Wednesday, 17 Jul 2024

10 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan

6 minutes reading
Sunday, 20 Nov 2022 05:18 0 359 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah mengenal dengan salah satu buah yang memiliki kulit yang halus dengan bentuk yang lonjong yaitu Terong Belanda, dimana buah ini yang sangat menyegarkan dan bahkan dengan mengkonsumsi Terong Belanda yang terdapat sejumlah manfaatnya untuk kesehatan.

Buah Terong Belanda yang mempunyai ukuran yang sedang dengan mempunyai sifat anti inflamasi, antioksidan, anti jamur, anti virus, anti bakteri di dalamnya sehingga sangat baik untuk tubuh, karena Terong Belanda yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat jika digunakan di dalam industri makanan atau farmasi.

Lalu apa saja khasiat dari mengkonsumsi Terong Belanda untuk kesehatan?, penasaran bukan. untuk itu simak apa saja manfaatnya dibawah ini.

Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan

10 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan

Terong Belanda yang biasa disebut dengan buah Tamarillo dengan mempunyai nama ilmiahnya yaitu Solanum Betaceum, dimana buah Terong Belanda ini yang memiliki rasa yang asam dan manis sehingga menyegarkan dan berasal dari negara Kolombia.

Terong Belanda dengan  memiliki warna oranye yang kemerahan dengan ukuran yang seperti telur bebek dan kulitnya yang tipis dan licin, disebut dengan buah Terong Belanda ini karena yang pertama kali dikembangbiakan di Bogor Jawa Barat pada tahun 1941 oleh orang Belanda.

Dalam 100 gram buah Terong Belanda yang mempunyai kalori energi sebanyak 31 dan lemaknya sebesar 0, 36 gram, adapun untuk khasiat dari mengkonsumsi buah Terong Belanda yang perlu kamu ketahui nya yaitu sebagai berikut.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Buah Terong Belanda yang dipercaya dapat mengatasi penyakit diabetes hal ini karena buah Terong Belanda yang mempunyai indeks glikemik yang sangat rendah, sehingga dengan kandungan tersebut yang mampu menjaga kadar gula di dalam darah serta bermanfaat untuk kamu yang menderita penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu juga di dalam buah Terong Belanda yang memiliki antioksidan yang mampu membantu untuk mengurangi stres oksidatif, dan juga terdapat kandungan asam klorogenat yang mampu membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin serta membantu mengatasi atau membatasi timbulnya risiko penyakit diabetes.

Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Terong Belanda yang kaya akan antioksidan di dalamnya dan juga sejumlah kandungan kalian didalamnya yang dapat memulihkan hati dan juga mencegah dua jenis kanker yaitu kanker hati dan kanker payudara, untuk sifat antioksidan yang dapat bekerja dalam mengurangi oksidasi pada organ di hati dan kesehatan pada hati.

Dengan senyawa vitamin C dan juga mineral yang terdapat di dalam buah Terong Belanda juga yang dapat bekerja dengan mencegah serangan kanker yang lainnya, dan dengan mengkonsumsi Terong Belanda yang bisa mencegah pertumbuhan tumor tidak biasa.

Mencegah Penuaan

Vitamin C yang terdapat di dalam buah Terong Belanda ini yang dipercaya mampu untuk mencegah terjadinya penuaan dan vitamin C ini yang dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan salah satunya mencerahkan kulit dan juga mengurangi garis halus atau mungkin kerutan pada kulit.

Menurunkan Berat Badan

Ternyata dengan mengkonsumsi Terong Belanda yang akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin diet, dimana Terong Belanda yang mempunyai kandungan kalori yang rendah dan seratnya tinggi.

Dimana dengan mengkonsumsi buah Terong Belanda ini yang menjadi salah satu langkah untuk pencegahan kelebihan berat badan atau obesitas, dan kamu bisa mengkonsumsi Terong Beruang ini sebagai cemilan karena memiliki rasa yang manis dan asam sehingga menyegarkan.

