Thursday, 18 Jul 2024

Manfaat Sayur Kol dan Bahayanya

6 minutes reading
Tuesday, 17 Jan 2023 22:25 0 373 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing dengan sayuran kol, kubis, konis atau kobis bulat yang satu ini, dimana ternyata sayuran ini yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan namun juga ada efek sampingnya atau bahayanya.

Kol yang merupakan salah satu tanaman du tahunan dengan memiliki warna daun hijau atau ungu dan tanaman ini sebagai salah satu tanaman tahunan sayuran dengan memiliki kepala yang padat berdaun, tanaman ini juga yang terdiri dari beberapa kelompok kultivar yaitu dari Brassica oleracea.

Sayuran kol ini yang bisa tumbuh di berbagai tempat sehingga dengan begitu bisa dimanfaat secara luas dalam membuat berbagai makanan, sayuran kol juga yang termasuk ke dalam sayuran padat nutrisi yaitu kaya akan mineral dan vitamin di dalamnya yang baik untuk tubuh.

Untuk kandungan dari sayuran kol juga yang tidak kalah dengan sayuran hijau lainnya yaitu sayuran kol yang mengandung serat tinggi yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, namun walaupun sayuran ini yang memiliki banyak manfaatnya tetapi sayuran kol juga ternyata ada bahaya atau efek sampingnya yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Apalagi jika mengkonsumsi sayuran kol ini secara berlebihan tidak terkontrol, sama hal dengan makanan yang lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan yang bisa berbalik berbahaya yang akan menyerang tubuh.

Biasanya sayuran kol ini yang kerap dijadikan sebagai sayuran andalan ibu rumah tangga untuk membuat hidangan setiap harinya, dimana selain memiliki harga yang murah namun sayuran kol juga bisa ditemukan dengan mudah di pasaran atau bahkan di tukang sayur.

Nah sebelum mengkonsumsi sayuran yang satu ini tentu saja kamu perlu mengetahui dengan manfaat sayur kol dan bahayanya, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan  menyimak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Kol dan Bahayanya

Kesehatan Jantung

Untuk sayuran kol ungu yang mengandung senyawa anthocyanin yaitu pigmen tumbuhan termasuk ek dalam keluarga flavonoid, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin yang bermanfaat untuk membantu penurunan risiko penyakit jantung.

Dengan mengkonsumsi sayuran kol ini yang mengandung lebih dari 36 jenis senyawa anthocyanin yang kuat yang berbeda yang bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan jantung, dimana dengan mengkonsumsi makanan kaya anthocyanin yang akan lebih tinggi mempunyai serangan jantung jauh lebih rendah.

Kesehatan Pencernaan

Kol yang kaya akan serat didalamnya yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, dimana sayuran kol ini yang penuh dengan kandungan serat yang tidak larut dan ramah usus yaitu sejenis karbohidrat.

Dengan kandungan serat tidak larut ini yang akan membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dengan cara menambahkan jumlah kotoran dan juga melancarkan buang air besar, untuk kaya serat larut ini yang bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus dan bakteri ini yang memiliki fungsi penting yaitu melindungi sistem kekebalan tubuh dan juga memproduksi nutrisi yang penting.

Menurunkan Kolesterol

Sayuran kol yang mengandung dua zat yaitu serat larut dan juga sterol tumbuhan yang terbukti bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, dengan cara mengikat kolesterol dalam usus dan juga menjaga agar tidak diserap ke dalam darah.

Selain itu juga sayuran kol yang mengandung zat yang biasa disebut dengan fitosterol yaitu senyawa tanaman secara struktural yang mirip dengan kolesterol dan juga bisa mengurangi kolesterol jahat dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol pada saluran pencernaan.

Mengontrol Peradangan

Manfaat sayur kol yang lainnya yaitu  bisa membantu dalam mengontrol peradangan hal ini karena mengandung antioksidan yang berbeda dan terbukti bisa mengurangi peradangan kronis, dimana penelitian yang telah menunjukan bahwa dengan makan lebih banyak sayuran silangan yang akan mengurangi peradangan darah tertentu.

