Thursday, 18 Jul 2024

Jurusan Kuliah yang Banyak jadi PNS

5 minutes reading
Thursday, 1 Sep 2022 09:19 0 355 Riswan Suandi

Menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil hal yang pertama harus diutamakan adalah latar belakang pendidikan, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan jurusan kuliah apa saja yang banyak menjadi PNS bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Jika memiliki latar belakang pendidikannya yang sesuai maka tentu saja pemerintah akan mempercayai jika kamu bisa melaksanakan tugas dan juga tanggung jawab dalam tugasnya dengan sebaik mungkin, jika kamu masih bingung masuk ke dalam jurusan apa agar bisa menjadi PNS maka di bawah ini ada beberapa jurusan yang bisa kamu pilih.

Jurusan Kuliah yang Banyak Jadi PNS

Jurusan Kuliah yang Banyak jadi PNS

Beberapa program studi yang nantinya setelah lulus bisa menjadi PNS dan sudah  banyak juga yang sukses menjadi PNS, adapun untuk jurusan kuliah yang banyak jadi PNS sebagai berikut.

Jurusan Hukum

Hukum merupakan salah satu jurusan kuliah yang sangat penting di dalam susunan pegawai pemerintah karena untuk jurusan hukum yang bisa menjadi penasehat dalam menstabilkan instansi, pemerintah dan juga yang lainnya, sehingga dengan begitu peluang untuk rekrutmen calon PNS dengan lulusan Hukum yang bisa dibilang cukup banyak.

Tidak hanya untuk instansi hukum saja tetapi yang lainnya seperti Kejaksaan Agung, Kemenkumham, Kementerian Agama, Mahkamah Agung, Kementrian Keuangan, Kementrian pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan masih banyak lagi lembaga yang lainnya.

Jurusan Pendidikan

Jurusan pendidikan yang menjadi salah satu jurusan yang memadati persyaratan akademik di deretan lowongan calon PNS, apalagi sekarang ini calon PNS Kemendikbud dan Kemenristekdikti yang menyatu dan menjadi Kemendikbud Ristek dan sudah ada berbagai formasi yang telah disediakan untuk yang memiliki latar belakang jurusan Pendidikan.

Pendidikan ini yang menjadi salah satu program studi yang senantiasa di buka pada setiap tahunnya, hal tersebut karena masih banyak tempat yang membutuhkan tenaga pendidikan yang ada di Indonesia adapun untuk profesi pendidikan ini yang bisa menduduki jabatan sebagai dosen atau guru dengan berbagai mata pelajaran.

Jurusan Bahasa Inggris

Untuk jurusan Bahasa Inggris tentu saja perlu menguasai bahasa internasional yang menjadi salah satu standar keprofesian yang sudah banyak ditetapkan sebagai kualifikasi lowongan calon PNS atau pekerjaan yang lainnya.

Terdapat banyak pilihan jabatan dari program studi Bahasa Inggris di rekrutmen calon PNS yaitu diantaranya Staf di instansi pemerintah, Staf di kantor Dubes, Konsultan, Menteri di luar negeri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jurusan Teknik

Selain jurusan pendidikan tetapi jurusan teknik juga bisa menjadi dan mendaftar calon PNS, dimana sekarang ini memang sudah banyak di berbagai kampus atau sekolah yang mempelajari tentang bidang teknik, paling banyak dibutuhkan yaitu teknik kimia, fisika, pertambangan, perminyakan dan bahkan teknik industri.

Selain itu juga untuk jurusan teknik sipil, elektro, mesin, perkapalan yang menjadi salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan di PNS, apalagi di Badan Siber dan Sandi Nasional, Badan SAR Nasional, dan bahkan hingga Kementerian Pembangunan Umum.

