Thursday, 18 Jul 2024

Kenapa Kucing Jantan Tidak Mau Kawin?

7 minutes reading
Thursday, 31 Aug 2023 21:55 0 205 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Kenapa kucing jantan tidak mau kawin? Apa penyebab dan alasan kucing jantan tiba-tiba tidak mau kawin? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait penyebab dan alasan kenapa si jantan tidak mau kawin.

Kucing biasanya akan rutin mengalami masa birahi setiap tahunnya sebanyak beberapa kali. Ketika pada masa itu, kucing jantan maupun betina pasti ingin segera untuk menyalurkan birahinya dan pada akhirnya mereka kawin dengan lawan jenis untuk melampiaskannya.

Normalnya kucing yang sedang birahi memang akan seperti itu, namun bagaimana jika ada kucing jantan yang tidak mau kawin saat birahi? Pasti ada masalah yang cukup serius, karena pastinya atau penyebab atau alasan tertentu sampai-sampai kucing jantan tidak mau kawin.

Lalu kalau begitu kira-kira kenapa kucing jantan tidak mau kawin? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang alasan atau penyebab kenapa kucing jantan tidak mau kawin sama sekali dengan jelas. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Kucing Jantan Tidak Mau Kawin?

Kenapa Kucing Jantan Tidak Mau Kawin?

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai ciri-ciri kucing jantan birahi dan berapa lama masa estrusnya berakhir. Penting untuk kamu kenali hal tersebut, agar dapat mengetahui seputar kucing jantan birahi dengan lebih jelas dan detail.

Birahi yang terjadi pada kucing, baik jantan maupun betina sudah merupakan siklus yang terjadi setiap bulannya. Hal itu juga sudah menjadi sebuah kebutuhan biologis mereka untuk melakukan perkawinan dengan lawan jenisnya, guna untuk menghasilkan keturunan.

Kucing jantan biasanya akan mengalami fase estrus atau masa panasnya yang dikenal dengan masa birahi. Masa birahi pada kucing jantan berlangsung selama kurang lebih 1-2 minggu dan akan segera berakhir seketika saat mereka mulai atau sudah kawin dengan kucing betina.

Kalau untuk kucing jantan yang tidak segera dikawin-kawinkan biasanya masa estrus mereka akan berakhir selama lebih dari 2 minggu atau lebih lama dari masa estrus normalnya. Nah, untuk ciri-ciri kucing jantan yang sedang birahi, bisa kamu perhatikan di bawah ini:

  • Bulu kucing mengalami kerontokan
  • Perubahan perilaku yang semakin agresif
  • Sering berguling-guling di lantai
  • Mengeong-ngeong dengan kencang atau keras
  • Pipis sembarangan atau spraying
  • Sering keluar rumah untuk mencari kucing betina

Jika kucing jantan kamu menunjukan ciri-ciri seperti itu, sudah dipastikan mereka sedang birahi dan ingin segera dikawinkan. Tapi, bagaimana dengan kucing jantan yang tidak mau kawin walaupun sudah mengalami masa birahi? Berikut ada beberapa penyebabnya, yaitu:

Mengalami Masalah Kesehatan

Kucing jantan yang sedang mengalami masalah kesehatan atau sedang sakit dan tubuhnya sedang tidak fit, mereka akan enggan untuk melakukan perkawinan atau kawin sekalipun saat mereka sedang birahi. Karena si kucing merasa tidak cukup mampu untuk melakukan kawin.

Adapun masalah kesehatan tertentu yang membuat si kucing jantan tidak bisa kawin dan memiliki gangguan dalam sistem reproduksinya sehingga memilih untuk tidak kawin, karena takut menularkan penyakitnya kepada sang betina nantinya saat melakukan perkawinan.

Berikut beberapa penyakit yang membuat kucing jantan tidak mau kawin, diantaranya:

  1. Infeksi testis yang dialami kucing jantan bisa menyebabkan kerusakan pada produksi spermanya, sehingga kucing jantan tidak bisa kawin.
  2. Masalah Prostat menyebabkan adanya mutasi genetik dari sel-sel di dalam kelenjar prostat yang kemungkinan kucing jantan mengalami gangguan dalam sistem reproduksinya.
  3. Kanker testikular bisa merusak sistem reproduksi si kucing jantan sehingga tidak bisa kawin.

Jika kucing jantan kamu mengalami hal di atas, segera untuk cek ke dokter agar dapat diatasi dan ditangani langsung oleh ahlinya supaya si kucing bisa sembuh serta dapat kawin lagi seperti kucing normal lainnya.

Adanya Kelainan Genetik

Kucing jantan yang mengalami kelainan genetik bisa menjadi salah satu penyebab kenapa mereka tidak mau kawin. Sehingga kucing yang memiliki masalah genetik tertentu menjadi tidak ingin untuk kawin atau tidak ada ketertarikan untuk kawin dengan kucing betina.

