Monday, 17 Jun 2024

Kandungan Vitamin Pada Sayuran Kangkung

3 minutes reading
Friday, 6 Jan 2023 22:29 0 279 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Kangkung yang terkenal sebagai salah satu sayuran yang dapat menyebabkan rasa kantuk, namun apakah kamu tahu kandungan vitamin yang terkandung dalam sayuran kangkung ini? Nah untuk mengetahui kandungan gizi pada kangkung bisa dengan simak ulasan berikut.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat terkenal di Indonesia dimana tanaman ini yang berasal dari Asia Tenggara dan juga Asia Selatan, dengan memiliki batang halus serta berongga dan daunnya berwarna hijau berbentuk seperti kepala panas untuk besar daunnya yaitu sekitar 2.5 cm sampai 8 cm.

Untuk cara tumbuh sayuran kangkung ini yang terbagi dalam dua jenis yaitu tumbuh di tanah yang cukup tinggi dengan kaya bahan-bahan organik yang teksturnya lembab, sedangkan jenis yang kedua yaitu tumbuh di perairan yaitu di tanah yang berada di rawa-rawa yang bersifat semi-aquatic.

Walaupun kangkung ini sudah menjadi makanan dikonsumsi setiap hari tetapi ternyata masih banyak yang belum tahu dengan kandungan vitamin yang terkandung didalam sayuran kangkung.

Kandungan Vitamin Pada Sayuran Kangkung

Kandungan Vitamin Pada Sayuran Kangkung

Sayuran kangkung ini yang merupakan salah satu sayuran termasuk ke dalam rendah kalori dan lemak, dimana sayuran ini yang mengandung berbagai vitamin di dalamnya yang termasuk juga dengan vitamin A yaitu mencapai sekitar 6600 IU per 100 gramnya.

Dimana kangkung yang merupakan sumber vitamin A dimana dalam 100 gram kangkung yang masih segar mengandung sekitar 6300 IU atau setara 210% rekomendasi asupan harian, kandungan vitamin A ini yang memiliki peran penting untuk kesehatan yaitu antikanker, anti penuaan dini, rambut, kulit, mukosa dan juga penglihatan.

Kangkung mengandung vitamin B yang cukup banyak yaitu mengandung beberapa vitamin B komplek yaitu terdapat 5.5% niasin, 8% riboflavin, 14% asam folat, 7% vitamin B-6 dan juga yang lainnya, dimana vitamin B komplek ini yang memiliki peran penting untuk proses metabolisme tubuh.

Selanjutnya ada kandungan vitamin C dalam sayuran kangkung yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada jaringan rambut, kulit dan ikat, dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup maka bermanfaat untuk membantu mencegah anemia, kekurangan zat besi, mencegah kanker dan juga membantu memperlambat penuaan.

Selain itu juga kangkung mengandung kandungan gizi lainnya yaitu seperti kaya akan mineral dan juga antioksidan didalamnya, dimana dalam 100 gram kangkung yang hanya mengandung sekitar 19 kalori saja hal ini karena kangkung yang cukup tinggi namun rendah kalori.

Karena kangkung ini rendah kalori dan kandungan gizi yang tinggi sehingga sudah banyak para ahli yang merekomendasikan kangkung untuk membantu menurunkan berat badan, untuk kamu yang ingin melakukan program diet maka bisa dengan memasukkan sayuran kangkung ke dalam menu harian.

Kandungan yang lainnya yaitu terdapat dari kangkung yaitu mengandung kadar antioksidan fenolik yang sangat banyak yaitu seperti lutein, cryptoxanthin, beta karoten dan zanthin, untuk kangkung yang masih mentah mengandung kadar asam askorbat didalamnya.

Untuk tambahan kangkung juga yang mengandung mikronutrien yang lainnya yaitu mengandung mineral seperti 8% kalsium, 21% zat besi, 18% magnesium, 7% kalium, 5.5% fosfor dan 7% mangan, dimana untuk kandungan kalsium dan magnesium baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan fungsi jantung sementara untuk kandungan mangan yang digunakan sebagai faktor penambah enzim antioksidan yang tertentu.

Sangat banyak bukan kandungan gizi yang terkandung dalam sayuran kangkung ini dan untuk kamu yang ingin merasakan manfaatnya bisa dengan mengkonsumsi kangkung secara rutin yang akan membantu mencegah terjadinya anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan vitamin A dan juga mencegah osteoporosis.

Selain itu juga terdapat kandungan gizi dalam kangkung ini yang berperan untuk membantu melindungi dari berbagai penyakit seperti penyakit kanker prostat, jantung dan juga kanker usus besar, sangat banyak bukan untuk kandungan vitamin dari kangkung dan ini jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Mungkin hanya itu saja beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam kangkung bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.