Saturday, 22 Jun 2024

8 Manfaat Buah Aprikot Untuk Kesehatan

6 minutes reading
Monday, 29 May 2023 00:11 0 210 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah maupun sayuran yang tentu saja memiliki manfaatnya untuk kesehatan tubuh termasuk buah Aprikot, untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari memakan buah Aprikot maka perlu mengetahui apa saja manfaat buah Aprikot untuk kesehatan tersebut.

Buah Aprikot ini  yang merupakan buah batu yang dikenal sebagai plum Armenia dengan memiliki daging buah berwarna oranye kekuningan dengan rasanya yang manis dan asam, dengan memiliki ukuran kecil tetapi buah ini menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang banyak memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dimana tanaman ini yang asal tanamannya yang sulit dipastikan hal ini dikarenakan sudah dibudidayakan orang sejak pada zaman prasejarah, buah ini berasal dari China tetapi buah Aprikot ini yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia baik itu di pasar modern maupun tradisional dengan harga yang terjangkau.

Buah Aprikot yang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang bisa membantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, untuk versi kering dari buah Aprikot ini yang dicintai secara global dan bahkan menjadi bagian penting dari perdagangan global Iran.

Berbagai negara-negara seperti Rusia, Yunani, Turki, Italia, Prancis, Spanyol, dan juga Amerika Serikat yang dianggap sebagai produsen Aprikot yang terkemuka, untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja manfaat buah Aprikot untuk kesehatan bisa dengan simak penjelasannya disini.

Manfaat Buah Aprikot Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Aprikot Untuk Kesehatan

Buah Aprikot dengan memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan sehingga untuk sebagian orang yang gemar mengkonsumsi buah Aprikot ini secara langsung, tetapi ada juga untuk sebagian orang yang memilihnya untuk dijadikan sebagai olahan seperti campuran sereal, jus dan bahkan salad buah.

Bahkan buah Aprikot ini selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan dengan ukuran yang kecil namun ternyata memiliki banyak manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, beragam manfaat ini yang berasal dari kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya sehingga memberikan manfaat untuk tubuh yang sangat melimpah.

Dimana dengan memakan 2 buah Aprikot atau setara dengan 100 gram ini yang akan mendapatkan kandungan nutrisi yaitu:

  • 10 gram  karbohidrat
  • 2 gram serat
  • 1,2 gram protein
  • 250 mg kalium
  • 20 mg fosfor
  • 15 mg kalsium
  • 10 mg magnesium, dan juga
  • 0,4 mg zat besi

Selain itu juga buah Aprikot yang diperkaya dengan berbagai vitamin dan antioksidan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan juga folat, mengandung banyak air, rendah kalori dan juga tidak mengandung lemak jenuh, sehingga dengan beragam kandungan nutrisi ini yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan.

Adapun untuk beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Aprikot secara rutin untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang bisa didapatkan dari memakan buah Aprikot untuk kesehatan yaitu dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan buah Aprikot yang diperkaya dengan kandungan serat di dalamnya yang berfungsi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang terdapat didalam tubuh.

Selain itu itu juga dalam waktu yang sama buah Aprikot ini yang memiliki peran lain untuk meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh, ditambah lagi dengan kandungan kalium yang terdapat pada buah ini yang akan menyeimbangkan kadar elektrolit di dalam sistem dan juga membantu menjaga otot jantung tetap teratur dengan baik.

Baik untuk Program Diet

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet maka bisa dengan emncoba memasukan buah Aprikot ke dalam menu diet harian kamu, dimana dengan memakan buah Aprikot yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan baik untuk program diet, tentu saja manfaat ini berkat kandungan serat makanan yang terdapat didalam buah ini yang akan meningkatkan sistem pencernaan dan memperlancar metabolisme tubuh.

Konsumsi buah Aprikot ini sebagai cemilan pada saat kamu merasa lapar terutama pada saat diet yang akan mengisi perut kamu namun tidak akan menambah kalori yang tidak diperlukan, sehingga untuk bisa mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal disarankan untuk mengkonsumsi buah Aprikot ini.

