Saturday, 22 Jun 2024

Kandungan Vitamin Sayur Kol

5 minutes reading
Tuesday, 17 Jan 2023 22:27 0 367 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Sayuran kol pastinya sudah tidak asing didengar biasanya sayuran yang satu ini yang kerap digunakan untuk bahan olahan masakan, namun apakah kamu tahu dengan kandungan vitamin sayur kol? Untuk mengetahui kandungan vitaminnya kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk ke dalam genus sayuran Brassica yaitu meliputi kale, kembang kol dan juga brokoli, sayuran ini juga yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan namun kerap diabaikan oleh kebanyakan orang.

Secara penampilan sayuran kol ini yang hampir mirip dengan sayuran selada namun untuk sayuran kol ini hadir dalam berbagai bentuk dan juga warna seperti warna hijau, putih, merah dan juga ungu, dan untuk sayuran kol ini yang telah di tanam di seluruh dunia sehingga sangat mudah ditemukan baik itu di pasar maupun di penjual sayuran.

Nah untuk kamu yang belum tahu dengan kandungan vitamin sayur kol maka kamu bisa dengan menyimak nya di bawah ini.

Kandungan Vitamin Sayur Kol

Kandungan Vitamin Sayur Kol

Sayur kol yang biasanya diolah sebagai menu makanan hal ini karena sayuran kol yang mengandung nutrisi utama yaitu serat, vitamin dan juga mineral, memang sayuran ini yang terlihat sederhana namun mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan tentunya memberikan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Dimana sama seperti sayuran yang lainnya kol juga yang memiliki segudang nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, menurut fakta gizi bahwa dalam 100 gram sayur kol yang tersedia kandungan gizi yang diantaranya:

  • 0,4 mikrogram vitamin B1
  • 16 miligram vitamin C
  • 0,1 gram vitamin B2 (Riboflavin)
  • 51 kalori energi
  • 8 gram karbohidrat
  • 2,5 gram protein
  • 3,4 gram serat
  • 100 miligram kalsium
  • 50 miligram natrium
  • 02 miligram niasin
  • 100 miligram kalium

Dari banyaknya kandungan vitamin, serat dan mineral yaitu seperti kalium dan bahkan sayuran kol ini juga yang tergolong sumber vitamin C yang tinggi, selain itu juga kol yang kaya akan kandungan zat gizi makronutrien yaitu seperti protein dan karbohidrat.

Bahkan ada juga beberapa kandungan yang lainnya dari sayuran kol ini yaitu vitamin K, zat besi, folat dan antioksidan yang dalam bentuk belerang dan polifenol, dengan berbagai macam kandungan nutrisi dalam sayuran kol sehingga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dimana berdasarkan dengan kandungan nutrisi dari sayuran kol dibawah ini ada beberapa manfaat dan khasiat yang bisa dirasakan jika mengkonsumsi sayuran kol ini yaitu sebagai berikut:

Kesehatan Jantung

Untuk sayur kol ungu yang dimana didalamnya terkandung senyawa antioksidan yang bernama anthocyanin yang bisa membantu menurunkan terjadinya risiko penyakit kardiovaskular, penelitian yang menyebutkan bahwa dengan memperbanyak asupan makanan dengan kandungan anthocyanin yang bisa menurunkan tekanan darah dan sekaligus gangguan arteri koroner.

Bahkan selain itu juga sayuran kol yang mengandung senyawa antioksidan yang lainnya yaitu bernama polifenol yang cukup tinggi dan ini bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung tetap normal dan baik, dimana senyawa polifenol yang akan membantu untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah terjadinya penumpukan trombosit.

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Sayur kol yang termasuk ke dalam sumber serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu menunjang kerja sistem pencernaan, dimana kol yang tergolong dalam serat yang tidak larut air yang tidak akan langsung bercampur dengan air pada saat masuk dalam tubuh.

Tetapi nantinya akan masuk ke saluran pencernaan terlebih dahulu untuk membantu mencerna makanan, selain itu juga serat tidak larut air juga yang akan membantu dalam melancarkan pergerakan kotoran dalam usus untuk mencegah terjadinya masalah sembelit.

Menurunkan Tekanan Darah

Sayuran kol yang mengandung kalium didalamnya yang cukup tinggi bisa membantu untuk mengontrol tekanan darah tetap stabil, kandungan kalium ini yang berfungsi dalam mengalirkan kelebihan natrium yang ada di dalam tubuh dengan melalui urine sehingga tekanan darah tinggi yang akan menurun secara perlahan.

Kesehatan Otak

Kandungan nutrisi dalam sayuran kol ini yang akan menjaga fungsi kognitif otak agar dapat bekerja dengan optimal, membantu untuk melancarkan aliran darah pada otak, dengan aliran darah yang lancar dapat membuat otak menjadi sehat sehingga lebih menyerap, mengingat dan juga memproses informasi.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam sayur kol yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian dan juga melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas, radikal bebas ini seperti molekul yang tidak stabil dan bisa merusak sel pada tubuh hal ini bisa menyebabkan berbagai penyakit salah satunya kanker.

Selain itu juga kol memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal sel kanker, senyawa ini yang akan menghambat kerja enzim histone deacetylase (HDAC) dan enzim ini yang terlibat dalam pembentukan sel kanker pada tubuh.

Proses Pembekuan Darah

Sayuran kol yang memiliki kandungan vitamin K1 yang memiliki peran yang penting untuk kesehatan tubuh, dimana vitamin K ini yang berfungsi dalam proses pembekuan darah dan vitamin K ini yang bisa memicu fungsi enzim untuk menutup luka sehingga dengan begitu bisa mencegah terjadinya pendarahan.

Untuk vitamin K1 ini yang merupakan jenis vitamin K yang berasal atau bersumber dari sayur-sayuran dan sayuran kol ini yang ternyata mengandung vitamin K, dalam satu sayur kol yang setidaknya mencukupi sekitar 85% kebutuhan vitamin K untuk hariannya.

Meredakan Peradangan

Sayuran kol yang memiliki berbagai kandungan antioksidan didalamnya salah satunya yaitu jenis sulforaphane yang memiliki peran penting sebagai anti inflamasi, dimana senyawa antioksidan yang bisa membantu untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Kamu bisa dengan mengkonsumsi sayuran kol yang secara rutin yang bisa membantu tubuh untuk lebih mudah mendeteksi terjadinya peradangan, semakin mengetahui bagian yang terjadi peradangan maka akan semakin cepat kerja sistem imun untuk membantu menyembuhkan peradangan.

Mungkin hanya itu saja beberapa kandungan vitamin sayur kol yang perlu kamu ketahui beserta dengan manfaatnya agar bisa mendapatkan manfaat untuk tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.