Untuk kondisi peradangan kronis terjadi dalam dalam jangka waktu yang cukup lama yang dikaitkan dengan beragam penyakit yang termasuk dengan penyakit radang usus, penyakit jantung dan juga rheumatoid arthritis, namun dengan mengkonsumsi makanan sayuran silangan dengan jumlah tertinggi yang bisa mengontrol peradangan menjadi lebih rendah.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang merupakan mineral dan juga elektrolit yang penting dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik, dengan meningkatkan dalam mengkonsumsi asupan potasium yang sama pentingnya untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Untuk salah satu fungsi yang paling utama yaitu bisa membantu mengatur tekanan darah dengan cara menangkal efek natrium dari dalam tubuh, dimana untuk kol ungu yang menjadi sumber potasium baik untuk tubuh yaitu dengan memberikan sekitar 12% dari kebutuhan harian.

Bahaya Makan Sayuran Kol Jika Berlebihan

Kelelahan

Bahayanya dari mengkonsumsi sayuran kol yaitu bisa mengalami kelelahan yang secara intens dan juga membuat tubuh tidak fit serta kurang waspada dalam menjalankan berbagai aktivitas atau bekerja, biasanya sayuran kol ini yang menjadi pilihan dalam melakukan diet hal ini dikarenakan kandungan kalori dalam kol yang sangat rendah.

Namun dengan mengkonsumsi sayuran kol secara berlebihan membuat tubuh menjadi menggunakan lebih banyak kalori dalam proses memecahkan makanan daripada apa sebenarnya yang terkandung di dalam.

Perut Menjadi Kembung

Sayuran kol yang mengandung serat di dalamnya yang baik untuk pencernaan tetapi jika mengkonsumsi sayuran kol secara berlebihan yang akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan yaitu perut menjadi kembung, biasanya efek samping ini yang dipengaruhi oleh raffinose yaitu kandungan gula yang tidak bisa dicerna.

Mungkin jika dalam jumlah yang kecil ini tidak berbahaya tetapi jika dalam jumlah yang besar akan menyebabkan perut menjadi kembung dan ini bisa menyebabkan konsekuensi yang lebih lanjut di dalam tubuh yaitu seperti nyeri dada, perut tidak nyaman, dan bersendawa.

Masalah Pada Jantung

Dimana tubuh setiap harinya yang membutuhkan kalori sekitar minimal 800 hal ini menurut Weight-control Information Network, sehingga untuk kamu yang menjalankan diet ketat dengan sebagian besar mengkonsumsi sayuran kol atau kubis maka sebaiknya memikirkannya kembali.

Hal ini karena asupan kalori yang akan mengalami penurunan berada di bawah 800 kalori, bahkan selain itu juga dengan mengkonsumsi sayuran kubis atau kol secara berlebihan yang bisa menimbulkan bahaya untuk jantung apalagi untuk kamu yang memiliki penyakit jantung sebelumnya.

Hipoglikemia

Sayuran kol yang mempunyai indeks glikemik yang rendah yang bermanfaat untuk membantu dalam mengatur kadar gula darah tinggi, namun jika mengkonsumsi sayuran kol ini secara berlebihan bisa berbahaya dan ini bisa menurunkan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Sehingga untuk kamu yang sedang mengkonsumsi obat-obatan berkenaan dengan kadar gula darah maka sebaiknya untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi sayuran kol ini, pastikan selalu mengkonsumsinya sesuai dengan porsi yang pas dan baik.

Gangguan Pada Obat

Dimana sayuran kol atau kubis ini yang bisa berinteraksi buruk dengan obat pengencer darah hal ini karena mengandung vitamin K dengan jumlah yang cukup tinggi, sehingga jika mengkonsumsi sayuran kol secara berlebihan dan sedang menjalani pengobatan pengencer darah yang akan berdampak buruk untuk tubuh.

Dimana menurut University Of Maryland Medical Center menyatakan bahwa dalam diet normal dengan 2 cangkir kol yang memiliki 53 mikrogram vitamin K, sedangkan tubuh yang membutuhkan sekitar 90 mikrogram untuk perempuan dan juga 120 mikrogram untuk laki-laki.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat sayur kol dan bahayanya yang perlu kamu ketahui da perlu diwaspadai dengan bahayanya tentunya untuk mendapatkan manfaatnya dan menghindari bahayanya makan bisa dengan memakan sayuran kol dengan porsi seimbang, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.