Monday, 15 Apr 2024

Manfaat Asam Jawa Dicampur Garam

4 minutes reading
Sunday, 18 Feb 2024 04:12 0 37 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Asam jawa yang terkenal dengan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh yang dijadikan sebagai ramuan tradisional, dengan asam jawa yang dicampur garam juga yang bisa memberikan manfaat.

Asam  jawa yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica ini merupakan salah satu rempah-rempah dengan memiliki banyak manfaatnya, dan biasanya asam jawa yang digunakan sebagai bahan bumbu masakan Indonesia.

Dimana secara klasifikasi ilmiah yang berada di kingdom plantae, pada umumnya asam jawa yang digunakan untuk memberikan rasa asam pada makanan khas Indonesia yang membuat makanan tersebut menjadi terasa segar.

Rasa asam yang dimiliki atau dihasilkan dari asam jawa ini yang sangat khas dan juga kemungkinan sangat sulit untuk mencari pengganti, bahkan tidak hanya itu saja asam jawa juga bisa didapatkan dengan sangat mudah dan relatif murah.

Pada kenyataannya asam jawa ini yang tidak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap rasa pada makanan saja namun asam jawa juga yang bisa memanfaatkan buahnya yang digunakan sebagai obat herbal alami dapat mengobati berbagai penyakit.

Untuk kamu yang penasaran dengan manfaat yang dihasilkan dan bisa dirasakan dari asam jawa dicampur garam, maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan baik dan seksama.

Manfaat Asam Jawa Dicampur Garam

Manfaat Asam Jawa Dicampur Garam

Manfaat asam jawa dicampur garam ternyata bisa memberikan manfaatnya dan sudah tidak tergantikan terutama dalam mengobati berbagai penyakit yaitu seperti disentri, asam jawa atau biasa disebut asem yang merupakan jenis buah dengan memiliki rasa masam.

Asam jawa sendiri adalah jenis buah tropis berasal dari pohon asam aslinya dari Afrika, namun biasanya pohon asam jawa ini yang bisa tumbuh di daerah tropis lainnya, pohon asam jawa yang menghasilkan polong yaitu seperti kacang mengandung daging berserat dan biji.

Asam jawa yang memang paling terkenal karena penggunaannya sebagai penyedap rasa dalam makanan untuk beberapa daerah yaitu seperti Asia termasuk Indonesia dan Meksiko, tidak hanya itu asam jawa bisa memberikan manfaat juga untuk kesehatan.

Beragam kandungan nutrisi  yang terdapat di dalam asam jawa seperti protein, kalori, lemak, kalsium, hidrat arang, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan juga zat besi, sehingga tidak heran jika asam jawa yang dicampur garam bisa memberikan manfaat.

Dimana sebuah masalah atau kondisi bendungan ASI adalah pembendungan air susu dikarenakan adanya penyempitan duktus laktiferi atau kelenjar tidak dikosongkan dengan sempurna, untuk mekanisme terjadinya bendungan yaitu vasokonstriksi disebabkan oleh prostaglandin.

Hal ini jika tidak dilakukan intervensi baik maka bendungan tersebut yang bisa mengganggu produksi ASI dan juga bisa menghambat pemberian ASI, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bendungan tersebut dengan memberikan asam jawa yang dicampur dengan garam.

Dari penelitian ini yang bertujuan menganalisis efektivitas pemberian ramuan asam jawa yang dicampur dengan garam pada busui atau ibu menyusui dengan bendungan ASI di Puskesmas Mumbulsari, dalam desain penelitian Quasi eksperimen Pre and post test one group design.

Dalam sampel 15 ribu busui dengan bendungan ASI dan instrumen penelitian yaitu lembar observasi untuk menilai tingkat keefektifan ramuan asam jawa dan garam melancarkan bendungan ASI pada busui, yang berdasarkan hasil penelitian tersebut ramuan asam jawa dan garam yang mengandung flavonoid, minyak atsiri, tanin dan garam.

Dengan kedua bahan tersebut yang bisa membantu menghambat biosintesis prostaglandin yang bisa mengurangi nyeri dan bengkak dan juga sebagai antibakteri serta natrium terdapat pada garam  yang menjadi cara efektif untuk membantu mengatasi bendungan ASI.

Menurut profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014 yang mencakup ASI eksklusif sebesar 72,89% yang mengalami penurunan sangat drastic tahun 2015 yang sebesar 68,8%, lalu 2016 cakupan ASI eksklusif sebesar 48,1%.

Dengan cakupan tersebut yang masih jauh jika dibandingkan dengan cakupan ASI eksklusif di Indonesia yaitu sebesar 55% yang terdapat banyak faktor penyebabnya mempengaruhi kegagalan ASI yang tidak lancar bisa menimbulkan terjadinya bendungan pada ASI.

Selama ini masih banyak ibu yang mengabaikan masalah ini dengan bendungan ASI dan hanya memberikan susu formula pengganti ASI, intervensi meringankan masalah seperti ini tentu saja perlu kita ketahui dan sangat dibutuhkan.

Dengan tidak melakukan intervensi baik maka bendungan ASI yang bisa mengganggu produksi ASI dan bayi tidak bisa mendapatkan ASI yang cukup, tidak hanya itu saja bendungan ASI ini yang tidak disusukan dengan intervensi bisa menimbulkan mastitis.

Salah satu upaya bisa dilakukan dalam mengatasi masalah bendungan ASI yaitu dengan melakukan proses perawatan payudara dengan cara mengompresnya dan pengobatan tradisional, terdapat salah satu pengobatan yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu ramuan asam jawa dan garam ke payudara untuk mengatasi bendungan ASI ini.

Cara yang satu ini dianggap sangat efektif untuk membantu mengurangi bendungan karena memang ramuan ini yang sudah turun temurun dilakukan sejak nenek moyang mereka, sehingga dengan begitu kamu bisa mencoba untuk memanfaatkan ramuan asam jawa dan garam untuk merasakan manfaatnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan manfaat asam jawa dicampur garam yang bisa kamu ketahui dan rasakan manfaatnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.