Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengawinkan Kucing Persia

6 minutes reading
Thursday, 31 Aug 2023 21:56 0 195 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengawinkan kucing persia? Agar bisa mengetahui tata cara untuk mengawinkan kucing persia. kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara-cara untuk mengawinkan kucing persia.

Buat kamu yang punya kucing ras persia di rumah dan baru pertama kali mengadopsi kucing dengan jenis ras ini, pasti masih sangat awam untuk merawatnya bagaimana, makanan yang disukainya apa, dan buat kamu yang pengen ngawinin kucing persia juga gak tau gimana caranya.

Memang kucing pada umumnya ketika mereka sedang dalam masa birahi, pastinya akan langsung mencari pasangan untuk diajak kawin mengikuti insting mereka. Tapi, bagaimana untuk kucing rumahan ras persia ini? Pastinya memerlukan bantuan dari sang pemilik juga.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengawinkan kucing persia? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengawinkan kucing persia dengan baik dan benar, bisa kamu praktekkan langsung sendiri. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengawinkan Kucing Persia

Cara Mengawinkan Kucing Persia

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai ras kucing persia dan seperti apa cirinya. Penting sekali untuk kamu kenali tentang hal itu, agar bisa kamu pahami dengan baik jenis ras kucing persia apalagi buat kamu yang memelihara kucing persia.

Kucing persia merupakan ras kucing domestik berbulu panjang dengan bentuk wajah yang bulat serta moncong yang lebih pendek atau terlihat seperti kucing pesek. Kucing persia ini sudah ada sejak lama di Iran dan semenjak nama negara tersebut masih bernama Persia.

Di Indonesia sendiri kucing dengan ras seperti ini sangat digemari banyak orang dan dipelihara sebagai hewan peliharaannya di rumah. Menariknya kucing persia ini, mereka cukup ramah dan mudah berbaur dengan manusia, sehingga banyak yang menyukai kucing persia.

Selain itu kucing persia ini memiliki banyak keturunan hasil dari perkawinan silang dengan berbagai ras kucing lainnya serta penghasil banyak ras kucing baru dengan campuran ras kucing persia. Kebanyakan kucing campuran persia ini cukup langka-langka di pasaran.

Cocok nih, buat kamu yang pengen banget ngelakuin perkawinan silang antara kucing persia dengan kucing lainnya di rumah. Bisa jadi ladang cuan yang cukup menggiurkan pastinya. Nah, kalo kamu belum tau cara mengawinkan kucing persia, bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Pastikan Kondisinya Sedang Fit

Sebelum kamu ingin mengawinkan kucing persia, langkah pertama adalah memastikan kondisi tubuhnya sedang dalam keadaan sehat dan fit. Penting sekali sebelum menjalani perkawinan untuk di cek dulu kondisinya, tentunya biar si kucing tidak mengalami kegagalan dalam kawin.

Hal ini juga dilakukan agar si kucing bisa melakukan perkawinan dengan baik dan kuat selama masa kawinnya sampai akhirnya kucing kamu hamil. Karena mereka harus melalui berbagai proses yang cukup panjang dan memerlukan energi yang banyak serta harus dalam kondisi fit.

Kucing Persia Sudah Cukup Usia

Selain itu hal yang paling penting untuk kamu ketahui adalah usia yang sudah cukup bisa dikawinkan. Jadi kamu harus tau dulu nih, kucing persia kamu sudah terhitung cukup umur atau belum untuk melakukan perkawinan. Nantinya biar kamu gak sembarangan kawinin kucing yang masih terbilang cukup muda atau malah kucing yang terlalu tua atau lansia.

Kucing persia jantan biasanya bisa dikawinkan mulai dari umur atau usia 10-12 bulan, sedangkan kucing persia betina bisa dikawinkan mulai dari usia 6 bulan. Nah, jangan salah lagi buat memperhitungkan umur legal kawinnya ya, dan juga jangan mengawinkan dengan jarak umur yang sama. Karena kucing betina dan kucing jantan persia usia legal kawinnya berbeda.

Kenali Siklus Birahinya

Selanjutnya adalah dengan mengetahui terlebih dahulu bagaimana siklus birahi mereka dan seperti apa ciri-cirinya setiap fase tersebut. Jadi gk asal memaksa kucing untuk kawin sebelum waktunya atau belum saatnya mereka untuk kawin, karena semua juga pasti ada proses atau pemancingnya terlebih dahulu agar mau kawin.

