Wednesday, 17 Jul 2024

10 Makanan Untuk Awet Muda dan Bikin Panjang Umur

6 minutes reading
Friday, 8 Sep 2023 20:04 0 220 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada jenis makanan untuk awet muda dna bikin panjang umur yang dapat kamu konsumsi sedari dini loh. Makanan yang dikonsumsi adalah jenis makanan yang menjadi kunci untuk menjaga tubuh menjadi lebih sehat lagi. Maka, kamu harus memilih jenis makanan yang dikonsumsi dengan tepat, untuk melawan tanda-tanda penuaan di kulit wajah, khususnya. 

Memiliki kulit yang bersih dan glowing menjadi salah satu bentuk apresiasi terhadap tubuh atas makanan yang dikonsumsi, dimana makanan tersebut sehat dan kaya akan vitamin serta nutrisi. Maka, penting untuk mengetahui jenis makanan yang membuat kamu tampak lebih awet muda dan bikin umur panjang. Hal ini dapat mendukung perawatan dari dalam tidak hanya dari luar menggunakan racikan medis saja. 

Daftar Makanan Untuk Awet Muda dan Bikin Panjang Umur

Salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang awet muda dan bikin umur panjang adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan beragam nutrisi didalamnya. Semakin banyak variasi makanan bergizi yang dikonsumsi, maka akan semakin besar pula manfaat yang bisa kamu dapatkan di dalamnya.

Sebelum membahas mengenai jenis makananya, kamu harus mengetahui bahwa penuaan adalah proses alami yang terjadi. Hal tersebut berjalan secara alami seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini dapat menyebabkan proses penuaan, mulai dari penurunan kesehatan, penampilah hingga kualitas hidup. Banyak faktor yang dapat mempercepat proses penuaan, mulai dari pola makan yang buruk, merokok, kurang tidur, paparan sinar matahari hingga masalah mental seperti stress. 

Buah-buahan dan sayuran segar merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral hingga antioksidan didalamnya. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan karena radikal bebas. Manfaat dari kandungan buah dan sayuran tersebut dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung. 

Kamu dapat mengonsumsi jenis buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C misalnya jeruk dan paprika karena akan membantu proses produksi kolagen dan menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Namun, ada juga beberapa jenis buah tertentu dan makanan selain buah dan sayuran yang baik untuk membuat kamu awet muda dan panjang umur.

Nah, langsung saja berikut 10 jenis makanan yang dapat membantu kamu untuk awet muda dan bikin panjang umur. Berikut kami sudah merangkumnya dan bisa menjadikannya referensi untuk menu makanan sehari-hari juga. 

Ikan

10 Makanan Untuk Awet Muda dan Bikin Panjang Umur

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Kandungan tersebut dapat membantu untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan elastis, selain itu bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Kamu dapat mengonsumsi jenis ikan asap saja yang dapat dikonsumsi. Ada beberapa jenis ikan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3, yaitu ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel dan ikan sarden. 

Kacang-Kacangan

10 Makanan Untuk Awet Muda dan Bikin Panjang Umur

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein, serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu beberapa jenis kacang-kacangan memiliki kandungan antioksidan dari flavonoid dan resveratrol yang dapat membantu mencegah dan melawan radikal bebas. Selain itu fungsi lainnya dalam membantu meredakan peradangan pada tubuh. 

Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman sehat, selain dapat membantu proses diet kamu teh hijau memiliki akd nobunaga antioksidan yang tinggi. Zat tersebut adalah epigallocatechin gallate satu EGCC, yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas. Selain itu dapat membantu untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker. Bahkan dapat membantu dan menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Sehingga minuman satu ini cocok dijadikan menu yang bikin awet muda dan bikin panjang umur juga. 

Dark Chocolate

 

Dark chocolate merupakan jenis makanan yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sirkulasi darah. Karena kandungan flavonoid di dalamnya bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan mencerahkan kulit juga. Namun, kamu harus memastikan dengan mengkonsumsi coklat hitam yang memiliki kandungan kalor yang tinggi namun rendah gula di dalamnya. 

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang beragam. Mengkonsumsi pepaya dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan risiko munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Memiliki ragam antioksidan didalamnya, pepaya dapat membantu melawan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, dan dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan sejak dini. 

Jadi dengan mengonsumsi pepaya atau produk yang memiliki kandungan papain, maka akn membantu tubuh kamu melepaskan sel -sel kulit mati. Maka wajah kamu akan tampak bersih dan cerah dengan mengkonsumsi pepaya dari dalam, maupun menggunakan olahan sebagai masker dari luar. 

Bayam

10 Makanan Untuk Awet Muda dan Bikin Panjang Umur

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Bayam memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh, dan dapat mengisi seluruh tubuh. Bayam kaya akan kandungan vitamin A, C, E dan vitamin K disertai Magnesium, besi dan lutein. 

Kandungan vitamin C yang tinggi pada bayam sendiri dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat menjaga kulit tetap kencang dan halus. Vitamin A sendiri yang terdapat dalam bayam ini akan membantu memproduksi rambut menjadi lebih kuat dan berkilauan. Sementara kandungan vitamin K didalamnya mampu mengurangi peradangan yang terjadi dalam sel-sel tubuh. 

Brokoli

Brokoli sebagai salah satu sayuran dengan kandungan kalori yang hampir tidak ada namun manfaatnya yang sangat banyak. Brokoli adalah asupan anti inflamasi dan anti penuaan yang mana dikemas dengan vitamin C dan berbagai antioksidan lainnya, serta lutein, kalsium dan serat. Tubuh membutuhkan kandungan vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein utama yang akan memberikan kekuatan dan elastisitas bagi kulit. 

Kamu dapat mengkonsumsi brokoli baik secara mentah atau di oleh dengan cara yang tepat. Nutrisi lutein inilah yang memiliki fungsi lainnya, seperti meningkatkan fungsi memori dalam otak, dan vitamin K yang penting bagi kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. 

Delima

Dlima merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sudah berabad-abad digunakan sebagai obat penyembuhan. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang kuat di dalamnya. Hal inilah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam sistem tubuh. Senyawa dalam buah delima yaitu punicalagins dapat membantu untuk mengembangkan proses produksi kolagen dalam kulit, dan memperlambat proses penuaan juga. 

Paprika Merah

Paprika merah adalah salah satu jenis paprika yang sarat dengan antioksidan yang ampuh dalam anti penuaan. Selain itu kandungan vitamin C yang terbilang tinggi di dalamnya dapat mendukung proses produksi kolagen. Sehingga dapat membuat kulit lebih kencang dan elastis. Memiliki kandungan antioksidan yang kuat bernama karotenoid membuatnya menjadi sempurna untuk membuat lebih awet muda dan bikin panjang umur. 

Ubi Jalar

Terakhir pada ubi jalar, yang memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan beta-karoten yang bermanfaat setelah diubah menjadi vitamin A. Karena dapat membantu untuk memulihkan elastisitas kulit dan mampu meningkatkan pergantian sel kulit, sehingga pada akhirnya dapat berkontribusi pada kulit yang tampak lebih kenyal, bersih dan muda.

Demikian pembahasan mengenai makanan yang dapat kamu gunakan untuk awet muda dan bikin panjang umur. Sehingga bagi kamu yang ingin menjaga dan membuat kulit tampak awet muda dapat mulai mengkonsumsi jenis makanan tersebut. Karena selain mendapatkan nutrisi yang baik bagi tubuh kamu bisa mendapatkan wajah yang awet muda nantinya.