Monday, 15 Apr 2024

13 Kebiasaan Yang Membuat Awet Muda

8 minutes reading
Wednesday, 28 Jun 2023 08:53 0 159 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Memiliki wajah yang awet muda tentu saja sebuah keinginan bagi setiap orang, terutama bagi perempuan. Di jaman yang sudah modern ini para pakar kecantikan sudah banyak sekali menciptakan teknologi-teknologi yang dapat membuat kita bisa awet muda secara instan.

Walau begitu kita juga harus memperhatikan kebiasaan yang membuat awet muda, dan menghindari kebiasaan yang membuat kita mengalami penuaan dini. Karena jika hanya merawat dari luar saja percuma jika tidak dirawat dari dalam juga.

Upaya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan telah menjadi perhatian utama bagi banyak orang, salah satu tujuan utamanya adalah ingin tampil awet muda. Meskipun proses penuaan adalah bagian alami dari kehidupan, tapi kita bisa mencegah hal itu dengan cara memperlambat proses penuaan dengan berbagai perawatan kecantikan.

Dengan melakukan kebiasaan yang membuat awet muda itu, adalah langkah kecil yang bisa kita lakukan setiap harinya dalam kehidupan. Namun sering kali kita lewatkan dan lupakan padahal hal-hal kecil seperti itu sangat berpengaruh bagi kita. Bukan hanya sehat untuk tubuh tapi juga sehat untuk kulit wajah kita dan bahkan bisa menghindari masalah penuaan.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu kita memperlambat proses penuaan, disini akan membahas kebiasaan yang membuat awet muda secara menyeluruh. Agar dapat membantu kalian yang ingin melakukan kegiatan sehari-hari yang bisa membuat kita awet muda. 

Kebiasaan Yang Membuat Awet Muda

13 Kebiasaan Yang Membuat Awet Muda

Kalian dapat melakukan hal berikut untuk membantu mengatasi pencegahan penuaan secara sehat, dan tentunya bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Selain untuk kulit, bagi kesehatan jasmani pun sangat membantu agar terhindar dari penyakit-penyakit yang membahayakan tubuh kamu. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang perlu kalian lakukan:

Makan Makanan Bergizi

Makanan yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsilah makanan seperti buah-buahan, sayuran hijau, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Hindari sebisa mungkin seringnya mengkonsumsi makanan yang berminyak seperti gorengan, cemilan asin, dan makanan cepat saji. Sering-seringlah memakan buah dan sayuran berupa wortel, daun pepaya, selada, sawi dan sayuran hijau lainnya.

Dan untuk buah-buahan kamu bisa mengkonsumsi jeruk, tomat, nanas, dan beri. Buah-buahan yang mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sekaligus mencegah penuaan.

Minum Air yang Cukup

Air adalah elemen penting dalam menjaga kelembapan kulit, minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga hidrasi kulit dan membantu dalam proses regenerasi sel. Air mineral juga dapat menjadi sumber partikel silika yang ramah di kulit. Partikel silika memicu produksinya kolagen di kulit yang bagus untuk kesehatan dan mengurangi kerutan, bintik hitam, dan kulit kusam.

Manfaat utama dari kita rutin meminum air mineral, adalah mampu menjaga kelembaban di kulit. Asupan air yang cukup untuk tubuh kita setiap hari nya, membantu memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit sekaligus meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit kita tampak lebih sehat, halus, dan kenyal.

Melindungi Kulit dari Paparan Matahari

Sinar Ultraviolet A (UVA) memberikan dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk kulit, yang menjadi kulit kita kering, kusam, penuaan dini, serta resiko kanker kulit, lho! Dan lagi sinar UV dapat menembus berbagai material seperti jendela dan tembok.

Hayo siapa yang tidak menggunakan sunscreen walau ada di dalam ruangan? Serem banget kan sinar UV dapat menembus ke dalam ruangan. Maka dari itu walaupun kalian sedang melakukan aktivitas di dalam ruangan jangan lewatkan untuk menggunakan sunscreen ya.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Gunakan sunscreen dengan SPF tinggi, kenakan topi, dan hindari paparan sinar matahari langsung pada jam-jam puncak seperti di siang hari.

Rutin Melakukan Olahraga

Pasti kalian sering kali malas untuk berolahraga kan? emangnya kalian tidak takut sakit di usia muda karena badan kamu yang tidak sering digerakkan, terasa kaku dan nyeri-nyeri pada otot. Padahal dengan berolahraga walau hanya 30 menit saja, dapat membantu kesehatan tubuh kamu.

Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan oksigen yang cukup ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memberikan kilau alami pada wajah. Membuat kita awet muda dengan rutin berolahraga mau itu di pagi hari atau sore hari, sangat bagus untuk mencegah penuaan.

Dan juga olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Karena dengan daya tahan tubuh kita yang bagus, otomatis imunitas dalam tubuh kita meningkat. Guna untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit dalam tubuh maupun kulit.

Istirahat Yang Cukup

Banyak sekali remaja-remaja dan orang tua sekarang yang melakukan kegiatan begadang, yang dimana mereka menjadi kurang beristirahat. Banyak waktu yang terbuang karena seringnya bermain gadget sampai lupa waktu, bahkan yang bekerja mati-matian dari pagi ke malam.

