Wednesday, 17 Jul 2024

10 Makanan Agar Rambut Tidak Rontok

5 minutes reading
Tuesday, 7 Feb 2023 19:09 0 359 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Masalah pada rambut yang kerap dialami oleh kebanyakan orang yaitu rontok dan tentunya masalah ini sangat mengganggu, namun jangan khawatir kamu bisa dengan mengkonsumsi makanan agar rambut tidak rontok dan membantu rambut menjadi sehat dan tebal.

Rambut rontok yang tentunya terdapat banyak faktor penyebabnya yang dimulai dari perawatan rambut salah atau bahkan stres, jika kamu mengalami masalah rambut yang rontok namun penyebabnya bukan dikarenakan salah perawatan kurang maksimal namun bisa juga karena kekurangan nutrisi.

Tentu saja pola makan juga yang akan mempengaruhi kesehatan rambut, sehingga dengan menjaga pola makan yang sehat dengan mengandung berbagai nutrisi di dalamnya yang akan membantu untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Untuk kamu yang ingin tahu apa saja makanan agar rambut tidak rontok dan rambut tetap sehat yang bisa kamu konsumsi, maka untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah.

Makanan Agar Rambut Tidak Rontok

10 Makanan Agar Rambut Tidak Rontok

Memiliki rambut yang sehat, tebal dan juga  terbebas dari berbagai masalah pada rambut seperti kerontokan menjadi salah satu hal yang diinginkan kebanyakan orang dan mungkin kamu salah satunya, untuk memiliki rambut sehat salah satunya dengan melakukan perawatan yang tepat.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat yang bisa membuat akar rambut menjadi kuat, sehingga dengan begitu rambut kamu akan menjadi lebih terjaga dan juga terlindungi dari berbagai masalah kerontokan rambut.

Terdapat beberapa makanan yang mengandung kandungan didalamnya yang bisa membantu untuk mengatasi masalah pada rambut rontok, mungkin hal ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya sehingga dengan begitu berikut beberapa makanan agar rambut tidak rontok yaitu sebagai berikut.

Sayur Bayam

Makanan agar rambut tidak rontok yaitu ada sayur bayam, kandungan nutrisi dalam sayuran bayam seperti vitamin A, vitamin C, folat dan juga zat besi yang memiliki peran untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mencegah rambut rontok.

Dimana vitamin A di dalam sayuran bayam yang akan membantu kelenjar kulit untuk menghasilkan sebum yaitu zat berminyak yang akan melembabkan kulit kepala, dengan mengkonsumsi bayam secara rutin yang akan membuat peredaran darah ke akar rambut menjadi lebih maksimal sehingga dengan begitu bisa mencegah rambut mengalami kerontokan.

Ikan Berlemak

Dengan mengkonsumsi ikan berlemak seperti mackerel, salmon dan juga herring yang mengandung nutrisi didalamnya yang berfungsi untuk menyuburkan rambut, ikan berlemak menjadi salah satu makanan agar rambut tidak rontok yang bisa kamu coba konsumsi.

Dimana ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan herring yang merupakan sumber asam lemak omega-3 didalamnya, asam lemak omega-3 ini yang tentu saja sangat baik untuk tubuh dan dikaitkan dengan pertumbuhan untuk rambut.

Udang

Udang yang termasuk kedalam makanan seafood yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang berpotensi untuk membantu mengatasi masalah rambut yang rontok, hal ini dikarenakan udang sumber protein, vitamin B, vitamin D, zat besi, dan juga seng yang baik untuk kesehatan pada rambut.

Tiram

Selain udang kamu juga yang suka makan seafood maka bisa mengkonsumsi tiram karena sumber makanan seng yang baik untuk membantu mendukung pertumbuhan pada rambut, dimana tiram ini yang merupakan salah satu seafood yang bisa membantu untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Alpukat

Buah Alpukat yang merupakan sumber vitamin E sangat baik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, selain itu juga buah Alpukat yang bergizi dan juga sumber lemak sehat sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok

Telur

Telur ternyata bermanfaat untuk membantu rambut menjadi kuat dan sehat dan bahkan mencegah terjadinya masalah pada rambut seperti rontok, hal ini yang berasal dari sumber protein dan juga biotin yang baik akan membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cobalah untuk mengkonsumsi telur atau makan yang kaya akan kandungan protein di dalamnya yang memiliki manfaat untuk membantu menyuburkan rambut, karena pasalnya pada sebagian besar folikel pada rambut yang terbuat dari protein.

Daging

Daging ternyata bisa membantu untuk mengatasi masalah rambut rontok, hal ini karena daging yang kaya akan berbagai nutrisi didalamnya seperti protein yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan rambut dan juga untuk memperbaiki kerusakan pada folikel rambut.

Paprika

Paprika menjadi salah satu jenis makanan agar rambut tidak rontok, hal ini dikarenakan Paprika merupakan sumber vitamin C di dalamnya yang sangat baik untuk tubuh terutama untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok.

Dalam satu buah Paprika kuning yang menyediakan vitamin C hampir 5,5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan buah Jeruk, dengan adanya vitamin C ini yang akan membantu dalam meningkatkan produksi kolagen untuk memperkuat rambut agar tidak mudah patah.

Ubi Jalar

Makanan agar rambut tidak rontok yaitu dengan mengkonsumsi ubi jalar yang akan membantu untuk mengatasi rambut rontok, manfaat ini yang berasal dari sumber beta karoten didalamnya dan nantinya tubuh yang akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang bisa membantu memperbaiki kesehatan pada rambut.

Kacang-kacangan

Makanan agar rambut tidak rontok yang terakhir bisa kamu konsumsi yaitu kacang-kacangan, dimana kacang-kacangan memiliki kandungan berbagai nutrisi didalamnya yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mengatasi masalah rambut rontok.

Adapun untuk berbagai kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi yaitu seperti kacang almond, dimana kacang almond sekitar 1 ons yang menyediakan sekitar 37% kebutuhan vitamin E harian, vitamin C, asam lemak esensial dan juga seng.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan agar rambut tidak rontok yang bisa kamu coba konsumsi secara rutin agar membuat rambut menjadi lebih sehat dan tentunya terhindar dari masalah kerontokan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.