Diperkaya Kandungan Serat

Buah Aprikot yang diperkaya dengan kandungan serat di dalamnya yang memberikan manfaat yang menjadi sumber serat makanan yang baik untuk tubuh, dimana mengingat dengan retinol dalam buah ini larut dalam lemak sehingga buah ini yang akan mudah larut didalam tubuh sehingga nutrisi yang penting akan lebih mudah diserap oleh sistem.

Selain itu juga buah Aprikot ini yang dapat memecahkan asam lemak dengan cepat berarti bisa dapat mengatur sistem pencernaan kamu yang menjadi normal dan teratur, buah Aprikot juga yang dapat membantu untuk melindungi kamu dari masalah pencernaan dengan cara membersihkan usus yang secara teratur.

Baik Untuk Darah

Manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Aprikot secara rutin untuk kesehatan yaitu baik untuk darah berkat kandungan yang terdapat didalam buah Aprikot tersebut yaitu zat besi, pada setiap produk tanaman mengandung zat besi mempunyai zat besi non-heme dan buah Aprikot ini yang termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang memiliki kandungan tersebut.

Untuk jenis zat besi ini yang membutuhkan waktu untuk diserap oleh tubuh, sehingga semakin lama zat besi tinggi dalam sistem tubuh, maka akan semakin besar juga peluang untuk kamu terhindar dari risiko penyakit anemia.

Memperkuat Tulang

Dimana kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan di dalam pembentukan dan juga perkembangan tulang, kandungan kalsium ini yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Aprikot, manfaat dari memakan buah Aprikot secara rutin yang akan membantu dalam memperkuat kondisi tulang.

Jika tubuh kekurangan kalium kalsium yang tidak bisa terserap dan akan dibuang oleh tubuh, kedua kandungan kalium dan juga kalsium ini yang terdapat didalam buah Aprikot sehingga buah Aprikot ini yang sangat baik untuk dikonsumsi berguna menjaga dan juga memperkuat kesehatan tulang.

Menjadi Sumber Vitamin A

Manfaat buah Aprikot untuk kesehatan yang dapat kamu dapatkan yaitu berasal dari kandungan vitamin A yang terdapat didalam buah Aprikot yang berfungsi untuk membantu memenuhi seluruh bagiannya, dimana memang buah Aprikot ini yang diperkaya akan kandungan vitamin A yang biasa dikenal sebagai retinol dan vitamin A untuk jenis ini yang merupakan vitamin larut dalam lemak yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu juga vitamin A yang terdapat pada buah Aprikot ini yang akan membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh serta membantu melindungi kulit, untuk retinol dan juga beta karoten pada buah ini yang berfungsi mengurangi gangguan serius terkait dengan masalah mata yaitu degenerasi makula atau Neovascular ARMD terkait usia menyebabkan hilang penglihatan.

Kesehatan Kulit

Buah Aprikot yang mengandung vitamin A, vitamin C dan juga fitonutrien didalamnya yang memiliki peran penting dalam membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap terjaga dan sehat, sehingga manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Aprikot ini yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Bahkan selain itu juga buah Aprikot ini yang mengandung antioksidan didalamnya yang memiliki peran untuk membantu dalam memperlambat terjadinya proses penuaan kulit, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mengkonsumsi beberapa buah Aprikot secara rutin yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Kaya Akan Antioksidan

Buah Aprikot yang terkenal dengan kandungan antioksidan di dalamnya yang melimpah sehingga dengan begitu buah Aprikot ini yang menjadi sumber antioksidan alami, manfaat buah Aprikot untuk kesehatan yaitu dapat membantu dalam membuang racun cenderung terkumpul di dalam tubuh dari waktu ke waktu dengan kandungan antioksidan ini yang memiliki peran untuk membunuh radikal bebas yang dapat merusak sel-sel didalam tubuh.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat buah Aprikot untuk kesehatan yang dapat kamu ketahui dengan mengkonsumsinya secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba mengkonsumsi buah Aprikot untuk merasakan manfaatnya.