Monday, 15 Apr 2024

10 Makanan dan Minuman Yang Bikin Kurus

6 minutes reading
Thursday, 20 Jul 2023 00:33 0 108 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu tengah menjalani diet, maka penting untuk mengetahui jenis makanan dan minuman yang bikin kurus. Dengan mengetahui jenis makanan dan minuman yang membantu kamu kurus, maka mudah untuk menemukan menu yang mampu mendukung program diet kamu. Tentunya tidak semua makanan dan minuman bisa membuat kamu kurus atau dapat menurunkan berat badan. 

Banyak sekali orang yang rela melakukan banyak cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Mulai dari diet defisit kalori, mengurangi porsi makan bahkan melakukan diet ekstrim hingga operasi yang mengeluarkan biaya yang sangat besar. Namun, tahukah kamu? jika terdapat jenis makanan dan minuman yang bisa bikin kurus jika dikonsumsi secara rutin.

Makanan dan Minuman Yang Bikin Kurus 

Makanan dan Minuman Yang Bikin Kurus

Jika kamu ingin berat badan turun dengan cepat maka kamu bisa melakukan beberapa metode diet, namun tidak dianjurkan untuk melakukan diet ekstrim yang membahayakan. Hal tersebut karena akan menimbulkan ancaman risiko yang membahayakan tubuh, mulai dari terserang penyakit yang kronis hingga bisa mengancam nyawa juga. Maka, kamu harus pandai dan tepat memilih metode diet untuk menurunkan berat badan. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar berat badan kamu turun adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Selain mengubah pola dan porsi menu makan, kamu juga bisa melakukan usaha perbaikan jenis makanan dan minuman yang bikin kurus. Dengan memmeprbaiki makanan dan minuman yang bisa membantu diet kamu, nantinya penurunan berat badan akan bekerja dengan lancar dan menghasilkan gol sesuai harapanmu. 

Berikut kami merekomendasikan beberapa jenis makanan dan minuman yang mampu bikin kamu kurus saat menjalani diet sekalipun. 

Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang mampu mempercepat penurunan berat badan. Teh hijau ini mampu mempercepat proses metabolisme tubuh. Memiliki kandungan katekin didalamnya, teh hijau mampu membantu pembakaran lemak pada tubuh pelaku diet. Maka, dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dalam periode program dietmu tentunya akan membantu menurunkan berat badan jauh lebih cepat. 

Air Lemon dan Garam Hitam

Selain teh hijau, ada minuman air lemon dan garam hitam. Segelas air lemon yang dicampur dengan sedikit garam hitam mampu membantu mengurangi lemak perut dalam tubuh. Dengan begitu akan mudah untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Minuman air lemon dan garam hitam sendiri dapat memberikan efek dan rasa kenyang yang membuat nafsu makan tertahan. Maka, kamu bisa mengonsumsi air lemon dan garam hitam dalam program diet kamu, selain itu fungsi air lemon dan garam hitam juga dapat memperlancar buang air besar. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Teh Jahe

Salah satu rempah herbal yang populer ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan juga. Teh jahe tidak hanya digunakan untuk mengobati pilek, mual dna peradangan sendi saja. Namun, teh jahe juga dapat membantu menurunkan berat badan ketika kamu sedang diet. Dalam sebuah penelitian pun dikatakan bahwa dengan mengonsumsi teh atau bubuk jahe dapat menurunkan berat badan yang signifikan. Maka, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi teh jahe untuk membantu penurunan berat badan selama masa diet kamu. Tentunya minuman herbal ini alami dan tidak memiliki efek samping.

Jus Sayuran

Jus sayuran merupakan salah satu minuman yang bisa kamu konsumsi untuk menopang program diet kamu. Selain memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi tubuh, jus sayuran mampu menurunkan berat badan yang bikin kurus jika dilakukan secara teratur. Menurut sebuah studi bahwa dengan meminum segelas jus sayuran sebelum makan, maka akan mampu mengurangi porsi makan hingga 135 kalori. 