Jurusan Ekonomi Pembangunan

Jurusan Ekonomi Pembangunan yang mempelajari mengenai ekonomi makro dan mikro, pengantar bisnis, perekonomian Indonesia dan masih banyak lagi yang lainnya, sebenarnya untuk jurusan ekonomi pembangunan ini tidak berbeda jauh dengan jurusan ekonomi yang lainnya.

Dimana untuk Kementerian BUMN yang merupakan lembaga pemerintah dengan menyediakan banyak formasi untuk kuliah dengan lulusan jurusan Ekonomi pembangunan, selain itu juga terdapat kementrian keuangan, dan juga kementerian yang lainnya.

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan salah satu bidang keilmuan yang mempelajari mengenai kegiatan perusahaan atau korporasi yang masih berkaitan ilmu ekonomi dan juga bisnis, dan jurusan manajemen ini yang menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peluang untuk menjadi PNS.

Untuk prodi manajemen juga memiliki banyak pilihan yaitu arsiparis, analis kelembagaan, penata kanselerai, perencana dan juga masih banyak lagi, dan bahkan instansi yang lainnya pun sudah memberikan kerja untuk jurusan manajemen seperti  kementrian BUMN, kementerian keuangan dan lainnya.

Jurusan Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu jurusan yang mendalami dunia medis dan ini tentu saja akan diperlukan setiap masanya sehingga dnegan begitu untuk itu hal yang berhubungan dengan dunia medis kesehatan yang sangat dibutuhkan, dimana untuk di Indonesia yang masih defisit tenaga kesehatan yang beredar bertahun lamanya.

Dimana jurusan kesehatan ini yang terdiri dari farmasi, kedokteran umum, kedokteran gigi, ilmu gizi, kebidanan, keperawatan, kesehatan masyarakat, fisioterapi, radiologi dan juga analis medis, jurusan kuliah dengan kesehatan ini juga terbilang cukup banyak jadi menjadi PNS.

Psikologi

Jurusan kuliah yang banyak jadi PNS selanjutnya ada jurusan Psikologi, dimana psikologi ini yang sebagai salah satu jurusan dalam bidang kesehatan yaitu mental, ternyata untuk lulusan psikologi yang memiliki banyak peluang untuk kamu yang  mengambil jurusan ini jabatan di PNS.

Dimana salah satunya untuk instansi yang telah membuka banyak lowongan untuk lulusan jurusan psikologi yaitu kementrian luar negri, seperti analis kerjasama diklat, analis kompetensi pengajar, analis pengembangan kompetensi, asesor SDM Aparatur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi atau IT yang memiliki prospek kerja yang sangat luas dimana tidak hanya di perusahaan swasta saja tetapi di instansi pemerintah juga tentunya sangat membutuhkan lulusan teknologi informasi, dan untuk jabatan PNS ini dengan kualifikasi Teknologi informasi yaitu pengadministrasi.

Tentunya di berbagai instansi pemerintah pastinya membutuhkan keberadaan pengadministrasi, dimana itu baik kementerian maupun non kementerian dan ternyata untuk jurusan teknologi informasi ini banyak dibutuhkan untuk menjadi PNS.

Jurusan Politik dan Pemerintahan

Terakhir jurusan kuliah yang banyak jadi PNS yaitu jurusan politik dan pemerintahan, dimana untuk jurusan ini yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh pemerintah dan terutama untuk instansi pemerintah baik itu pusat atau daerah maka dari itu untuk kamu yang ingin melamar menjadi PNS namun dengan jurusan politik dan pemerintahan maka bisa-bisa saja.

Dimana ketentuan pelamar CPNS yang terdapat syarat yang menyebutkan bahwa peserta seleksi yang tidak boleh dari bagian dari organisasi politik, hal tersebut tentu saja bukan berarti kamu yang mengambil jurusan politik dan pemerintah tidak tidak terdapat di struktur PNS.

Mungkin hanya itu saja beberapa jurusan kuliah yang banyak jadi PNS yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan keinginan, semoga dengan adanya ulasan diatas membantu dan bermanfaat.