Monday, 15 Apr 2024

14 Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Pereda Nyeri Haid

9 minutes reading
Monday, 29 May 2023 00:14 0 169 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat kamu mengalami kondisi haid atau menstruasi mungkin akan merasakan kondisi yang tidak nyaman untuk sebagian para wanita seperti pada area punggung bagian bawah, perut, hingga paha, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang bisa coba kamu konsumsi.

Haid atau menstruasi merupakan salah satu proses keluarnya darah dan sel telur yang tidak dibuahi dari vagina dan untuk proses ini yang normal terjadi pada setiap bulannya untuk wanita, pada saat haid atau menstruasi yang biasanya dialami oleh para wanita dan pada saat kondisi seperti ini yang akan mengalami nyeri haid pada tubuh dan rasa nyeri ini yang bisa ringan tapi bisa juga berat.

Dimana nyeri haid ini dalam dunia medis yang dikenal dengan nama istilah dismenore dan untuk kondisi ini terjadi sebelum haid atau PMS atau sewaktu haid, untuk nyeri haidnya sendiri yang disebabkan oleh beberapa hal yang dimulai dari kontraksi otot pada rahim.

Sehingga dengan begitu dapat meningkatkan zat prostaglandin dalam tubuh, untuk para wanita yang menderita penyakit tertentu seperti endometriosis, radang panggul, dan juga fibroid yang akan membuat nyeri yang dirasakan menjadi lebih berat pada biasanya, dimana kondisi ini yang bisa disertai dengan gejala yang lainnya seperti muntah, mual, sakit perut sampai diare.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid, maka kamu bisa dengan simak penjelasannya disini dengan baik.

Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Pereda Nyeri Haid

Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Pereda Nyeri Haid

Dimana untuk makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid ini  yang mampu membantu dalam meringankan gejala haid atau menstruasi yang cukup mengganggu, seperti pusing, kram, kembung, diare, kelelahan dan bahkan mood swing, ada beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang terjangkau.

Pada saat gejala datang bulan yang menyerang maka kamu jangan perlu khawatir karena perubahan pola makan yang baik yang akan membantu untuk menghindari serta mengurangi gejala haid yang cukup mengganggu, berbagai jenis makanan dan minuman sehat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat haid yang terbaik untuk pereda nyeri haid tersebut dimulai dari sayuran, buah, coklat dan masih banyak lagi yang lainnya yaitu sebagai berikut:

Sayuran Hijau

Dimana penurunan kadar zat besi pada saat haid yang merupakan hal umum terjadi terutama pada saat aliran haid yang sangat deras, hal ini yang bisa menyebabkan nyeri badan, kelelahan dan juga pusing, namun masalah ini yang bisa diatasi dengan mencoba mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau seperti bayam.

Dengan sayuran hijau ini yang dapat membantu untuk meningkatkan kadar zat besi di dalam tubuh, selain itu juga bayam yang kaya akan magnesium di dalamnya yang dapat menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, dimana sayuran lainnya seperti kale dan juga brokoli yang diperkaya dengan mineral, vitamin dan juga antioksidan yang dapat mengurangi gejala haid.

Daging Ayam

Daging ayam yang merupakan salah satu jenis makanan terbaik untuk pereda nyeri haid yang bisa kamu konsumsi selama masa haid berlangsung, hal ini dikarenakan daging ayam yang diperkaya akan zat besi dan protein di dalamnya yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh.

Dengan memasukkan daging ayam ke dalam menu harian kamu yang akan membantu kamu agar tetap kenyang sehingga dengan begitu kamu tidak makan yang berlebihan, selain itu juga zat besi yang terkandung dalam daging ayam ini yang akan membantu untuk memenuhi kebutuhan zat besi di dalam darah yang hilang selama haid.

Jahe

Makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang lainnya ada jahe yang memiliki sifat anti inflamasi didalamnya yang dapat membantu untuk meredakan sakit otot, selain itu juga jahe yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa pusing pada saat haid dan juga menjadi makanan untuk membantu melancarkan haid.

Walaupun demikian dalam mengkonsumsi jahe ini pada saat haid jangan terlalu banyak, hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi jahe yang lebih dari 4 gram dalam per harinya, maka dapat menyebabkan adanya rasa panas dan perih seperti terbakar pada bagian dada dan bahkan sakit perut.

Ikan

Makanan terbaik untuk pereda nyeri haid yaitu ikan dan juga makanan laut yang lainnya dimana ikan yang mengandung omega 3 dan juga kalsium didalamnya yang memiliki peran untuk merangsang prostaglandin dan juga membantu dalam mengurangi kram pada saat haid.

Dimana kandungan omega 3 pada makanan laut ini yang dipercaya bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh dan juga mengatasi nyeri haid, ada beberapa jenis ikan dan juga makanan laut lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejala haid yaitu ada tiram, salmon, tuna dan juga sarden.

Buah-buahan

Untuk salah satu jenis makanan  terbaik untuk pereda nyeri haid yaitu buah-buahan seperti Semangka, untuk buah Semangka yang diperkaya dengan kandungan air didalamnya yang akan membantu untuk membuat kamu agar tetap terhidrasi, sehingga dengan begitu jika kamu rutin memakan buah Semangka yang akan terhidrasi dan membuat gejala haid seperti sakit kepala yang dapat terhindari.

Terdapat jenis buah-buahan yang lainnya yang diperkaya dengan kandungan vitamin, antioksidan dan juga mineral didalamnya seperti Lemon, Pisang, Jeruk, Kiwi, Mangga dan juga Alpukat, dengan beragam kandungan yang terdapat pada beberapa buah tersebut yang akan memberikan manfaat untuk membantu mengatasi gejala haid seperti dismenorea.