Hal itu yang membuat banyak orang melupakan betapa pentingnya tidur yang cukup dalam kehidupan. Dan sudah menjadi kebiasaan, bahkan hal yang wajar untuk melakukan kegiatan begadang sampai pagi.

Perlu kalian tahu, kurang tidur dapat mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata dan kulit yang kusam. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam agar tubuh dapat pulih dan memperbaiki sel-sel kulit.

Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok sudah hal yang biasa dilakukan oleh sebagian banyak orang, selain mengganggu kesehatan paru-paru, asap rokok juga dapat menyebabkan kulit kita kusam, dan kering. Sehingga kulit kita tidak terlihat fresh dan menua akibat rokok.

Hal itu dikarenakan kandungan Nikotin pada rokok yang dapat menyebabkan pembuluh darah di lapisan terluar kulit menyempit, sehingga merusak aliran darah ke kulit dan terjadilah permasalahan pada kulit kita.

Alkohol juga dapat menyebabkan pori-pori di kulit kita membesar, dan akan dengan mudah nya komedo di muka kita membanyak. Dan apabila kondisi ini terus menerus terjadi, dapat menyebabkan papula kulit yang meradang (benjolan seperti lesi) dan jerawat kistik.

Jadi jika kita ingin terhindar dari hal-hal diatas, hindarilah merokok dan konsumsi alkohol yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan mempercepat proses penuaan. Hindarilah kedua kebiasaan ini untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Jaga Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, ternyata mental juga berpengaruh, lho! Maka dari itu ayo kita kurang-kurangi stres berat apalagi sampai depresi, jangan menyiksa diri kita dengan hal itu. Apalagi ini juga berpengaruh pada kesehatan tubuh, terutama kulit kita juga.

Stres dan kecemasan dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau berolahraga. Jaga kesehatan mental kita dengan mengatur waktu untuk relaksasi dan bersantai agar kulit tubuh kita lebih rileks.

Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat melawan radikal bebas dan membantu memperlambat penuaan kulit. Minum teh hijau secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya, dan bisa juga dijadikan masker wajah untuk mencegah penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Kandungan vitamin C pada teh hijau juga bisa membantu meratakan warna kulit wajah, mencerahkan kulit, dan menjaga kesehatan kulit wajah. Rutin menggunakan masker teh hijau dapat memperkuat skin barrier karena selain vitamin C, teh hijau juga mengandung retinol dan vitamin A.

Perawatan Kulit yang Tepat

Perawatan kulit juga harus diperhatikan, produk apa yang kita pakai agar tidak salah dan malah memperburuk kondisi kulit kita. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kita. Bersihkan wajah dua kali sehari, gunakan pelembab, dan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setiap kali beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Tidak lupa dengan bantuan perawatan dokter kecantikan, agar dapat hasil yang memuaskan dan lebih terperinci dengan adanya bimbingan arahan dari dokter. Walau cukup mengeluarkan banyak pengeluaran, dengan melakukan hal itu akan membuat hasil yang kamu inginkan.

Hindari Penggunaan Makeup Berlebihan

Bermake up sudah menjadi rutinitas sehari-hari, agar bisa mempercantik diri dengan merias wajah kita sekian rupa. Tetapi penggunaan makeup yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan kerusakan kulit.

Gunakan makeup yang cocok dengan jenis kulit mu, dan gunakanlah secukupnya tidak berlebihan dan tidak sering-sering menggunakan nya. Selalu bersihkan dengan benar setelah pemakaian dengan melakukan double cleansing.

Konsumsi Suplemen yang Tepat

Selain dari luar kita juga harus menjaga nya dari dalam, ada beberapa suplemen seperti vitamin C, vitamin E, dan kolagen yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen agar mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Jaga Postur Tubuh

Menjaga postur tubuh juga ternyata mempengaruhi penampilan, memiliki postur tubuh yang baik dapat memberikan kesan awet muda, jaga postur tubuh kita dengan berdiri tegak, berjalan dengan sikap yang baik, dan melakukan latihan postur yang tepat. Kurang-kurangi membungkuk saat duduk, apalagi saat sedang bekerja seharian yang mengharuskan kita duduk terus menerus. Karena selain merusak penampilan, hal itu juga bisa menyebabkan tulang kita melengkung seperti lordosis.

Tetap Aktif secara Mental

Latih otak kita dengan tetap aktif secara mental. Lakukan teka-teki, baca buku, pelajari hal baru, atau ikuti kursus online. Aktivitas ini akan membantu menjaga kognisi dan daya pikir kita tetap tajam. Dengan melakukan hal itu membuat otak kita bekerja secara baik, dan tidak sering memikirkan hal-hal yang dapat membuat kita stres.

Dengan melakukan beberapa kebiasaan yang membuat awet muda di atas dalam kehidupan sehari-hari kita, dapat membantu memperlambat proses penuaan dan tampil awet muda. Ingatlah bahwa setiap perubahan memerlukan konsistensi dan waktu. Jadi, mulailah dengan kebiasaan kecil dan bertahap tingkatkan untuk menghasilkan perubahan positif dalam kesehatan dan penampilan kita. Good luck!