Thursday, 18 Jul 2024

Makanan yang Baik Setelah Olahraga Pagi, Sore dan Malam

6 minutes reading
Saturday, 26 Nov 2022 20:47 0 355 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat kita berolahraga tentunya akan membuat perut kita merasa lapar, nah dengan begitu kamu perlu mengetahui beberapa makanan yang baik setelah olahraga pagi, sore dan malam dengan menyimaknya ulasan berikut ini.

Berolahraga memang menjadi salah satu aktivitas yang menyehatkan dan tentunya sangat baik untuk tubuh, dimana pada saat berolahraga otot yang akan menggunakan simpanan glikogen yang digunakan sebagai bahan bakarnya dan oto akan kehabisan glikogennya.

Jika setelah berolahraga yang tentunya akan membutuhkan makanan sehingga mengkonsumsi makanan yang akan menggantikan nutrisi yang telah hilang, setelah melakukan olahraga tubuh yang akan membangun kembali simpanan glikogen serta memperbaiki dan menumbuhkan kembali protein otot.

Dimana setelah berolahraga yang menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam menentukan waktu gizi, dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat tentu saja dapat membantu dengan cepat dalam mendapatkan kembali yang dibutuhkan tubuh.

Sehingga dengan begitu untuk makanan yang baik setelah olahraga pagi, sore dan malam ini tentu saja perlu kamu ketahui, dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Makanan yang Baik Setelah Olahraga Pagi

Makanan yang Baik Setelah Olahraga Pagi, Sore dan Malam

Untuk kamu yang suka olahraga pada pagi hari maka setelah berolahraga sebaiknya untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang baik setelah melakukan olahraga pada pagi hari yaitu diantaranya sebagai berikut:

Smoothie

Makanan yang baik setelah olahraga pagi yaitu smoothie dengan campuran berbagai buah atau sayuran yang kaya akan vitamin dan juga mineral di dalamnya, selain itu juga kamu bisa dengan menambahkan beberapa jenis protein yang digunakan sebagai nutrisi pelengkap seperti dengan menambahkan greek yogurt atau bubuk protein.

Graham Cracker, Susu Coklat serta Selai Kacang

Makanan yang baik setelah olahraga pagi selanjutnya ada graham cracker, susu coklat dan selai kacang yang rendah lemak, dimana makanan ini yang termasuk ke dalam kombinasi yang sempurna dengan sumber protein dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan dalam mengisi tenaga, membantu memperbaiki serta membangun kembali otot.

Overnight Oats

Oat menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga pagi dimana oat ini yang merupakan jenis biji-bijian yang bergizi yang dikemas dengan serat, protein, antioksidan dan juga berbagai vitamin dan mineral di dalamnya seperti tembaga, besi, magnesium dan mangan.

Oat ini yang menjadi salah satu makanan yang baik dalam mendapatkan karbohidrat dan protein yang secara sekaligus, dan untuk cara mengkonsumsinya kamu bisa dengan mencampurkan overnight oat dengan greek yoghurt atau susu almond di dalam toples kecil dan biarkan di dalam kulkas semalaman dan bisa ditambahkan dengan potongan buah seperti stroberi atau buah lainnya pada pagi hari.

Ubi Jalar dan Ayam Panggang

Untuk pecinta makanan dengan rasa yang gurih maka bisa dengan mengkonsumsi makanan yang baik setelah olahraga pagi yaitu ubi jalar dan ayam panggang, dimana untuk ubi jalar yang mengandung karbohidrat yang cukup dengan nutrisi penting serta rendah kalori sedangkan untuk memotong ayam panggang tanpa tulang menjadi sumber protein yang baik.

Roti Panggang dengan Telur Utuh

Makanan yang baik setelah olahraga pagi yang terakhir bisa di coba yaitu roti panggang dengan telur utuh untuk mengkonsumsinya kamu bisa dengan mengkreasikan telur menjadi olahan (scrambled eggs) telur goreng orak-arik atau direbus lalu sajikan dengan roti gandum yang dipanggang, dimana telur ini yang merupakan sumber protein yang baik dan untuk rotinya yang mengandung karbohidrat untuk mengisi kembali energi.

Makanan yang Baik Setelah Olahraga Sore

Makanan yang Baik Setelah Olahraga Pagi, Sore dan Malam

Untuk kamu yang suka olahraga pada sore hari atau hingga malam hari maka kamu bisa dengan mencoba mengkonsumsi makanan yang sangat baik setelah melakukan olahraga pada sore hari yaitu sebagai berikut.