Telur

Ternyata telur termasuk ke dalam salah satu jenis makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang dianjurkan dan bisa kamu konsumsi selama masa haid, telur ini  yang memiliki peran untuk membantu mencegah sekaligus mengurangi gejala haid yang cukup mengganggu.

Dimana telur ini yang selain mengandung protein didalamnya, namun telur juga yang diperkaya dengan kandungan asam lemak omega 3 dan juga kalsium yang akan membantu untuk memperbaiki kondisi kram pada saat haid dengan cara merangsang prostaglandin.

Yogurt

Minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang lainnya yaitu ada yogurt dimana yogurt ini selain menyegarkan namun diperkaya dengan nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat haid, hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan kalsium di dalam yogurt ini yang akan membantu untuk meredakan nyeri pada saat haid.

Perlu kamu ketahui bahwa yogurt ini yang baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengalami infeksi pada saat haid dan juga sesudahnya, dimana manfaat ini yang bisa didapatkan dari adanya kandungan probiotik di dalamnya yang akan memberikan makanan kepada bakteri baik yang ada pada vagina dan juga membantu terhindar dari infeksi jamur.

Teh Peppermint

Teh peppermint termasuk ke dalam salah satu jenis minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang aman dikonsumsi pada saat haid, dimana sebuah riset yang telah membuktikan bahwa teh peppermint ini yang bisa mengatasi gejala PMS dan secara spesifik teh ini yang memiliki aroma yang harum dan ampuh untuk membantu mengobati mual, kram dan juga diare selama haid.

Teh Chamomile

Dengan meminum teh chamomile pada saat haid yang dipercaya memiliki banyak keuntungannya hal ini dikarenakan teh chamomile ini yang mengandung banyak zat anti inflamasi di dalamnya, sehingga dengan begitu dapat membantu untuk menghambat terjadinya prostaglandin dan ini termasuk kedalam salah satu jenis minuman terbaik untuk pereda nyeri haid.

Dimana prostaglandin merupakan senyawa yang bisa memicu kontraksi otot rahim, kram, rasa sakit pada saat haid, bahkan selain itu juga prostaglandin ini yang dapat mengalir ke dalam aliran darah dan bisa menyebabkan mual, pusing dan bahkan diare pada saat haid sehingga untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan mengkonsumsi minuman teh chamomile ini yang akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari yang mengandung vitamin E yang tinggi di dalamnya dan kandungan vitamin E ini memiliki peran penting untuk membantu dalam mengatasi gejala haid seperti dismenore, hal ini karena vitamin E pada biji bunga matahari yang yang memiliki sifat antioksidan, dimana dengan memakan 10 mg biji bunga matahari yang bisa memenuhi sekitar 66% kebutuhan harian sehingga biji bunga matahari ini yang termasuk ke dalam jenis makanan terbaik untuk pereda nyeri haid.

Cokelat Hitam

Mungkin banyak yang menganggap bahwa cokelat yang bisa membuat nyeri haid semakin parah, namun ternyata cokelat hitam ini termasuk ke dalam salah satu jenis makanan terbaik untuk pereda nyeri haid yang dianjurkan para ahli untuk dikonsumsi pada saat haid.

Dimana dengan mengkonsumsi sekitar 100 gram coklat hitam yang akan membantu untuk memenuhi sekitar 67% dari kebutuhan zat besi harian dan juga sekitar 58% kebutuhan magnesium harian, dimana untuk wanita yang kekurangan magnesium yang lebih rentan merasakan gejala haid yang parah sehingga untuk yang sedang haid dianjurkan makan coklat hitam.

Kombucha

Selain yogurt yang menjadi makanan dengan mengandung probiotik yang baik dikonsumsi pada saat masa haid, namun ada juga makanan lainnya yang mengandung probiotik yaitu kombucha dan kandungan probiotik ini yang berperan untuk membantu dalam melawan infeksi jamur yang menyebabkan vagina menjadi gatal pada saat haid dan kombucha ini yang bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dan hindari minum teh kombucha ini yang mengandung gula terlalu banyak.

Tahu

Dimana tahu termasuk ke dalam salah satu jenis makanan terbaik untuk pereda nyeri haid yang dapat kamu konsumsi selama masa haid, dimana tahun ini selain kaya akan protein namun sumber zat besi, kalsium dan juga magnesium yang sangat baik, kandungan kalsium yang termasuk ke dalam salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu sel-sel otak agar bekerja dengan baik dan juga membantu meredakan nyeri haid.

Biji Adas

Untuk makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang terakhir yaitu ada biji adas, dimana dalam sebuah studi yang menyatakan sekitar 80% wanita yang mengkonsumsi kapsul dengan kadar sekitar 30 mg biji ada yaitu sebanyak 4 kali dalam 3 harinya yang tidak akan merasakan gejala haid yang menyakitkan, dimana biji adas ini yang dapat menghambat kontraksi rahim dipicu oleh prostaglandin.

Selain dengan beberapa jenis makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang bisa kamu konsumsi selama haid, namun kamu juga perlu menjaga pola makan dan hidup yang sehat dan hindari melakukan berbagai hal atau memakan makanan yang bisa memicu gejala haid yang mengganggu, selain itu kamu juga bisa dengan melakukan olahraga ringan dengan rutin untuk membantu meredakan nyeri haid.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan dan minuman terbaik untuk pereda nyeri haid yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu konsumsi pada saat haid, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.