Monday, 17 Jun 2024

10 Jus Buah Untuk Awet Muda, Yang Bikin Glowing Secara Alami

6 minutes reading
Thursday, 29 Jun 2023 17:18 0 104 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Membahas soal jus seperinya membuat kita menjadi haus ya, rasanya jadi pengen bikin jus buah. Sebelum itu, apa kamu tahu? Ternyata selain nyegerin jus buah juga membuat kita awet muda, lho! Ada beberapa jus buah untuk awet muda yang mungkin kamu suka dan ingin mengkonsumsinya.

Bukan hanya makanan saja yang dapat menyehatkan kulit kita agar dapat awet muda, tetapi minuman juga berpengaruh untuk menutrisi lebih baik lagi. Mendukung dan menetralisir apa yang kita makan, memberi asupan cairan pada tubuh dan kulit sehingga kesehatan kita terjaga.

Pernah gak sih kamu mendengar pepatah “kamu adalah apa yang kamu makan”? Nah, itu adalah benar! Apa yang kita makan dan apa yang masuk dalam tubuh kita, akan menentukan terbentuknya struktur tubuh kita. Entah itu mendapatkan tubuh yang sehat atau malah tubuh yang gampang sakit-sakitan karena mudah terserang penyakit.

Termasuk dalam konteks kecantikan dan perawatan kulit. Salah satu cara untuk mempertahankan penampilan awet muda adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi, termasuk jus buah segar. Jus buah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Berikut ini adalah pilihan jus buah yang cocok dikonsumsi untuk menjaga kecantikan dan awet muda.

Jus Buah Untuk Awet Muda

Jus Buah Untuk Awet Muda

Buah yang segar dan mengandung banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit kita, tentu harus kita konsumsi setiap hari nya. Selain enak juga menyehatkan, jus buah dapat membantu merawat tubuh kita dari dalam. Kamu bisa mencoba membuatnya dirumah, dibawah ini adalah buah yang cocok kamu jadikan jus untuk diminum sehari-hari:

Jus Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan rendah kalori. Jus semangka menghidrasi kulit dan mengandung likopen, antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C tinggi yang membantu memproduksi kolagen untuk mempertahankan elastisitas kulit. Vitamin A, dan mineral penting seperti kalium, yang baik untuk kesehatan kulit.

tidak hanya buahnya, kulit semangka juga dapat kita olah menjadi jus. Berguna untuk mengurangi tekanan darah, membantu mengendalikan gula darah, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah penyakit kronis dan banyak hal lainnya untuk kesehatan tubuh kita.

Jus Lemon

Lemon kaya akan vitamin C, yang dikenal sebagai antioksidan kuat yang meningkatkan produksi kolagen dan membantu memperbaiki kerusakan kulit. Jus lemon juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan menjaga keseimbangan pH kulit.

Lemon juga memiliki efek seperti mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya bintik-bintik hitam di wajah yang menjadi kulit kita kusam. Selain itu jus lemon juga mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai astringen yang secara bertahap dapat menghilangkan noda di wajah, mengencangkan pori-pori, mengurangi minyak berlebihan di wajah dan meratakan warna kulit akibat penuaan atau sinar UV.

Jus Delima

Delima mengandung antioksidan yang kuat, termasuk polifenol dan punicalagin serta mengandung antimikroba, anti radang dan anti penuaan. Jus delima membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan kelembaban, dan mengurangi kerutan.

Dalam buah delima juga, dia memiliki vitamin C yang bisa mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi yang tidak merata pada kulit. Menghilangkan noda bekas jerawat serta membantu meregenerasi sel kulit. Rendah kalori dan lemak tetapi tinggi akan serat, vitamin dan mineral, bisa membantu mengatasi kesehatan jantung, daya tahan tubuh dan kesehatan saluran kantung kemih.