Salmon dengan Bayam

Makanan yang baik setelah olahraga sore yaitu dengan mengkonsumsi salmon dengan bayam untuk mengkonsumsinya bisa dengan mencampurkan salmon panggang dengan bayam dan juga satu sendok minyak zaitun, untuk makan ini yang kaya akan antioksidan, asam lemak, omega 3, vitamin B12 dan vitamin D.

Sayuran dengan Keju Cottage

Dimana makanan yang baik setelah olahraga sore yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan keju cottage dan untuk menyantap keju cottage ini bisa dengan ditambahkan sayuran seperti wortel atau mentimun yang segar dan bergizi, untuk keju cottage putih yang mengandung protein yang banyak dan juga leusin dengan asam amino ini yang dapat meningkatkan sintesis protein setelah melakukan olahraga.

Buah Apel dengan Saus Kacang dan Almond

Dengan mengkonsumsi apel dengan saus kacang dan almond yang menjadi salah satu makanan yang baik setelah olahraga sore yang bisa kamu coba, dimana makanan ini yang dapat menghasilkan protein yang penting dan dibutuhkan setelah melakukan aktivitas fisik.

Protein Shake

Protein Shake bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik setelah olahraga sore dimana kamu hanya cukup dengan mencampurkan satu sendok makan protein kasein atau whey dengan ditambah susu atau air, selain itu juga bisa dengan menambahkan satu sendok teh selai kacang, coklat atau kayu manis untuk dapat menghasilkan protein dan lemak yang sehat untuk tubuh.

Cemilan Berenergi

Terakhir untuk makanan yang baik setelah olahraga sore hari yaitu mengkonsumsi dengan mengkonsumsi cemilan berenergi yang sehat dapat membantu untuk mengembalikan energi yang hilang, untuk cara membuat cemilannya dengan menghaluskan kacang pecan, kismis, flaks atau biji rami, kacang-kacangan lainnya seperti kacang kenari, kacang brazil dan lainnya.

Lalu campurkan dengan bubuk kakao, selai kacang dan sirup agave hingga tercampur rata lalu bentuk adonan yang menjadi bulat dan taburkan dengan kelapa kering terakhir dinginkan di freezer dan cemilan bisa disantap kapan pun.

Makanan yang Baik Setelah Olahraga Malam

Makanan yang Baik Setelah Olahraga Pagi, Sore dan Malam

Sedangkan untuk kamu yang selalu melakukan olahraga pada malam hari maka perlu mengetahui beberapa makanan yang baik setelah olahraga, adapun untuk beberapa makanan tersebut sebagai berikut.

Salad Telur

Makanan yang baik setelah olahraga malam yaitu dengan mengkonsumsi salad telur dan untuk cara pembuatannya juga yang sangat simpel dan tentunya tidak memakan banyak waktu, dimana potongan telur yang direbus dicampur dengan potongan sayuran yaitu seperti zucchini atau kale.

Smoothie

Dengan campuran bubuk protein, buah, sayuran dan juga air kelapa yang menjadi salah satu makanan yang baik setelah olahraga malam, dimana buah dan sayuran yang mengandung antioksidan didalamnya yang dapat melindungi sel dari kerusakan setelah melakukan olahraga.

Udang Bakar

Nah untuk kamu yang mungkin ada udang di dalam kulkas maka udang tersebut yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu makanan yang baik setelah olahraga malam, cara memasaknya dengan dibakar atau dipanggang sebentar lalu celupkan ke dalam saus atau guacamole yang khas Meksiko terbuat dari buah Alpukat.

Jus Ceri, Buah dan Kacang

Cemilan yang bisa dimakan setelah melakukan olahraga malam hari yaitu buah, kacang dan juga jus ceri, dimana makanan tersebut yang tersedia karbohidrat, lemak, dan protein yang dapat membantu dalam mengatasi nyeri otot setelah melakukan olahraga dan untuk jus ceri ini yang mengandung fitokimia dan antioksidan serta anti inflamasi yang dapat meningkatkan pemulihan pada kekuatan otot.

Susu Coklat

Terakhir untuk makanan yang baik setelah olahraga malam yaitu dengan meminum susu coklat yang dapat rehidrasi protein pada otot, meredakan nyeri otot dan juga untuk mengisi kembali cadangan glukosa atau simpanan glikogen.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan yang baik setelah olahraga pagi, sore dan malam yang bisa kamu ketahui dan bisa dicoba, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.