Hal tersebut terjadi karena sayuran sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi, umumnya sayuran hijau sehingga akan memberikan efek kenyang lebih lama. Dalam membuat jus sayur sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya perlu 8 jenis sayuran mulai dari wortel, selada air, bayam, tomat, seledri, peterseli kamu campurkan dan blender saja. Hindari penggunaan gula pada jus sayuran, karena akan mengganggu nutrisi dan serat di dalamnya. Jus sayuran baik dikonsumsi pada pagi hari.

Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan sumber protein, dan menjadi menu wajib yang dikonsumsi para pelaku diet. Kandungan protein di dalama telurlah yang dapat mencegah rasa lapar berlebih dalam waktu yang lebih lama. Bahkan dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa, sarapan dengan telur sebagai menu utama dapat menurunkan indeks massa tubuh dan berat badan secara signifikan.

Maka, baik untuk kamu mengonsumsi telur sebagai salah satu menu penurun berat badan. Dalam cara mengolahnya kami sarankan untuk merebusnya, kemudian jangan mengkonsumsi telur secara berlebihan. Hal tersebut akan meningkatkan potensi naiknya kadar kolesterol jahat LDL. 

Ikan Tuna

Tuna merupakan salah satu makanan yang mampu menurunkan berat badan dan menopang program diet kamu. Makan satu ini dapat membuat kamu kurus, karena memiliki kadar kalori yang sangat rendah, namun memiliki kadar protein yang sangat tinggi. Ikan tuna sendiri masuk ke dalam golongan daging ikan yang rendah lemak. Sehingga akan sangat aman dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar namun tentunya tidak berlebihan.

Lagi, dalam mengkonsumsi ikan tuna kamu harus menggunakan cara yang sehat seperti memanggangnya maupun penulisannya saja. Perhatikan juga bahan tambahan dalam menu ikan tuna, pastikan menambahkan sayuran hijau dengan komposisi dan kadar yang seimbang.

Daging Ayam

Daging ayam tetap boleh kamu konsumsi bahan dalam masa diet sekalipun, namun yang kamu konsumsi adalah dada ayamnya. Pastikan kamu menyisihkan bagian kulit ayam, sehingga kamu hanya mengkonsumsi dagingnya saja, Daging ayam bagian dada memiliki kadar protein yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan protein harian kamu.. 

Dalam mengkonsumsi daging ayam, kamu harus mengolahnya dengan cara yang baik seperti memanggang maupun penulisannya. Konsumsilah daging ayam bagian dada dengan jumlah yang cukup, jangan mengkonsumsi daging ayam secara berlebihan. 

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dapat dikonsumsi sebagai salah satu menu makanan diet yang bikin kurus. Kacang-kacangan tidak hanya bisa dijadikan cemilan saja. Namun kamu juga dapat mengkonsumsinya sebagai lauk pauk yang sehat. Hal ini didasari kandungan kacang-kacangan yang juga memiliki protein dan serat yang cukup tinggi.

Dengan demikian, mengkonsumsi kacang-kacangan dapat memenuhi kebutuhan harian kamu. Dengan mengkonsumsi kacang juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Adapun jenis kacang-kacangan yang dapat kamu konsumsi semasa diet, yaitu kacang merah dan kacang hijau. 

Kentang Rebus

Ketika diet, kebanyakan pelaku diet akan kebingungan dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat selain daripada nasi. Nah, kamu bisa mengkonsumsi kentang rebus sebagai sumber karbohidrat yang sehat. Kentang rebus bahkan memiliki kandungan serat yang tentunya lebih baik daripada nasi putih. Kentang rebus merupakan makanan diet yang paling mengenyangkan.

Dengan mengkonsumsi kentang rebus kamu akan merasa kenyang lebih lama, maka dengan begitu kamu akan mampu menahan nafsu makan dan mengontrol asupan makanan yang berlebihan dan tingkat obesitas yang tinggi. Maka, kamu bisa menjadikan kentang rebus sebagai salah satu menu makanan dan minuman yang bikin kurus. 

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai jenis makanan maupun minuman yang bisa membantu kamu diet yang bikin kurus. Dengan memperhatikan beberapa menu tersebut dan memasukkannya ke menu diet kamu, kelak penurunan berat badan akan jauh lebih cepat lagi.