Berikut ada salah satu contoh kelainan genetik pada kucing jantan yang tidak mau kawin, yaitu:

  1. Kromosom Abnormal terjadi apabila kucing jantan memiliki kromosom sebanyak kurang atau bahkan lebih. Normalnya kucing jantan memiliki 18 pasang kromosom autosom dan sepasang kromosom sex (XY) jika kucing mengalami kelainan pada kromosom sex, bisa jadi alasan kucing tidak bisa kawin karena hal itu.

Faktor Umur

Kucing jantan yang sudah cukup tua sekitar kurang lebih 10-15 tahun, mereka sebenarnya masih bisa kawin. Hanya saja banyak kucing yang sudah tua lebih memilih berhenti atau tidak mau kawin, karena sudah tidak kuat untuk melakukannya dan rentan mengalami sakit.

Begitupun dengan kucing jantan yang masih terlalu muda, mereka tidak akan ada kepikiran untuk mulai kawin. Biasanya kucing jantan akan mulai merasakan birahi pada usia 10-12 bulan, jika kurang dari itu kucing jantan tentunya belum ada kemauan untuk melakukan kawin.

Faktor Lingkungan

Ketika sudah memasuki masa birahi, biasanya kucing jantan akan segera mulai untuk mencari pasangannya untuk diajak kawin. Namun, ada suatu alasan yang membuat kucing jantan jadi tidak mau kawin, yaitu faktor lingkungan yang tidak mendukung untuk melakukan kawin.

Suhu atau cuaca yang terlalu ekstrem atau sedang panas-panasnya membuat kebanyakan kucing untuk mengurungkan niatnya buat kawin. Karena pastinya akan merasa tidak nyaman selama proses kawinnya nanti jika dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung sama sekali.

Begitupun dengan lingkungan yang terlalu lembab membuat kucing enggan untuk kawin, karena merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya yang terasa lembab. Selain itu lingkungan lembab juga rentan terkena bakteri jamur jika lama-lama diam di tempat lembab.

Faktor Karakteristik

Kucing jantan yang memiliki karakter pemalu akan sulit sekali untuk melakukan perkawinan. Kucing jantan akan merasa segan ketika ingin mendekati sang betina dan bahkan mereka ada juga yang tidak mau didekati kucing betina untuk diajak kawin karena saking malunya.

Istilah malu-malu kucing ternyata memang ada ya… Makanya kucing jantan yang pemalu ini sering kabur-kaburan jika didekati, padahal dia juga ingin melampiaskan birahinya. Namun, apa daya jika si kucing sendiri merasa malu untuk menghampiri sang betina untuk kawin.

Kucing jantan Sedang Stres

Selain masalah kesehatan fisik, kucing yang mengalami kesehatan mental juga mereka enggan untuk ingin kawin. Jika kucing jantan kamu mengalami stress berat, mereka tidak bisa mengontrol pikiran serta emosionalnya. Sehingga naluri untuk kawin tidak terpikirkan.

Karena akibat stress yang menghambat atau merusak naluri alamiah nya untuk kawin akan terganggu. Sehingga si kucing enggan untuk kawin, malah jangankan untuk kawin kucing jantan akan lebih jadi pemurung dan penyendiri akibat stress yang dialaminya.

Adanya Masalah Hormon

Kucing jantan yang normal, tentu saja hormon dalam masalah birahinya akan berjalan seperti biasanya. Namun, jika kucing jantan mengalami masalah hormon, pastinya akan menghambat hormon yang membuat si kucing merasa birahi dan ingin kawin ini menjadi terganggu.

Sehingga kucing jantan tidak ingin atau tidak ada kemauan untuk melakukan perkawinan dan bahkan tidak tertarik sama sekali. Berikut ada beberapa masalah hormon yang menyangkut dengan hormon seksualnya, yaitu:

  1. Hipogonadisme merupakan gangguan pada kelenjar seks sehingga menyebabkan kelenjar seks di tubuh si kucing jantan hanya bisa diproduksi sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali menghasilkan hormon, jadi kucing tidak ada keinginan untuk kawin.
  2. Hyperthyroidism merupakan kondisi yang cukup umum terjadi pada kucing yang disebabkan oleh produksi hormon tiroid yang berlebihan dari kelenjar tiroid pada kucing.
  3. Diabetes mellitus merupakan gangguan klinis metabolisme karbohidrat akibat kekurangan insulin relatif atau absolut pada kucing dengan menunjukan peningkatan kadar glukosa yang terus menerus dalam darah dan urine si kucing

Itulah beberapa alasan atau penyebab kenapa kucing jantan tidak mau kawin yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kucing jantan kamu mengalami hal yang sama juga. Sehingga bisa kamu atasi segera dan memastikan langsung kesehatan si kucing jantan.

Jika kucing jantan mengalami masalah yang serius sampai tidak mau kawin dalam jangka yang cukup lama. Segeralah untuk membawanya ke dokter hewan untuk dicek serta ditangani oleh dokter agar si kucing bisa sembuh kembali dan bisa kawin. Good Luck semoga membantu.