Saturday, 22 Jun 2024

10 Makanan Khas Bali yang Halal

5 minutes reading
Thursday, 10 Nov 2022 14:00 0 439 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ketika kamu berlibur ke Pulau Dewata sebenarnya terdapat banyak sekali makanan khas Bali yang halal yang bisa dengan mudah kamu temukan, dan untuk kamu yang ingin tahu dan penasaran apa saja makanan tersebut maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan baik.

Memang untuk masyarakat Bali yang lebih dominan beragama Hindu, sehingga mungkin banyak orang yang beragama islam yang banyak bertanya apa saja makanan khas Bali yang halal, sebenarnya walaupun Bali ini yang lebih dominan beragama Hindu tetapi untuk menemukan makanan halal bukan hal yang sulit.

Karena Bali yang sudah menyediakan banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas Bali yang halal, dan biasanya tempat makanan tersebut yang terdapat logo halalnya sehingga untuk kamu yang penasaran apa saja daftar makanannya bisa simak penjelasan dibawah.

Daftar Makanan Khas Bali yang Halal

Bali atau Pulau Dewata ini yang selain terkenal sebagai salah satu tempat wisata dengan pantai yang sangat bagus, tetapi Bali juga terkenal dengan kuliner atau makanan khasnya yang sangat enak terdapat berbagai jenis makanan khas Bali yang bisa kamu coba nikmati pada saat berlibur ke sana.

Untuk makanan khas Bali ini yang mengenai rasanya tidak perlu ditanyakan lagi karena untuk makanan Bali yang kaya akan rempah-rempah yang bisa menggugah selera makan kalian, namun untuk kamu yang beragama Islam jangan khawatir karena terdapat beberapa makanan di Bali yang halal bisa kamu coba.

Adapun untuk daftar makanan khas Bali yang halal yaitu sebagai berikut.

Sate Lilit

10 Makanan Khas Bali yang Halal

Makanan khas Bali yang halal yaitu ada sate lilit dan ini menjadi salah satu makanan khas Bali yang sangat populer karena rasanya yang lezat dan unik, untuk varian daging terdapat daging ayam, babi dan ikan tenggiri sehingga untuk kamu yang beragama islam maka bisa mencoba sate lilit dengan daging ayam atau ikan tenggiri saja.

Hal yang unik dari sate lilit ini yaitu pembuatannya yang berbeda dengan sate biasanya dimakan daging ayam atau ikan tenggiri yang akan dihaluskan dan dibumbui kemudian akan dililitkan pada batang serai lalu dibakar hingga matang.

Tum Ayam

10 Makanan Khas Bali yang Halal

Tum Ayam yang merupakan makanan khas Bali yang hampir mirip dengan makanan Pepes Ayam dari Jawa dan makanan ini yang cara masaknya dikukus sehingga akan lebih sehat, untuk cara memasaknya ayam yang dibumbui dengan lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, kencur dan juga pala bubuk kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Bebek Bengil

10 Makanan Khas Bali yang Halal

Bebek bengil yang merupakan salah satu makanan khas Bali yang dimana dinamakan bengil karena warnanya yang coklat seperti kotor (dalam bahasa Bali bengil) dan bebeknya di goreng dengan cara memaksanya yang membutuhkan waktu yang cukup lama, sebelum di goreng bebek dimarinasi dengan berbagai bumbu dan rempah selama berjam-jam dan makanan ini rasanya yang gurih dan enak.

Ayam atau Bebek Betutu

Selanjutnya makanan khas Bali yang halal bisa kamu coba yaitu ada ayam atau bebek betutu yang biasanya dijadikan sebagai sajian pada saat upacara adat atau keagamaan di Bali, untuk cara masak makanan ini yaitu dengan mengosongkan isi perut ayam atau bebek dan kemudian diisi dengan bumbu dan juga rempah-rempah biasanya suka di pijit-pijit biar bumbunya meresap lalu dipanggang hingga matang.

Bubur Mengguh

10 Makanan Khas Bali yang Halal

Bubur mengguh yang sama dengan bubur ayam seperti biasanya namun yang uniknya ditambah dengan urap sayuran yang menjadi lebih lezat terbuat dari nasi yang dimasak dengan menggunakan santan, dan nantinya akan ditambah dengan toping suwiran ayam dan juga disiram dengan kaldu ayam kental.

Nasi Tepeng

10 Makanan Khas Bali yang Halal

Nasi Tepeng merupakan makanan khas Bali yang halal dimakan dimana makanan ini yang berisikan nasi dengan aneka lauk pauk seperti kacang merah, sayur nangka muda, sambal matah, terong dan juga tumis kacang panjang, selain itu juga biasanya makanan nasi tepeng ini yang akan ditambahkan dengan bumbu kuning yang menjadi ciri khasnya.

Tipat Cantok

 

Tipat cantok yang hampir sama dengan gado-gado untuk tipast sendiri yaitu ketupat yang berbahan dasar beras dan santan, tipat cantok ini yang disajikan dengan ketupat yang ditambah dengan bumbu kacang dan beragam sayuran seperti kangkung dan kacang panjang selain itu juga dilengkapi dengan tahu dan gorengan yang rasanya menjadi sangat enak.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo yang merupakan makanan khas Bali yang campuran nasi dengan lauk pauk, untuk lauk pauknya yang berupa suwiran ayam, mie, kacang tanah, dan tumis sayuran, Nasi Jinggo ini juga yang memiliki kandungan gizinya dan makanan ini menjadi salah satu makanan khas Bali yang halal bisa kamu cobain pada saat berada di pulau Dewata.

Serombotan

Untuk Bali juga yang ternyata mempunyai makanan sejenis urap yang bernama serombotan dengan bahan dasarnya yaitu sayuran seperti pare, tauge, kangkung, kacang panjang yang disiram dengan bumbu khas terdiri dari santan, lengkuas, kunyit, bawang putih, kencur, ketumbar, bawang merah, bisa dimakan dengan nasi sela atau kacang goreng.

Lawar

Terakhir makanan khas Bali yang halal bisa kamu coba pada saat berada di pulau dewata yaitu lawar dimana makanan ini yang berbahan sayuran seperti nangka muda, kacang panjang yang dimasak dengan bumbu yang khas Bali dan akan ditambahkan dengan parutan kelapa dan juga daging dan kamu bisa memilih lawar ayam atau lawar entok.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan khas Bali yang halal bisa kamu coba pada saat berlibur ke Bali, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.