Monday, 15 Apr 2024

Manfaat Bawang Putih Untuk Kuku

6 minutes reading
Sunday, 18 Feb 2024 04:15 0 47 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ternyata bawang putih yang kaya akan manfaat ini memiliki manfaat untuk kuku juga. Mengingat kuku merupakan pelindung jari kaki dan tangan, yang juga memiliki nilai keindahan. 

Sehingga kesehatan dan kecantikan kuku ini menunjukan juga seberapa sehat dan bersih diri kita. Karena kuku selalu diidentikan dengan kebersihan sejak kita masih duduk dibangku taman Kanak-kanak atau SD.

Kebersihan dan kesehatan kuku ini memang harus dijaga sejak dini, karena banyak sekali ancaman atau resiko yang bisa membuat kuku menjadi tidak dalam kondisi yang baik. 

Adanya infeksi jamur kuku alias onychomycosis dapat terjadi pada siapa saja, umumnya memang menyerang orang dewasa. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena bawang ini dapat mengatasi permasalahan tersebut. 

Manfaat Bawang Putih Untuk Kuku 

Manfaat Bawang Putih Untuk Kuku

Salah satu tanda bahwa ku sehat ini merupakan tampilan kuku. Kuku yang sehat dapat dilihat dan diketahui dari bentuk, tekstur, warna dan kekuatanya. Sehingga kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan seseorang dengan baik.

Salah satu permasalahan kuku adalah infeksi jamur, yang disebabkan oleh jamur dermatofita. Tapi ada penyebab lainnya yang dapat memicu permasalahan tersebut. Tentunya ada beberapa faktor yang meningkatkan. 

Diantara faktor tersebut adalah cedera kecil pada kulit kuku, mengidap diabetes, kurap kaki, banyaknya kondisi berkeringat. Lingkungan yang basah dan lembab, serta tidak biasa menjaga kesehatan atau kebersihan kuku kaki dan tangan dengan baik. 

Sehingga tentunya bakteri, kuman dan jamur bisa menyerang kesehatan kuku dan membuatnya rusak dan mengalami berbagai permasalahan kuku dan kesehatan tertentu. 

Namun, siapa sangka permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bawang putih untuk kuku. Bawang putih atau Allium Sativum tidak hanya menjadi bahan masakan yang populer saja. 

Bawang putih ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya untuk kuku. Bawang putih telah lama digunakan dan dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami dalam berbagai tradisi pengobatan. 

Sifat bawang putih inilah yang dapat membantu untuk mengatasi permasalahan berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah kuku. Nah, berikut manfaat kesehatan luar biasa dari bawang putih bagi kuku. 

Bawang Putih Untuk Kesehatan Kuku

Memiliki kuku yang bersih terawat dan cantik adalah impian banyak wanita. Namun, untuk menggunakan perawatan salon kamu tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Nah, siapa sangka dengan perawatan kuku yang mudah dan bisa mendapatkan kuku yang sehat dan cantik sangatlah mudah, dimana kamu bisa menggunakan bawang putih. 

Bawang putih menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan bumbu masakan, namun bisa digunakan sebagai obat juga. Salah satunya adalah bawang putih dapat merawat kuku dengan baik. Berikut keunggulan bawang putih bagi tubuh dan kuku. 

  • Sumber antioksidan yang tinggi
  • Bersifat anti inflamasi
  • Bersifat anti bakteri
  • Bersifat anti jamur
  • Melancarkan sirkulasi darah

Bawang Putih Untuk Perawatan Kuku

Nah, perawatan bawang putih untuk kuku ini sangatlah mudah, berikut cara menggunakannya. 

Bawang Putih yang Dihaluskan

Kamu dapat memanfaatkan bawang putih untuk kecantikan kuku, dengan cara menghaluskannya. Nah, berikut cara mengaplikasikannya. 

  1. Pertama, kamu dapat merawat kuku dengan menggunakan bawang putih. Kamu dapat memulainya dengan mengupas bawang putih yang masih segar dengan memarutnya hingga halus. 
  2. Jika sudah diparut dengan halus, kamu dapat melanjutkan dengan menempelkan hasil parutan tersebut pada kuku kaki dan kuku tangan selama 3 hingga 5 menit lamanya.
  3. Jika sudah, kamu bisa melanjutkan dengan membilasnya hingga bersih, jika ingin menggunakan sabun untuk menghilangkan aromanya tunggulah hingga 1-2 menit setelah membilasnya dengan bersih. 
  4. Selesai

Bawang Putih yang Digeprek

Selain dihaluskan kamu dapat menggunakan cara menggeprek bawang putih sebelum diaplikasikan ke kuku. 

