

Kuku bergelombang horizontal juga ditemukan pada orang yang tengah menjalani proses pengobatan berupa kemoterapi. Sehingga kamu memang perlu melakukan pemeriksaan diri ke dokter mengenai tekstur dan struktur dari kuku yang bergelombang ini. 

Selain karena faktor penyakit, masalah lainnya adalah masalah pada sistem pencernaan. Ada beberapa permasalahan sistem pencernaan yang mengganggu proses penyerapan nutrisi yang dapat mengubah tampilan kuku, yaitu:

  • Penyakit Crohn
  • Penyakit Celiac
  • Ulcerative colitis

Cedera

Kuku yang tertimpa buku atau terjepit pintu dapat menyebabkan memar dan mampu mengubah warna kuku menjadi menghitam tidak rata. Namun memang kondisi satu ini akan hilang dengan seiring pertumbuhan kuku. 

Namun, jika tidak kunjung menghilang maka kamu dianjurkan untuk segera periksakan diri ke dokter. Hal ini guna mendapatkan penanganan yang tepat tentunya. 

Dalam beberapa kondisi, perubahan warna kuku menjadi kuning, penebalan terhadap kuku ataupun perubahan bentuk kuku dapat menyertai terjadinya nail pitting atau kuku rusak bergelombang. 

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri “Nail pitting atau kuku rusak bergelombang biasanya disebabkan oleh penyakit psoriasi”. Para peneliti menemukan adanya hubungan antara kuku yang bergelombang terhadap tingkat keparah dan penyakit psoriasis. 

Dalam studi pada tahun 2013 lalu, terdapat 34,2% penderita psoriasis ringan mengalami kondisi nail pitting atau kuku rusak bergelombang. Nah, pada penderita dengan kasus psoriasis parah dan bertahan lama, baik putting ditemukan 47,6%.

Selain psoriasi, penyebab kuku bergelombang bisa beragam, diantaranya adalah :

  • Adanya permasalahan di jaringan ikat, salah satunya sindrom Reiter atau peradangan sendi akibat infeksi dan osteoartritis
  • Incontinentia pigmenti, yaitu kelainan genetik yang mempengaruhi kuku, kulit, gigi, rambut dan sistem saraf pusat pada tubuh
  • Penyakit autoimun, yaitu termasuk sarcoidosis, alopecia areata dan pemphigus vulgaris
  • Dermatitis atopik dan kontak

Nah, sejauh ini kuku kaki bergelombang atau nail pitting memang tidak berbahaya. Namun, bila dilihat banyak bergelombang di kuku, maka sebaiknya untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan. 

Karena biasanya dokter akan melihat riwayat kesehatan untuk melakukan pemeriksaan fisik serta mengetahui penyebabnya. Nah, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kuku rusak yang bergelombang atau nail pitting. 

Cara Mengobati Kuku Rusak Bergelombang 

Cara mengobati atau perawatan ini difokuskan pada penyebab yang mendasari perubahan pada kuku. Misalnya perawatan untuk kondisi kulit eksim, maka bisa disembuhkan dengan menggunakan pelembab atau salep topikal untuk mengurangi gejalanya. 

Kemudian jika disebabkan karena adanya kadar mineral atau vitamin yang rendah, maka perawatan atau cara mengatasinya dengan mengubah pola makan atau mengonsumsi suplemen. 

Kamu juga dapat menggosok kuku menggunakan papas ampelas dapat membantu untuk menghaluskan gelombang atau tonjolan pada kuku tersebut. 

Kuku kaki bergelombang atau nail pitting bukan penyakit yang berbahaya. Namun akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Maka, berikut cara mengatasi kuku kaki rusak bergelombang.

  • Gunting kuku kamu secara rutin, yaitu dalam seminggu sekali. Jika kuku kamu memanjang, kuku bisa terkelupas dan menjadi lebih rusak. Maka, kamu dianjurkan untuk memperhatikan kebiasaan satu ini, untuk rutin memotong kuku. 
  • Memenuhi nutrisi harian. “Konsumsilah jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B dan zinc yang bisa didapatkan secara alami dari buah atau sayuran ataupun suplemen” jelas dr, Devia
  • Menjaga selalu kebersihan kuku “Cobalah untuk menghindari aktivitas manicure terlebih dahulu, karena hal satu ini dapat menyebabkan trauma atau merusak lapisan kuku tanpa disengaja”tutur dr. Devia
  • Menggunakan atau mengaplikasikan penggunaan moisturizer atau krim baik pada tangan, kaki hingga lipatan yang kaku. Sehingga nantinya dapat bekerja dengan optimal untuk menghidrasi dan melindungi area kulit dan kuku dengan baik. 
  • Menggunakan sarung tangan jika melakukan pekerjaan dengan tangan pun dengan kaki. Hal ini guna membantu mengurangi trauma pada kuku jika tidak sengaja terbentur.
  • Melakukan penguapan, hal satu ini dilakukan guna menjaga kelembaban kulit di sekitar area kuku. Kamu dapat melakukannya menggunakan essential oil atau bunga. 

Sebenarnya, koderi dari kuku rusak yang bergelombang memang tidak selalu harus diobati selama masih tergolong ringan. Namun, memang sebaiknya tidak kamu tuna apalagi diabaikan begitu saja. 

Karena seperti pembahasan di atas, hal tersebut bisa saja merupakan tanda jika ada yang tidak beres atau ada kondisi tubuh kamu yang tidak sehat. Selain itu cara mengobati kuku yang bergelombang harus sesuai dengan penyebabnya. 

Maka, memang dibutuhkan diagnosis terlebih dahulu, dimana kamu harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. Selain itu, kamu bisa langsung mengetahui cara mengatasi dan penangan yang tepat. 

Usahakanlah untuk selalu menjaga dan merawat kuku dengan baik, kuku kaki maupun kuku tangan. Hal ini guna untuk mencegah munculnya masalah bau pada kuku, misalnya perubahan warna kuku hingga adanya infeksi jamur yang serius.