Thursday, 18 Jul 2024

Jarak Makan Setelah Olahraga

3 minutes reading
Sunday, 27 Nov 2022 14:23 0 343 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Olahraga menjadi salah satu aktivitas fisik yang dilakukan secara bentuk kompetitif maupun santai dengan tujuan untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan agar tubuh tetap sehat, namun jarak makan setelah olahraga tentu saja perlu kamu ketahui untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Biasanya kebanyakan orang yang melakukan atau menjalankan program untuk menurunkan berat badan atau diet yang dimana olahraga menjadi salah satu hal yang terpenting dalam program tersebut dan tentunya tidak boleh terlewatkan, hal ini karena memang dengan berolahraga selain membuat tubuh menjadi sehat yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan juga.

Diana apapun melakukan olahraga dengan melakukan latihan kardiovaskular atau latihan otot seperti dengan mengangkat beban yang tentunya hal tersebut yang akan menghabiskan energi, sehingga dengan habisnya energi setelah berolahraga yang akan  membuat perut menjadi keroncongan .

Hal ini berakibat terdorong keinginan untuk memakan makanan tertentu, namun kebanyakan orang yang berpikir jika mengkonsumsi setelah melakukan olahraga yang dianggap akan menjadi sia-sia.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang bertanya mengenai jarak makan setelah olahraga yang ideal, nah untuk mengetahui informasi tersebut maka kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Jarak Makan Setelah Olahraga

Jarak Makan Setelah Olahraga

Pada saat melakukan olahraga dimana nantinya otot yang akan menggunakan glikogen, cadangan glukosa yang menjadi salah satu sumber energinya, pada saat setelah melakukan olahraga nantinya tubuh yang akan mencoba untuk membangun kembali simpanan glikogen dalam otot yang telah digunakan sebelumnya.

Dengan  mengkonsumsi makanan yang bernutrisi segera setelah melakukan olahraga yang akan membantu dalam mempercepat untuk proses pembangunan glikogen di dalam otot, sehingga dengan begitu makan setelah olahraga yang menjadi salah satu hal yang penting untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan pada tubuh dalam mengganti energi yang telah terkuras sebelumnya.

Namun jangan khawatir jika dengan mengkonsumsi makanan setelah olahraga yang dapat akan langsung menjadi lemak, pada dasarnya untuk makanan yang masuk ke dalam tubuh pada saat setelah melakukan olahraga yang tidak akan langsung berubah menjadi lemak.

Dimana tubuh yang akan menggunakan glikogen yang menjadi sumber energi pada saat melakukan olahraga, jika stok glikogen mulai menipis maka nantinya tubuh yang akan mencoba memecahkan lemak yang digunakan untuk energi.

Makan untuk asupan makanan yang dikonsumsi setelah olahraga yang akan digunakan untuk membangun glikogen di dalam otot, namun jika kebutuhan makanan untuk otot dan juga jaringan yang lainnya sudah tercukupi maka sisa dari makanan tersebut baru akan menjadi lemak.

Untuk jarak makan setelah olahraga yaitu selang dari 30 hingga 60 menit yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan berat dengan mengandung protein. karbohidrat serta lemak yang seimbang dan pastikan untuk menghindari makanan dengan memiliki lemak yang tinggi setelah melakukan olahraga.

Jika dengan mengkonsumsi makanan berat secara langsung setelah melakukan olahraga sangat tidak direkomendasikan karena hal tersebut yang akan membuat perut menjadi kaget, tetapi jika kamu setelah melakukan olahraga dan merasa pusing atau lemah maka kamu bisa dengan mengkonsumsi makanan yang manis seperti buah-buahan an ini yang akan membantu untuk memulihkan energi yang secara cepat.

Alternatif lainnya bisa dengan mengkonsumsi salad atau gado-gado yang dapat mengisi kekosongan pada perut setelah melakukan olahraga, perlu kamu ketahui pada saat sebelum dan sesudah melakukan olahraga untuk selalu mengkonsumsi banyak minum air hal ini bertujuan agar terhindar dari dehidrasi.

Dimana selama melakukan olahraga nantinya tubuh yang akan kehilangan air dan juga elektrolit dengan melalui keringat, dengan melakukan isi ulang air di dalam tubuh setelah olahraga maka akan membantu dalam pemulihan dan juga akan mengganti air dan juga elektrolit yang hilang pada saat berolahraga sebelumnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai jarak makan setelah olahraga yang mungkin perlu kamu ketahui jika akan melakukan olahraga untuk program diet atau agar tubuh tetap sehat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu menjawab pertanyaannya dan semoga bermanfaat.