Jus Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki antibiotik alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri di kulit. Kaya akan vitamin C dan sitrat memiliki khasiat untuk kecantikan yang dapat menghidrasi kulit, membantu mengurangi kerutan dan noda pada kulit. Jus jeruk nipis juga membantu membersihkan dan mencerahkan kulit.

Semua itu karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu meregenerasi kulit hingga membuatnya menjadi lebih cerah. Banyak produk kecantikan yang memakai kandungan ini untuk dapat menghasilkan efek cerah pada wajah dan mengatasi jerawat.

Jus Berry

Berry seperti blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C dan E. Jus berry membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kekencangan kulit.

Kandungan dalam berbagai buah berry juga dapat membantu kita eksfoliasi sel kulit mati secara alami dan mencegah dampak buruk sinar UV. Antosianin dalam buah berry mampu membantu pembentukan kolagen serta meningkatkan elastisitas pada kulit.

Jus Wortel

Selain sehat untuk mata, jus wortel juga dapat banyak membantu kesehatan pada kulit. Vitamin C yang ada pada wortel membantu kulit kita tampil lebih segar, sehat dan kenyal yang membuat kita menjauhkan dari yang namanya penuaan dini.

Wortel mengandung beta-karoten, yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan kulit dan memperlambat penuaan. Jus wortel juga membantu memberikan tampilan kulit yang cerah dan bercahaya.

Jus Apel

Apel mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kulit tetap kencang. Jus apel juga mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk kesehatan usus bahkan mengurangi resiko diabetes dan stroke.

Tidak hanya untuk kesehatan kulit, jus apel juga mengandung senyawa anti radang yang dapat mengatasi gejala dan mencegah asma. Dalam sebuah studi kasus dibuktikan, bahwa mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menjaga fungsi paru-paru.

Jus Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan seperti vitamin E dan beta-karoten. Jus kiwi membantu memperbaiki kerusakan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memberikan kulit yang lembut dan cerah. Antioksidan dalam buah kiwi ini diketahui bisa mengatasi infeksi bakteri yang sebagai penyebab primer dari timbulnya jerawat pada kulit, yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya atau munculnya jerawat.

Jus Bit

Minum jus bit secara teratur bermanfaat dalam pencegahan dan penyembuhan radang kulit, seperti jerawat dan bisul. Anti-inflamasi dalam buah bit meringankan peradangan yang disebabkan karena adanya darah yang kotor.

Bit kaya akan antioksidan, termasuk betasianin, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Jus bit juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, memberikan nutrisi yang cukup ke kulit, dan memberikan efek anti-penuaan.

Jus Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat. Jus tomat juga membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerutan, dan memberikan kulit yang lembut dan bersinar.

Bisa dijadikan masker wajah secara alami untuk merawat kulit dari bagian luar juga, lho! Selain itu juga kamu dapat menggunakan jus tomat sebagai toner wajah untuk membantu kulit tetap lembab sepanjang hari.

Dalam mengkonsumsi jus buah untuk awet muda, pastikan untuk menggunakan dan membeli buah-buahan yang segar dan matang. Hindari menambahkan gula tambahan ke jus kamu untuk menjaga manfaat kesehatan dan kecantikan yang optimal. Selain itu, kamu bisa memvariasikan jus buah yang kamu konsumsi agar mendapatkan manfaat dari berbagai nutrisi dan antioksidan yang berbeda.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa jus buah sebaiknya dikonsumsi untuk mensupport pola makan agar seimbang. Jadi tidak hanya satu makanan atau minuman saja yang dapat menjaga kecantikan dan awet muda. Penting untuk memperhatikan asupan makanan lainnya, minum air yang cukup, tidur yang cukup, dan menjaga gaya hidup yang sehat secara keseluruhan.

Dengan memasukkan jus buah yang cocok dikonsumsi dalam pola makan kamu, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit dan menjaga penampilan yang awet muda. Kuncinya tetap konsisten dan nikmati manfaatnya seiring dengan perawatan kulit yang lain. Kamu pasti bisa!