Monday, 17 Jun 2024

Vitamin Untuk Rambut Rontok dan Tipis

4 minutes reading
Tuesday, 7 Feb 2023 19:11 0 340 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Memiliki rambut yang sehat, panjang, tebal dan tentunya tidak mengalami kerontokan menjadi keinginan hampir setiap orang baik itu wanita maupun pria, sehingga untuk kamu yang memiliki rambut yang rontok dan tipis perlu mengetahui beberapa vitamin untuk rambut rontok dan juga tipis.

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu bahwa dengan kekurangan nutrisi yang bisa menyebabkan rambut menjadi mudah rontok, tipis dan juga rapuh, namun selain itu juga terdapat faktor penyebab lainnya seperti hormon, genetik dan juga usia yang bisa mempengaruhi pada pertumbuhan rambut.

Sehingga dengan begitu dengan asupan nutrisi secara optimal yang menjadi salah satu kunci untuk tetap menjaga kesehatan rambut, untuk itu kamu perlu mengetahui beberapa vitamin untuk rambut rontok dan tipis dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Vitamin Untuk Rambut Rontok dan Tipis

Vitamin Untuk Rambut Rontok dan Tipis

Kebanyakan orang yang dimana vitamin yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan tipis menjadi salah satu solusi yang paling bagus, dimana vitamin yang akan membantu mengatasi masalah rambut yang rontok menjadi rambut yang sehat, kuat, tebal, anti kering dan juga terhindar dari masalah rontok.

Untuk masalah rontok, tipis dan kering memang menjadi permasalahan yang utama untuk kebanyakan orang terutama wanita, hal ini dikarenakan aktivitas styling rambut atau bukan sekedar untuk mengikat rambut.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja vitamin untuk rambut rontok dan tipis, maka dibawah ini ada beberapa vitamin yang memiliki manfaat yang khusus untuk rambut yaitu sebagai berikut:

Vitamin A

Vitamin untuk rambut rontok dan tipis yaitu vitamin A yang dimana semua sel yang memang membutuhkan vitamin A untuk proses pertumbuhan, termasuk juga dengan rambut yang merupakan jaringan dengan proses pertumbuhannya yang paling cepat.

Vitamin A yang memiliki peran untuk membantu kelenjar kulit dalam memproduksi sebum atau zat berminyak, sebum ini yang berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan juga untuk menjaga kesehatan rambut.

Untuk kamu yang pola makannya kekurangan vitamin A yang bisa menyebabkan berbagai masalah salah satunya masalah rambut kerontokan, adapun untuk makanan yang mengandung vitamin A seperti telur, yoghurt dan susu, sedangkan untuk labu, wortel, bayam, ubi jalar, dan kangkung kaya akan beta karoten yang nantinya oleh tubuh diubah menjadi vitamin A.

Vitamin B

Vitamin untuk rambut rontok dan tipis lainnya yaitu vitamin B atau biotin menjadi salah satu vitamin paling terkenal untuk membantu pertumbuhan rambut, dimana studi yang telah mengaitkan dengan kerontokan rambut yang bisa terjadi karena kekurangan biotin.

Tetapi defisiensi yang jarang terjadi dikarenakan kandungan vitamin B yang secara alami ini biasanya terdapat di berbagai macam makanan seperti kacang almond, biji-bijian utuh, makanan laut, sayuran berdaun hijau, daging dan juga ikan.

Vitamin C

Dengan adanya kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa menyebabkan menghambat pertumbuhan dan juga rambut menua, untuk vitamin untuk rambut rontok dan tipis yaitu kandungan vitamin C yang akan membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang secara optimal yang akan diperlukan untuk proses pertumbuhan rambut.

Dimana vitamin C sendiri merupakan antioksidan kuat yang bisa membantu dalam melindungi stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas, namun selain itu juga tubuh yang membutuhkan vitamin C untuk proses membuat protein atau biasa dikenal dengan kolagen menjadi bagian yang sangat penting pada struktur rambut.

Adapun untuk makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi yaitu diantaranya seperti Jeruk, Jambu biji, Paprika dan juga Stroberi yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk membantu mengatasi rambut rontok dan tipis.

Vitamin D

Vitamin D menjadi salah satu vitamin untuk mengatasi masalah rambut rontok dan tipis, dimana dengan rendahnya tingkat kandungan vitamin D didalam tubuh yang dikaitkan dengan adanya masalah pada rambut rontok, sehingga vitamin D ini yang dipercaya memiliki peran untuk pertumbuhan rambut.

Tetapi untuk sebagian besar penelitian yang berfokus pada reseptor vitamin D, untuk tubuh yang memproduksi vitamin D melalui sinar matahari secara langsung, namun selain itu juga kamu bisa mendapatkan vitamin D dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan berlemak, beberapa jamur, minyak hati ikan kod dan juga makanan diperkaya.

Vitamin E

Untuk vitamin E yang hampir mirip dengan vitamin C yang termasuk ke dalam antioksidan yang akan membantu mencegah terjadinya stres oksidatif, vitamin E juga menjadi salah satu vitamin untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok dan tipis.

Dimana orang mengalami masalah rambut rontok dan tipis yang mengkonsumsi suplemen vitamin E dalam 8 bulan yang akan mengalami peningkatan pertumbuhan rambut yaitu sekitar 34,5%, adapun untuk makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi seperti Alpukat, bayam, almond dan juga biji bunga matahari.

Mungkin hanya itu saja beberapa vitamin untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok dan tipis yang bisa kamu ketahui dan bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin diatas, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.