Monday, 17 Jun 2024

Kenapa Anak Kucing Dimakan Kucing Jantan?

6 minutes reading
Tuesday, 3 Oct 2023 18:52 0 206 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Pernahkah kamu melihat induk kucing ataupun kucing jantan memakan anaknya? Kasus seperti sudah seringkali terjadi, membuat kita bertanya-tanya kenapa anak kucing dimakan kucing jantan? Padahal sebagai seorang bapak kucing harus bisa melindungi

Namun, mereka malah memakan anaknya dengan tega begitu saja. Sebenarnya apa alasan kucing jantan ini memakan anaknya, pasti semua itu ada alasannya tersendiri atau penyebab yang membuat sang bapak kucing tega sekali memakan anak-anaknya yang baru saja terlahir.

Bahkan, sang induk sendiri yang seringkali memakan anak mereka, entah apa yang sebenarnya terjadi. Tentu saja kejadian seperti itu membuat kita terkejut dan terheran-heran, masa sih tega melakukan itu pada anaknya? Kucing kan memiliki naluri alami untuk merawat anaknya.

Lalu kalau begitu kenapa anak kucing dimakan kucing jantan? Nah, disini akan memberikan beberapa penyebab atau alasannya mengapa kucing jantan tega memakan anaknya sendiri, secara menyeluruh agar kamu pahami. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Anak Kucing Dimakan Kucing Jantan?

Kenapa Anak Kucing Dimakan Kucing Jantan?

Kucing merupakan hewan karnivora pemakan daging sebagai sumber utama proteinnya. Namun, walaupun begitu kucing bukanlah hewan kanibal yang suka memakan sejenisnya untuk dijadikan makanan utamanya, mereka hanya memburu hewan pengerat seperti tikus.

Mungkin seringkali ada kejadian dimana kucing memakan kucing lainnya, seperti yang dilakukan induk kucing atau kucing jantan yang memakan anaknya. Hal itu menjadi sebuah kontroversi di kalangan para cat lovers dan meneliti apa yang menjadi penyebab utamanya.

Bahkan banyak beberapa peneliti yang ikut melakukan studi dalam meneliti kucing untuk memastikan apa yang menjadi alasan utamanya ketika sang induk ataupun kucing jantan memakan anaknya. Hal ini menimbulkan banyak perdebatan dan pendapat dari setiap orang.

Adapun fakta menarik mengenai kucing jantan calico yang sangat langka adanya, karena ada satu hal atau penyebab yang membuat jantan calico ini jarang sekali ditemukan. Salah satunya adalah karena kebanyakan anak kucing jantan calico saat mereka terlahir langsung dimakan.

Mereka di makan oleh sang induknya atau bahkan menyuruh kucing jantan untuk memakannya. Makanya kebanyakan kucing calico itu adalah betina, jarang sekali ada calico jantan. Lantas apa yang menjadi penyebab kucing jantan memakan anaknya? Nah, berikut ada beberapa penyebab atau alasannya, diantaranya adalah:

Anak Kucing Terlahir Sakit

Mungkin kalau di kehidupan nyata hal seperti ini bisa terbilang untuk kebaikan anaknya. Hanya saja hal itu tidak lazim dilakukan manusia, namun pada kucing malah sebaliknya. Mereka memilih untuk memakan anak-anaknya yang terlahir sakit atau terdapat kecacatan.

Terkadang sang induk langsung memakannya, tapi terkadang sang induknya membiarkannya begitu saja atau bahkan menyuruh sang kucing jantan untuk menggantikan memakan anaknya. Itulah mengapa ada kejadian dimana kucing tega memakan anaknya, karena terlahir sakit.

Selain itu kucing memiliki lebih dari 200 juta sensor bau pada bagian hidungnya dan itu membuat kucing mampu mendeteksi atau mengenali penyakit pada anaknya, kemungkinan anaknya tidak bisa bertahan hidup lama lalu kucing akan memakan anaknya begitu saja.

Menganggap Anaknya Sebuah Ancaman

Kucing jantan hidup dengan berkuasa di wilayahnya, karena kucing sendiri merupakan hewan yang sangat teritorial. Mereka hidup dengan menunjukan siapa yang paling kuat dan yang paling berkuasa dan sering berkelahi dengan kucing jantan lainnya sebagai saingan mereka.

