Thursday, 18 Jul 2024

10 Makanan Khas Bali yang Mendunia

4 minutes reading
Wednesday, 9 Nov 2022 15:14 0 185 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Bali yang terkenal menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan juga destinasi wisata yang lainnya, tetapi selain itu juga Bali memiliki berbagai jenis makanan khas Bali atau makanan tradisional yang super enak dan mendunia.

Pesona tempat wisata Bali yang begitu sangat menakjubkan dengan keindahan alam yang berupa pantai sehingga membuat banyak para wisatawan yang datang ke Bali untuk menikmati suasana di pulau dewata.

Mungkin untuk kamu yang suka dengan jalan-jalan dengan makan-makan atau yang ingin berwisata ke Bali maka kamu harus tahu beberapa makanan khas Bali yang mendunia yang perlu kamu cobain selama kamu di bali, penasaran bukan apa saja makanannya untuk itu yu simak ulasan di bawah ini.

Makanan Khas Bali yang Mendunia

Untuk kamu yang penasaran apa saja dengan makanan khas Bali yang mendunia, untuk mengetahuinya maka dibawah ini ada beberapa daftar yang bisa kamu cobain pada saat berada di Bali yaitu sebagai berikut.

Ayam dan Bebek Betutu

10 Makanan Khas Bali yang Mendunia

Ayam dan bebek betutu yang merupakan makanan khas Bali yang terkenal di Bali dan mendunia, dimana ayam atau bebeknya yang dimasak secara utuh dan diberikan berbagai macam bumbu rempah, sebelum dimasak dagingnya yang akan dipijat-pijat terlebih dahulu agar dagingnya menjadi empuk dan bumbunya meresap ke dalam.

Setelah dipijat nantinya ayam atau bebek akan dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian dipanggang dengan menggunakan api sekam sehingga proses memasaknya yang membutuhkan sekitar sehari semalam, dahulunya makanan ini yang menjadi salah satu makanan favorit para raja.

Babi Guling

10 Makanan Khas Bali yang Mendunia

Untuk makan yang menjadi incaran para turis asing yaitu Babi Guling dan untuk para pecinta daging babi makanan babi guling ini yang akan menjadi salah satu makanan favorit, dimana babi guling ini yang akan diberikan bumbu base genep Bali dan daun ketela pohon dan semua bumbunya akan dimasukkan ke dalam perut babi selanjutnya akan dipanggang diatas bara api sambil diputar-putar hingga matang.

Serombotan

10 Makanan Khas Bali yang Mendunia

Serombotan menjadi salah satu makanan khas Bali yang mendunia yang tampilannya yang hampir mirip dengan nasi urap, untuk serombotan ini yang berisi sayuran terdiri dari kacang panjang, kangkung terong bulat, tauge, bayam, buncis dan juga pare kemudian diberi rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit bubuk, kencur dan juga bumbu kacang pedas.

Sate Lilit

10 Makanan Khas Bali yang Mendunia

Salah satu makanan khas Bali yang mendunia yaitu ada sate lilit, dimana untuk sate khas Bali ini yang berbeda dengan sate di daerah lainnya, mungkin di daerah lain untuk sate dagingnya yang ditusuk tetapi di bali dagingnya yang terlebih dahulu dihaluskan kemudian akan dililitkan pada tangkai bambu dan untuk variasi dagingnya yang terdapat daging ayam, ikan tenggiri atau babi.

Bubur Mengguh

Makanan khas Bali yang mendunia yaitu ada bubur mengguh yang dimana dulunya untuk makanan ini yang hanya disuguhkan pada saat ada acara keagamaan atau adat bali, untuk bahan pembuatannya dari beras dan santan ditambah dengan suwiran ayam dengan kuah yang kental dan bubur mengguh ini yang bisa disantap dengan urap sayur.

Tum Ayam

Untuk tum ayam ini yang hampir mirip dengan pepes dari pulau Jawa dimana untuk tum ayam ini yang sesuai dengan namanya menggunakan bahan utama dari ayam yang dicincang halus, dilengkapi dengan bumbu pelengkap seperti bawang, jahe, kencur, lengkuas dan juga rempah-rempah yang lainnya kemudian dicampur dan dibungkus menggunakan daun pisang lalu dimasak hingga matang.

Sate Plecing

Sate Plecing yang menggunakan daging ayam,ikan laut dan babi dan kuliner Bali yang satu ini wajib kamu coba pada saat berada di Bali, dimana untuk penyajiannya yang menggunakan bumbu plecing yang terbuat dari tomat, terasi, jeruk limau dan juga cabai rawit.

Nasi Tepeng

Nasi tepeng menjadi salah satu makanan khas Bali yang mendunia dengan ciri khasnya yaitu nasi yang dimasak dengan tekstur yang lembek hampir mirip dengan bubur, tersedia topingnya seperti kacang panjang, terong, daun kelor, kelapa parut, kacang merah, dan juga nangka muda dengan lauknya yang ditambah dengan suwiran daging ayam dan telur.

Bagiak

Untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh khas Bali maka kamu bisa memilih Bagiak yang terbuat dari tepung sagu dimana makanan yang satu ini yang sering dijadikan para wisatawan untuk makanan oleh-oleh, dimana untuk bagiak ini yang hadir dengan berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan ada rasa kacang, susu, jahe dan bahkan kayu manis.

Nasi Jinggo

Makanan khas Bali yang mendunia terakhir ada nasi jinggo yang hampir sama dengan nasi kucing dengan porsi nasi yang hanya sebesar kepalan tangan saja, dimana untuk nasi kuning yang lebih identik dengan ikan asin dan sambalnya namun untuk nasi jinggo ini yang berisi daging ayam suwir, mie dan juga tempe goreng beserta sambalnya yang sangat pedas.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan khas Bali yang mendunia yang bisa kamu coba makan pada saat berlibur ke Bali sambil merasakan suasana pantai di sana, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.