Menjaga Kesehatan Pada Ibu Hamil

Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi Terong Belanda yang dapat menambahkan vitamin, serat, mineral dan bersifat antioksidan dan juga antitoksin ke dalam tubuh untuk menjaga kesehatan ibu hamil, hal ini dikarenakan buah Terong Belanda yang sebagian besar senyawa esensial yang terdapat di dalamnya yang dibutuhkan untuk setiap trimester kehamilan.

Mencegah Anemia

Dengan mengkonsumsi buah Terong Belanda yang mampu membantu untuk mencegah terjadinya anemia apalagi untuk ibu hamil yang biasanya sangat rentan akan mengalami kondisi anemia, hal ini karena Terong Belanda yang memiliki kandungan senyawa yaitu vitamin A, B6, C dan E yang dapat memulihkan anemia.

Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Buah Terong Belanda yang memiliki kandungan potasium dan juga mineral di dalamnya yang mampu membantu dalam menurunkan dan juga mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, dengan karotenoid yang ada di dalam buah Terong beruang juga yang dapat menurunkan penyakit jantung koroner.

Dapat Meningkatkan Proses Metabolisme

Khasiat dari mengkonsumsi buah Terong Belanda yang dapat meningkatkan proses metabolisme, dengan proses metabolisme yang baik yang bisa meningkatkan pada kesehatan tubuh yang secara keseluruhannya, dengan adanya kandungan vitamin B6 di dalam buah Terong Belanda yang akan membantu produksi energi dan vitamin ini juga yang berkontribusi dalam meningkatkan metabolisme hemoglobin di dalam tubuh sehingga dapat memudahkan dalam pengangkutan darah.

Meningkatkan Kesehatan Pada Jantung

Dimana dengan mengkonsumsi buah Terong Belanda yang didalamnya terdapat kandungan kalian yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pada jantung, dengan serat larut, antosianin, karotenoid, protein dan pati yang dapat membantu mengurangi risiko kardiovaskular.

Selain itu juga dengan kandungan magnesium yang terdapat di dalam buah Terong Belanda ini yang akan membantu dalam mengatur fungsi pada sistem kardiovaskular, serta dengan kandungan serat di dalamnya yang efektif untuk mengobati kolesterol jahat didalam tubuh.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Khasiat Terong Belanda selanjutnya yaitu dapat meningkatkan fungsi kognitif hal ini karena buah Terong Belanda yang memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu melindungi sel-sel otak sehingga dapat meningkatkan fungsi saraf otak yang sehat.

Menjaga Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi buah Terong Belanda yang akan membantu dalam menjaga sistem pencernaan tetap sehat hal ini karena buah ini yang mempunyai kandungan serat yang tinggi yang mampu membantu dalam penyerapan nutrisi yang tepat dan juga meredakan sembelit, ini yang akan membantu dalam mendorong pertumbuhan bakteri yang baik serta dapat mendorong pencernaan dan juga pergerakan  usus lebih baik.

Dapat Meningkatkan Kualitas Kulit

Buah Terong Belanda yang memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kulit, selain itu juga flavonoid, fenol dan antosianin yang akan bertindak sebagai perisai pelindung pada polutan eksternal, hal ini juga yang mampu melindungi kulit dari stres oksidatif yang bisa menyebabkan noda hitam, jerawat, keriput dan juga komedo.

Dapat Mengobati Tonsilitis Tenggorokan

Khasiat terakhir dari mengkonsumsi Terong Belanda yaitu dapat mengobati  tonsilitis tenggorokan dan ini yang merupakan jenis kelainan pada kelenjar getah bening, kondisi ini yang terdapat peradangan pada dua amandel pada bagian belakang tenggorokan dan Terong Belanda yang mengandung sifat-sifat seperti anti inflamasi, antivirus dan antibakteri yang dapat mengatasi amandel tenggorokan bengkak dan gejala tonsilitis lainnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa khasiat Terong Belanda yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.