Thursday, 18 Jul 2024

Kegunaan Minyak Zaitun, Bisa Untuk Rambut dan Memasak

6 minutes reading
Friday, 6 Jan 2023 21:57 0 252 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Minyak Zaitun yang dikenal sebagai salah satu minyak dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga beragam kegunaannya, mungkin ada yang masih belum tahu dengan kegunaan minyak Zaitun maka untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Minyak Zaitun atau dikenal dengan olive oil ini yang merupakan salah satu minyak alami yang telah diekstraksi dari buah Zaitun, berdasarkan dengan melalui proses ekstraksi yang mengandung sejumlah kandungan asam oleat dalam minyak zaitun ini dan minyak zaitun ini yang terbagi ke dalam tiga jenis atau varian yaitu ada jenis extra virgin, virgin dan juga refund (light).

Dimana minyak zaitun ini yang mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, dimana dalam 15 ml atau setara dengan satu sendok makan minyak zaitun yang terdapat 120 kalori serta beragam kandungan nutrisis lainnya seperti 1,9 mg vitamin E, 8 mcg vitamin K, 0,3 mg natrium, 13,5 – 14 gram lemak, 0,1 mg kalsium dan 0,1 kalium.

Walaupun Minyak Zaitun ini yang mengandung banyak lemak tetapi untuk lemak yang terkandung dalam minyak ini merupakan lemak sehat yaitu seperti lemak tak jenuh tunggal, asam oleat, lemak tak jenuh ganda, omega3 dan juga omega 6, selain itu juga minyak zaitun yang mengandung antioksidan dan kolin yaitu polifenol dan juga flavonoid.

Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Rambut dan Memasak

Kegunaan Minyak Zaitun, Bisa Untuk Rambut dan Memasak

Dengan beragam kandungan nutrisi dan antioksidan didalam minyak zaitun ini sehingga terdapat banyak kegunaan dengan beragam manfaat untuk kesehatan dan bisa digunakan sebagai bahan masakan, bahan perawatan wajah, rambut dan yang lainnya.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Memasak

Untuk kamu yang ingin menggunakan minyak zaitun untuk memasak maka kamu perlu mengetahui cara yang tepat menggunakan minyak zaitun untuk memasak supaya kandungan gizi dalam minyaknya tidak rusak.

Adapun untuk cara yang tepat yaitu:

Menuangkan minyak zaitun secukupnya

Dimana untuk kamu yang akan menggunakan minyak zaitun untuk memasak maka sebaiknya untuk menuangkan minyak zaitun secukupnya untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun secara optimal, yaitu sekitar 1,5 sendok makan dan ini untuk satu porsi makanan untuk seorang dan dengan menggunakan minyak zaitun ini yang terbukti bisa membantu mengurangi penyakit jantung koroner, peradangan dan kadar kolesterol jahat.

Digunakan Untuk Tumisan

Minyak zaitun bisa digunakan untuk berbagai jenis metode masakan yaitu seperti menggoreng, dan menumis, dan untuk cara menggunakan minyak zaitun yang baik dan dianjurkan yaitu untuk masakan tumisan namun jika digunakan sebagai minyak goreng dengan jumlah banyak maka kandungan lemaknya yang akan meningkatkan jumlah asupan kalori harian.

Suhu Memasak Dalam Keadaan Sedang

Dalam memasak menggunakan minyak zaitun pastikan selalu dalam keadaan suhu yang tidak terlalu tinggi atau dalam keadaan sedang yaitu berada di bawah 180 derajat celcius, hal ini yang bertujuan agar zat gizi didalam minyak zaitun yang tetap terjaga dan manfaatnya bisa didapatkan.

