Monday, 17 Jun 2024

10 Makanan Khas Sunda yang Hampir Punah

5 minutes reading
Wednesday, 9 Nov 2022 15:03 0 1538 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Suku Sunda memang yang terkenal dengan makanan khasnya yang super enak namun ternyata ada beberapa makanan yang khas Sunda hampir punah, penasaran bukan apa saja daftar makanan tersebut untuk mengetahuinya maka bisa dengan simak ulasannya di bawah ini.

Sunda merupakan salah satu suku asli yang mendominasi di provinsi bagian Jawa Barat yang terkenal dengan keramahan, kekentalan adat serta budaya, namun selain itu juga suku Sunda yang terkenal dengan memiliki banyak makanan khas Sunda yang sangat enak.

Pada dasarnya di Jawa Barat kita akan sangat mudah untuk menemukan berbagai jenis makanan yang rasanya enak dan terutama untuk jenis makanan yang khas daerah atau khas Sunda, dimana terhitung terdapat lebih dari 20 jenis makanan tetapi untuk jenis makanan tersebut yang jarang banyak orang mengetahuinya dikarenakan informasi yang terbatas.

Penasaran bukan apa saja makanan khas Sunda yang terkenal namun hampir punah, nah untuk mengetahuinya maka di bawah ini kami akan mengulas beberapa jenis makanannya beserta dengan penjelasannya lengkapnya untuk itu yu simak ulasannya.

Makanan Khas Sunda yang Hampir Punah

Di Jawa Barat tersedia banyak sekali makanan tradisional yang terbuat dari olahan tangan orang Sunda yang terkhususnya, namun ternyata ada beberapa makanan tradisional Sunda ini yang keberadaannya yang mulai sulit untuk ditemukan.

Hal ini yang disebabkan karena perubahan zaman yang untuk anak-anak sekarang ini kebanyakan note bandnya yang lebih untuk memilih berbagai makanan yang instan atau siap saji, selain itu juga mungkin faktor yang lainnya banyak anak zaman sekarang yang menganggap jika makanan tradisional yang dianggap kuno padahal ini yang menjadi bagian dari budaya tradisional.

Untuk itu berikut ini beberapa makanan khas Sunda yang hampir punah yang mungkin bisa kamu ketahui diantaranya sebagai berikut.

Gorengan Kasreng

Makanan khas Sunda yang hampir punah yaitu ada gorengan kasreng dan sudah mulai jarang ditemukan dan hanya ada di pedesaan saja dan itu pun yang membuat gorengan kasreng ini sudah jarang, padahal untuk makanan ini yang rasanya sangat enak dan biasanya untuk pembuatan gorengan kasreng ini yang terutama pada saat menjelang lebaran tiba untuk penambah lauk pauk.

Untuk makanan gorengan kasreng ini yang terbuat dari tepung terigu dan juga kacang untuk cara pembuatannya yang mudah yaitu tepung terigu yang ditambahkan penyedap rasa kemudian diaduk hingga rata, kemudian untuk adonan tepung terigu tersebut digoreng dengan minyak yang sudah panas sambil di tambahkan dengan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong atau bisa juga dengan ikan teri jika sudah matang lalu tiriskan.

Getuk Lindri

Getuk Lindri merupakan salah satu makanan khas Sunda yang hampir punah dengan bahan dasarnya singkong, untuk cara pembuatannya yang cukup mudah dimana singkong direbus kemudian biarkan hingga dingin lalu kupas hingga bersih kemudian tumbuk singkong dengan gula jawa secukupnya lalu cetak dan goreng hingga matang.

Mongko

Mongko merupakan makanan khas Sunda yang hampir punah dengan bahan dasar pisang dam yang biasanya digunakan pisang nangka karena mempunyai kontur yang tidak mudah pecah pada saat di kukus, dan mongko ini yang biasanya tersedia di acara besar seperti nikahan.

Untuk pembuatan mongko yaitu menggunakan pisang matang yang kemudian ditumbuk hingga halus lalu ditambah dengan gula jawa secukupnya kemudian dibungkus kecil dengan menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang lalu siap dihidangkan.

Tumis Lompong

Tumis lompong menjadi salah satu makanan khas Sunda yang hampir punah dimana untuk tumis lompong ini yang terbuat dari bonggol talas yang terkadang akan terasa gatal di mulut dan jenis talas lompong ini yang biasanya dimasak bagian batang muda dan umbinya dengan ditumis untuk caranya pengolahan tumis lompong ini sangat sederhana dengan bumbu yang cukup dengan garam, gula dan penyedap rasa.

Oleneng

Oleneng yang merupakan jenis makanan terbuat dari bahan dasarnya talas dan keberadaan makanan oleneng ini yang mulai jarang ada untuk alasannya mungkin karena bahan dasar yang jarang ditambah lagi kurang minat anak muda jaman sekarang, sehingga dengan begitu untuk keberadaan oleneng ini yang sekarang ini sulit didapatkan.

Untuk cara pembuatan oleneng sendiri yaitu bahan dasar talas yang direbus kemudian nantinya dikupas bersih dan biarkan talasnya hingga dingin lalu tumbuk hingga halus sambil ditambah dengan bumbu-bumbu seperti merica, garam, lada, daun bawang, selanjutnya cetak menjadi bulat-bulat lalu goreng hingga matang.

Combro

Combro atau singkatan dari oncom di jero yang diambil dari bahasa Jawa ini termasuk kedalam makanan khas Sunda yang hampir punah dengan bahan dasarnya dari singkong, dimana untuk makanan cemilan ringan yang berwujud gorengan ini yang terbuat dari campuran bawang dan cabai yang akan memberikan sensasi pedas dan manis.

Awug

Awug menjadi salah satu makanan khas Sunda yang hampir punah dan jarang ditemui, dimana untuk awug ini yang termasuk ke dalam cemilan atau jajanan tradisional dengan bahan dasarnya dari tepung beras, gula merah dan daun pandan dan awug ini yang sekilas mirip dengan putu namun bentuknya yang berbeda menggunakan wadah yang berbentuk gunung lancip.

Bugis

Makanan khas Sunda yang hampir punah yaitu ada makanan bugis dan untuk cara masaknya yang sama dengan cara masak mangko namun untuk bugis bahan dasarnya dari tepung beras yang diaduk hingga rata kemudian dicetak bulat kecil di atas daun pisang di bagian tengah diisi dengan gula merah dan (Sunda: Eten atau campuran kelapa parut dengan gula jawa) lalu dibungkus dan dikukus hingga matang.

Ciu

Ciu atau aci jeung cau menjadi salah satu makanan khas Sunda yang hampir punah dengan bahan dasarnya dari ubi dan pisang, dan makanan ini yang sekilas hampir sama dengan kue bugis namun yang membedakannya dari letak dan bahan yang membutuhkan lebih banyak pisang dengan tekstur yang lembut dan sangat gurih hal tersebut karena yang diberi campuran kelapa parut.

Jalabria

Terakhir ada jalabria yang merupakan makanan khas Sunda yang hampir punah terbuat dari bahan tepung ketan yang diberi gula dan diolah dengan bentuk seperti donat dan digoreng, walaupun untuk makanan ini yang keberadaannya yang hampir punah tetapi jalabria sangat mudah ditemukan di pasar tradisional Jawa Barat.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan khas Sunda yang hampir punah yang mungkin harus kamu ketahui, jika kamu ingin mencobanya maka kamu bisa mencarinya atau bisa membuat sendiri tapi mungkin rasanya yang agak berbeda, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.