Nah, berikut ada beberapa fase kucing birahi pada umumnya, yaitu:

  1. Proestrus merupakan fase yang dimana mereka belum ada ketertarikan satu sama lain. Biasanya dalam fase ini kucing jantan akan mendekati si betina terlebih dahulu dan lebih banyak tingkah, namun kucing betina dalam fase ini akan cuek-cuek saja pada pejantan.
  2. Estrus atau birahi merupakan fase dimana si kucing akan memuncak birahinya dan berlangsung selama 7 hari atau bahkan lebih.
  3. Interestrus merupakan fase yang terjadi dimana si kucing belum berovulasi dan berlangsung selama 13-18 hari sampai proestrus dimulai lagi atau kucing betina belum dikawin-kawinkan. Jika kucing betina belum dikawinkan maka fase ini akan berlangsung selama 2-3 minggu dan kucing jantan akan berlangsung selama 1-2 minggu.
  4. Diestrus merupakan fase dimana kucing betina dan jantan sudah mulai berovulasi atau dikawinkan serta berlangsung selama 30-40 hari. Selain itu fase ini juga merupakan fase akhir dari siklus birahi kucing.

Nah, jika kucing persia kamu sudah memasuki masa estrus atau birahi, barulah kamu mulai melakukan perkawinan dengan kucing lain yang sudah siap kawin. Selain itu biasanya siklus birahi kucing akan terjadi sebulan sekali adapun terjadi sampai 2-3 bulan sekali.

Akrabkan Dengan Kucing Lawan Jenis

Pastinya sebelum kamu mulai mengawinkan kucing persia, harus mengakrabkan dulu dengan kucing lainnya dari jauh-jauh hari. Kamu bisa mengadopsi kucing persia dengan sepasang kekasih agar lebih mudah untuk keduanya cepat akrab dan bisa beradaptasi dengan satu sama lain. Jadi ketika mereka sudah merasa nyaman satu sama lain lebih mempermudah kawin.

Atau kalau kamu berniat melakukan perkawinan silang, bisa adopsi ras kucing lainnya dan biarkan mereka akrab dulu. Hal ini untuk menciptakan chemistry atau ikatan kuat yang menghubungkan satu sama lain, sehingga hubungan keduanya akan terasa dekat. Lalu setelah itu pisahkan mereka dalam beberapa waktu agar menjadi kangen satu sama lain.

Jadwal Waktu Untuk Mengawinkan Kucing Persia

Kalau kucing persia dan kucing lawan jenisnya sudah dipisahkan setelah sekian lama mereka akhirnya akrab, hal itu akan membuatnya rindu satu sama lain dan ketika memasuki masa birahinya segera untuk menjadwalkan waktu untuk mengawinkan mereka.

Supaya nantinya saat birahinya sedang memuncak lalu pas ketemu akan menjadi makin lengket. Pastikan juga keduanya sedang memasuki masa birahi, baik betina maupun jantan nya. Agar proses kawinnya lebih cepat dan berjalan dengan lancar.

Biarkan Kucing Bersama Dalam Satu Ruangan

Nah, setelah melalui masa-masa dipisahkan dan keduanya mulai memasuki masa birahi, baru deh kamu menyatukan mereka di satu ruangan khusus atau kandang. Biarkan mereka melapas rindunya satu sama lain dan saat itu juga mereka akan mulai melakukan perkawinan.

Biarkan dalam beberapa hari sampai mereka melakukan kawin beberapa kali dalam sehari, agar lebih cepat untuk proses pembuahannya sampai si kucing persia betina ini dibuahi. Biasanya agar cepat hamil, melakukan perkawinannya sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Pastikan Kucing Berhasil Kawin

Jika kucing kamu sudah cukup melalui proses perkawinan selama beberapa hari, pastikan untuk mengeceknya apakah si kucing berhasil kawin atau tidak dengan melihat beberapa ciri perubahan yang terjadi pada kucing yang berhasil kawin. Berikut ciri-cirinya:

  • Kucing Akan Menjadi Lebih Tenang
  • Siklus Birahi Kucing Akan Berakhir
  • Nafsu Makan Meningkat
  • Lebih Rileks dan Banyak Tidur
  • Sensitif Terhadap Kehadiran Kucing Lain
  • Terjadi Pembuahan
  • Adanya Perubahan Kelenjar Susu dan Bulunya Rontok
  • Perut Mulai Membesar
  • Sering Muntah di Pagi Hari

Itulah beberapa cara mengawinkan kucing persia yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar bisa mengawinkan kucing persia kamu dengan baik dan benar di rumah. Kamu juga bisa melakukan perkawinan silang dengan dua jenis ras kucing yang berbeda, biar lebih menarik.

Pastikan kamu tidak memaksa si kucing persia jika mereka merasa tidak cocok atau tidak mau kawin dengan pejantan pilihan kamu. Penting untuk melakukan tahap pengenalan terlebih dahulu dengan kedua kucing agar bisa akrab dan beradaptasi. Good Luck semoga membantu.