Panaskan Minyak Kurang dari Satu Jam

Dimana tidak hanya temperatur saja ternyata waktu yang digunakan atau diperlukan dalam memanaskan minyak zaitun juga sangat berpengaruh, sehingga untuk merasakan manfaatnya kamu bisa dengan memanaskan minyak zaitun ini kurang dari satu jam.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Rambut

Untuk cara menggunakan minyak zaitun yang aman yaitu dengan mengaplikasikannya sebelum menggunakan shampo atau sebagai pre-wash treatment, dimana prewash ini yang akan membantu melindungi batang rambut dari kerusakan dan juga efek dari radikal bebas untuk caranya:

  • Terlebih dahulu melembabkan batang rambut menggunakan air.
  • Kemudian peras batang rambut sampai rambut menjadi setengah kering.
  • Lalu usapkan minyak zaitun secara perlahan dari bagian tengah hingga ujung rambut.
  • Lalu ikat rambut dan tutup dengan menggunakan shower cap.
  • Diamkan selama 20 hingga 30 menit sampai minyak zaitunnya meresap.
  • Untuk mendapatkan hasil  yang maksimal bisa digunakan sebagai overnight hair mask dan membiarkannya semalaman.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah

Minyak zaitun yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dan sudah banyak orang yang menggunakannya sebagai bahan kecantikan, adapun untuk cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah yaitu dengan mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah dan di pijat dengan lembut selama beberapa menit.

Manfaat Minyak Zaitun

Beragam manfaat dari mengkonsumsi atau menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Minyak zaitun yang mengandung antioksidan didalamnya memiliki peran untuk membantu mengurangi terjadinya risiko penyakit jantung dan jug mencegah penumpukan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, hal ini dikarenakan minyak zaitun yang tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol sehingga dengan begitu tidak menumpuk di pembuluh darah.

Mencegah Terjadinya Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat didalam minyak zaitun yang bisa membantu untuk menghambat dan juga mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker, dimana antioksidan yang merupakan zat yang berperan untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap harinya yang ternyata bisa bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga dengan begitu minyak zaitun ini yang dijadikan sebagai minyak yang memiliki  manfaat untuk membantu menurunkan terjadinya resiko diabetes.

Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat dari menggunakan minyak zaitun yaitu untuk membantu dalam mengontrol atau menstabilkan tekanan darah tetap normal, hal ini dikarenakan terdapat kandungan asam lemak sehat dan antioksidan yang akan membuat pembuluh menjadi lebih rileks dan juga membantu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat untuk penderita kolesterol tinggi, selain itu juga minyak zaitun yang akan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga dengan begitu baik untuk kesehatan jantung.

Meringankan Sembelit

Manfaat minyak zaitun yang selanjutnya yaitu untuk membantu meringankan dan mengatasi masalah sembelit hal ini dikarenakan minyak zaitun yang mengandung lemak didalamnya yang memiliki peran untuk menghaluskan bagian  yang terdapat didalam usus dan ini akan memudahkan kamu dalam buang air besar.

Menurunkan Berat Badan

Minyak zaitun yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal didalamnya memiliki peran membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, namun untuk mendapatkan manfaat ini kamu juga perlu dilengkapi dengan berolahraga secara rutin, menjaga pola makan yang sehat dan juga membatasi asupan kalori.

Kesehatan Mulut

Minyak zaitun yang memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, anti radang dan juga antibakteri yang memiliki peran penting untuk kesehatan gigi dan juga mulut, selain itu juga dengan melakukan berkumur menggunakan minyak zaitun yang bisa mengatasi bau mulut.

Kesehatan Otak

Kandungan antioksidan dan anti radang didalam minyak zaitun yang berperan untuk membantu mengurangi terjadinya resiko penyakit pada otak yaitu seperti demensia dan stroke, manfaat dari minyak zaitun yaitu untuk membantu menjaga kesehatan serta fungsi otak tetap baik.

Melembapkan Kulit

Manfaat yang terakhir yaitu bisa membantu melembabkan kulit wajah, tangan atau kaki yang kering, sehingga dengan begitu sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki kulit wajah yang lembab maka bisa dengan menggunakan minyak zaitun digunakan untuk perawatan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kegunaan minyak zaitun yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.