  1. Selanjutnya kamu bisa menggunakan bawang putih untuk perawatan kuku dengan menggosok bawang putih yang sebelumnya digeprek. 
  2. Nah, geprekan bawang putih tersebut dilakukan supaya sari bawang putih keluar dengan baik dan terserap oleh jaringan kuku secara optimal
  3. Kemudian tunggulah beberapa menit agar sarinya terserap dengan baik selama 3-5 menit
  4. Selesai

Bawang Putih yang Dipotong

Berikutnya kamu bisa memanfaatkan bawang putih untuk mendapatkan kuku yang mengkilap. Nah, berikut cara memanfaatkan bawang putih untuk kuku yang mengkilap sehat. 

  1. Pertama, kamu dapat mengupas beberapa siung bawang putih, kemudian cuci bersih
  2. Jika sudah, kamu dapat langsung memotong bawang putih menjadi dua bagian
  3. Jika sudah kamu dapat melanjutkan dengan menggosokan bawang putih bagian dalam yang terpotong ke kuku. 
  4. Gosoklah kuku menggunakan bawang putih secara bergantian, satu persatu. 
  5. Jika sudah diamkan beberapa menit hingga kuku yang semula basah karena sari bawang putih mengering
  6. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih. Jika tidak menghilangkan aroma dari bawang putih, kamu dapat menggunakan sabun. 

Bawang Putih dan Baby Oil

Jika sebelumnya adalah cara penggunaan bawang putih dan penggunaanya, maka kali ini adalah kombinasi dari bawang putih dan baby oil untuk menyehatkan kuku. 

  1. Pertama, kamu menyisihkan 2-3 butir bawang putih yang sudah dicuci, dan 3 sdt baby oil. 
  2. Lanjutkan dengan mengoleskan bawang putih terlebih dahulu, kamu bisa memarutnya hingga halus terlebih dahulu.
  3. Jika bawang putih sudah halus, lanjutkan dengan menambahkan 2 sdt baby oil ke dalamnya.
  4. Aduklah hingga merata dan mengental kemudian bisa langsung diaplikasikan ke kuku kaki dan tangan kamu
  5. Diamkanlah hingga kandungan bawang putih dan baby oil itu meresap selama 7-10 menit lamanya.
  6. Jika sudah, maka lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air.
  7. Selesai

Bawang Putih dan Petroleum Jelly

Selain itu, kamu juga dapat mengolah bawang putih menggunakan petroleum jelly untuk mendapatkan kuku yang sehat, berikut caranya. 

  1. Pertama, kamu dapat menyisihkan 2 siung bawang putih, yangs udah dikupas dan dicuci bersih.
  2. Lanjutkan dengan mencincang atau menghaluskan bawang putih tersebut, masukan 1 sendok petroleum jelly ke dalamnya.
  3. Aduk hingga merata dan mengental.
  4. Jika teksturnya sudah mengental maka kamu bisa langsung mengoleskan pada kuku kaki atau kuku tangan. 
  5. Diamkan selama 7-10 menit lamanya, kemudian lanjutkan dengan membilasnya jika sudah.
  6. Selesai

Bawang Putih dan Minyak Zaitun

Selanjutnya, kamu dapat melakukan kombinasi antara bawang putih dan minyak zaitun untuk perawatan kuku yang cantik, nah berikut caranya. 

  1. Pertama, kamu dapat menyisihkan beberapa buah bawang putih yang sudah dikupas
  2. Lanjutkan dengan mencampurkan bawang putih yang sudah dikupas menggunakan minyak zaitun. 
  3. Cincang halus bawang putih tersebut, dan masukan 2 sendok minyak zaitun.
  4. Lanjutkan hingga teraduk dan mengental, lanjutkan dengan langsung mengoleskan secara merata pada kuku kaki atau kuku tangan. 
  5. Tunggu dan diamkan selama 5 hingga 7 menit lamanya
  6. Bila Salah

Bawang putih memiliki kandungan allicin dan ajoene di dalamnya, yang mana kandungan tersebut bersifat antijamur dan antimikroba. Sehingga kandungan tersebut dipercaya mampu membantu dan mengatasi permasalahan jamur yang menyerang kuku. 

Kamu dapat melakukan pengobatan alami ini dengan memilih menggunakan bawang putih terbaik, selain itu tentunya tidak akan memberikan efek samping apapun, selain aromanya yang cukup menyengat bagi beberapa orang. 

Nah, itulah manfaat bawang putih bagi kesehatan kuku, dengan begitu kamu bisa mendapatkan kuku yang cantik, sehat dan kelembabannya terjaga. Selain itu kamu akan terhindar dari berbagai resiko dan ancaman kesehatan kuku seperti jamur.