Monday, 17 Jun 2024

Kelemahan Tikus Curut Agar Mudah Membasminya

4 minutes reading
Monday, 28 Nov 2022 17:55 0 431 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dengan keberadaan tikus didalam rumah yang tentu menjadi salah satu hal yang menyebalkan, menjijikan, menakutkan dan tentunya sangat mengganggu keberadaannya, dengan mengetahui kelemahan tikus curut tentu saja hal ini sangat penting.

Dimana dengan adanya tikus yang dapat merusak barang-barang yang ada disekitar hal ini dikarenakan tikus yang memiliki gigi yang kuat untuk memakan apa saja yang dapat menghalangi tujuannya, apalagi untuk tikus curut ini yang memiliki badannya yang kecil sehingga dengan mudah untuk masuk ke dalam berbagai tempat.

Selain dapat merusak berbagai barang yang terdapat disekitar rumah tikus curut juga yang dapat menyebabkan penyakit, dimana untuk kotoran yang ditinggalkan oleh tikus tersebut yang berupa buku, tinja, air liur atau urine yang dimana jika tersentuh langsung oleh manusia yang bisa menyebabkan penyakit.

Dimana untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh tikus ini yaitu diantaranya asma, alergi, leptospirosis, penyakit PES, infeksi bakteri salmonella serta penyakit yang lainnya, dan tentunya semua penyakit tersebut sangat berbahaya sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk mengusir tikus yang ada di dalam rumah.

Untuk cara mengusir tikus didalam rumah sendiri kamu perlu mengetahui jenis tikusnya dan juga kelemahan tikus tersebut, nah jika tikus yang terdapat didalam rumah itu berjenis tikus curut maka untuk mengetahui kelemahannya kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Kelemahan Tikus Curut Yang Harus Kamu Ketahui

Kelemahan Tikus Curut Agar Mudah Membasminya

Tikus curut ini yang biasanya kebanyakan orang yang mengira jika curut merupakan tikus biasa karena memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dengan tikus, seperti dengan bulunya, moncongnya dan juga menyukai berbagai hal-hal yang mirip dengan tikus.

Namun perlu kamu ketahui sebenarnya untuk tikus curut ini yang berbeda ordo atau tingkatan dengan tikus, dimana jika untuk tikus yang termasuk dalam ordo rodentia berbeda dengan curut yang termasuk dengan ordo soricomorpha dengan habitatnya yang mirip dengan tikus sehingga dapat menjadi salah satu hewan vektor penyakit serupa dengan tikus sehingga dikenal dengan nama tikus curut.

Adapun untuk perbedaan antara tikus dan curut yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Kepala

Untuk tikus dan curut ini yang memiliki bagian kepala yang berbeda, dimana untuk tikus yang mempunyai kepala bentuknya lebih bulat sedangkan untuk curut bentuk kepalanya yang panjang dna cenderung lancip.

Makanan

Untuk tikus yang biasanya memakan tumbuhan dan juga sumber makanan yang lainnya yang terdapat di sekitar, sedangkan untuk curut yang lebih menyukai daging dan juga serangga.

Bau

Untuk curut jika dalam keadaan ancaman yang sangat membahayakan akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat, namun untuk tikus tidak mengeluarkan bau.

Pergerakan

Tikus yang dapat bergerak dengan gesit dan lincah terbalik dengan curut yang berlarinya lebih pelan dan hati-hati, dimana tikus yang biasanya akan menjelajah dari bagian atas ke bagian bawah sedangkan untuk curut yang hanya akan menjelajah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Untuk kelemahan yang dimiliki oleh tikus curut perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Bau yang Menyengat

Dimana untuk sistem indera penciuman yang dimiliki oleh tikus curut ini yang sangat sensitif dengan bau-bau yang menyengat, jika ada bau yang menyengat maka tikus curut ini yang akan segera untuk mencari tempat persembunyian yang lainnya dan untuk bau menyengat yang tidak disukai oleh tikus curut yaitu seperti cuka, kapur barus, bawang putih, bau durian dan juga yang lainnya.

Tidak Menyukai Aroma Cengkeh dan Mint

Kelemahan tikus curut yaitu tidak menyukai aroma cengkeh dan juga mint, dimana dengan aroma wangi mint dan juga cengkeh yang dapat membuat tikus curut ini menjadi tidak akan nyaman berlama-lama berada atau diam di suatu tempat.

Lingkungan Bising

Dengan lingkungan yang bising menjadi salah satu kelemahan tikus curut karena tikus curut ini pendengarannya yang tidak menyukai suasana yang bising, tentunya hal ini tikus curut yang tidak akan betah berada di tempat tersebut.

Tidak Menyukai Lingkungan yang Bersih dan Kering

Kelemahan tikus curut selanjutnya yaitu tidak menyukai lingkungan yang bersih dan kering, hal ini karena biasanya tikus curut yang dapat dengan mudah mengalami dehidrasi dan tikus curut ini yang lebih menyukai tempat yang dekat dengan adanya sumber air.

Mungkin hanya itu saja beberapa kelemahan yang terdapat pada tikus curut yang bisa kamu ketahui, sehingga dengan mengetahui kelemahannya kamu akan lebih mudah untuk mengusir tikus curut tersebut di dalam rumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.