Mereka akan memperlihatkan perilakunya yang semakin agresif ketika ada kucing lain yang memasuki wilayahnya, makanya kalau ada kehadiran kucing lain entah itu anak mereka ataupun kucing jantan lainnya, keberadaan mereka akan menjadi sebuah ancaman bagi kucing.

Sehingga kehadiran kucing lain yang memasuki wilayah kekuasaannya, si kucing jantan akan menyerang dan bahkan memakan anaknya karena tubuh mereka yang terlalu kecil mudah untuk di serang. Kucing jantan juga tidak akan pandang bulu jika sudah memasuki wilayahnya.

Kucing Jantan Sedang Mengalami Stress

Kucing yang sedang mengalami gangguan mental atau mentalnya sedang tidak stabil akibat stress dari faktor lingkungannya atau faktor pertikaian antara sesama kucing jantan, hal itu membuat mereka menjadi lebih agresif dan bisa melukai siapapun termasuk pada anaknya.

Jika ada anak kucing di dekatnya, bisa saja kucing jantan akan langsung menyerang dengan membabi buta. Makanya sering ada yang bilang kalau kucing sudah melahirkan, anaknya jauh dari sang ayah atau kucing jantan supaya tidak dimakan dan ternyata itu benar faktanya.

Karena kita sendiri tidak bisa tau kapan hal itu bisa terjadi kepada anak kucing kamu, dan kita juga tidak dapat mengenali seperti apa mood kucing jantan saat itu. Maka dari itu sebisa mungkin jauhkan anak kucing dari kucing jantan, dan jangan membuat kucing menjadi stress.

Gangguan Hormon

Ketika kucing jantan sedang mengalami agresi kawin, mereka akan memakan atau melukai anak kucing untuk menegaskan dominasi kawin dan menjadi lebih agresif. Hal itu bertujuan untuk membuat sang induk kucing bisa kembali birahi supaya bisa diajak kawin oleh pejantan.

Memang kebanyakan kucing jantan ini cukup agresif jika dalam keadaan-keadaan tertentu, tapi walaupun begitu mereka adalah hewan dan hanya mengikuti sesuai dengan insting atau naluri alami mereka. Jadi jangan heran kalau terjadi hal seperti itu, meskipun itu tindakan kejam.

Kucing Jantan Tidak Bisa Mengenali Anaknya

Ada fakta yang cukup mengejutkan tentang kucing jantan ini, melansir dari Better With Cats yang menjelaskan bahwa bapak kucing tidak dapat mengenali anaknya sendiri. Perilaku tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa tidak mengenalinya.

Faktor yang pertama dilihat dari ada perbedaan keturunan atau ada salah satu anak kucing kemungkinan memiliki ayah yang berbeda. Karena ada kemungkinan kucing betina mengandung beberapa anak dari hasil perkawinan yang berbeda-beda jantan nya saat kawin.

Faktor yang kedua dipengaruhi oleh kebiasaan kucing jantan yang tidak tinggal bersama dengan kucing betina yang sudah dikawinin. Makanya kucing jantan tidak bisa mengenali anak-anaknya dan hanya menganggap anaknya sebagai saingan lalu pergi atau di makan.

Anak Kucing Terlahir Mati

Anak kucing yang terlahir mati biasanya memang akan langsung di makan oleh induknya ataupun oleh ayah atau pejantannya. Hal ini dilakukan karena kucing ingin menghindari terjadinya penyakit untuk anak kucing lainnya, sebab bisa menyebarkan bakteri dan virus.

Makanya si kucing lebih baik memakannya untuk mencegah bangkainya membusuk dan menyebarkan penyakit berbahaya. Mungkin sang kucing juga bisa membuat keputusan di setiap tindakannya, seperti halnya yang sekarang dijelaskan bahwa tindakannya malah untuk melindungi anak kucing lainnya agar tidak terkena penyakit akibat bangkai anak kucing.

Itulah beberapa penyebab kenapa anak kucing dimakan kucing jantan, mungkin perlu untuk kamu ketahui supaya bisa menghindari hal tersebut terjadi kepada kucing kamu dan anaknya. Dengan begitu kamu dapat melakukan pencegahan terhadap anak-anak kucing agar selamat.

Jika kucing jantan menunjukan perilaku yang tidak biasa atau ada gangguan dari perilaku mereka, segera untuk membawa kucing ke dokter hewan agar bisa diperiksa lebih lanjut lagi untuk mengetahui apa pemicunya dengan berkonsultasi. Good Luck semoga membantu.