Monday, 17 Jun 2024

Ice Breaking Tepuk Tangan Untuk Anak SD

4 minutes reading
Sunday, 27 Nov 2022 14:30 0 740 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat belajar terkadang anak-anak yang akan merasa jenuh nah untuk memecahkan kejenuhan di kelas pada saat belajar di kelas maka bisa dengan melakukan game ice breaking, lalu apa saja game ice breaking tepuk tangan yang bisa dilakukan oleh guru dan anak SD.

Pada dasarnya untuk masa-masa sekolah ini yang menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu dan sekaligus bisa membosankan, hal ini karena pada saat selama liburan yang tidak bertemu dengan teman-teman sekolah namun membosankan juga jika banyak tugas.

Pada saat pelajaran dimulai yang mungkin akan menjadi ngantuk, tegang dan juga perasaan lainnya yang gak enak, atau dengan suasana yang terlihat sangat sepi dan juga kurang menarik yang ternyata dihidupkan kembali dengan mencoba bermain game ice breaking.

Ice breaking yang sesuai dengan namanya yang dimana game ini yang digunakan untuk memecahkan keadaan atau kondisi yang cenderung mendingin atau sepi, ice breaking yang terbukti sangat ampuh untuk mencairkan suasana dan tentunya dapat mengembalikan konsentrasi sehingga anak-anak yang akan tetap fokus kepada guru.

Lalu apa saja ice breaking tepuk tangan untuk anak SD yang dapat dilakukan, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak penjelasan dibawah ini terdapat beberapa game yang bisa dipraktekan.

Ice Breaking Tepuk Tangan Untuk Anak SD

Ice Breaking Tepuk Tangan Untuk Anak SD

Ice breaking atau ice breaker ini yang memainkan peran yang sangat signifikan dalam keberlangsungan pembelajaran, dimana ice breaking yang merupakan game atau kegiatan untuk mencairkan suasana atau menghangat pembicaraan antar anak-anak.

Biasanya untuk ice  breaking ini yang dilakukan pada saat kondisi perkenalan orang-orang yang tidak saling kenal dan tentunya agar acara perkenalanya menjadi tidak tegang atau kaku, dan biasanya pada pertama kali tahun ajaran baru dengan mayoritas anak-anak yang masih malu dalam mengekspresikan diri di lingkungan baru.

Manfaat dari melakukan game ice breaking tepuk tangan ini yang selain dapat membantu untuk mencairkan kondisi kaku atau dingin, dengan kegiatan ice breaking ini yang mampu untuk memecahkan kejenuhan di dalam kelas seperti tidak fokus belajar, terlihat tidak tertarik dan mungkin ngantuk.

Selain itu juga ada manfaat lainnya dengan melakukan ice breaking tepuk tangan yaitu diantaranya:

  • Untuk hiburan agar tidak jenuh dan mengembalikan semangat belajar.
  • Untuk sarana perkenalan yang menjadi asik atau seru.
  • Untuk membangun suasana yang menjadi friendly, sehingga dengan begitu akan lebih mudah dimengerti dan diikuti dalam proses pembelajaran.
  • Mendorong anak-anak SD untuk mempunyai rasa saling memiliki pada lingkungan belajar.
  • Membantu untuk membangun hubungan antar murid-murid dan juga untuk menumbuhkan lingkungan proses belajar yang lebih produktif.

Dimana untuk melakukan ice breaking tepuk tangan untuk anak SD yang pastinya semua orang pernah melakukanya dan mungkin pernah melihat orang lain yang tepuk tangan, dimana game ini yang pastinya anak-anak akan menyukainya lalu bagaimana dengan cara bermain ice breaking tepuk tangan ini kamu bisa dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Tepuk Tangan Dibalas Tepukan

Ice breaking tepuk tangan untuk anak SD yang dapat kamu coba dan lakukan pada saat proses pembelajaran yang terlihat jenuh dengan melakukan tepuk tangan yang dibalas dengan tepuk tangan juga, untuk melakukan game ini kamu bisa dengan mengikuti caranya dibawah ini:

  • Jika kita bertepuk 1x, maka anak-anak SD harus tepuk tangan sebanyak 5x.
  • Jika kita bertepuk 2x, maka anak-anak SD harus tepuk tangan sebanyak 4x.
  • Jika kita bertepuk 3x, maka anak-anak SD harus tepuk tangan sebanyak 3x
  • Jika kita bertepuk 4x, maka anak-anak SD harus tepuk tangan sebanyak 2x.
  • Jika kita bertepuk 5x, maka anak-anak SD harus tepuk tangan sebanyak 1x.

Untuk metode game ice breaking tepuk tangan yang satu ini yang bisa dibalik sesuai dengan keinginan kita, dan untuk caranya yang dapat dikreasikan dengan bentuk yang lainnya yang lebih menarik dan mencairkan suasana kelas.

Tepuk Tangan Menggunakan Bantuan Anggota Tubuh

Ice breaking tepuk tangan untuk anak SD yaitu dengan tepuk tangan yang menggunakan bantuan anggota tubuh, dimana ajak anak-anak untuk bertepuk tangan pada saat kita memegang salah satu anggota tubuh contohnya yaitu:

  • Pada saat memegang mulut, maka anak-anak SD bertepuk tangan 1x tepuk.
  • Pada saat memegang hidung, maka anak-anak SD bertepuk tangan 2x tepuk.
  • Pada saat memegang bersedekap, maka anak-anak SD bertepuk tangan 3x tepuk.
  • Pada saat memegang telinga, maka anak-anak SD bertepuk tangan 4x tepuk.

Untuk cara diatas yang dapat dikreasikan sedemikian rupa yang sesuai dengan keinginan dan untuk teknik bermainnya yang bisa di bolak-bolak.

Mungkin hanya itu saja beberapa ice breaking tepuk tangan untuk anak SD yang bisa kamu coba dan praktekkan untuk mencairkan suasana menjadi lebih seru, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.