10 Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 21:01 0 30 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, ada jenis makanan yang harus dihindari untuk menormalkan kembali. Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang seringkali mengganggu penampilan, bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Selain pengaruh dari hormon, salah satu faktor seseorang berjerawat adalah faktor eksternal dari makanan yang dikonsumsinya. 

Tidak semua makan baik dikonsumsi, apalagi dengan porsi besar. Pasalnya, ada jenis makanan yang bisa memicu kelenjar minyak sehingga memproduksi minyak dalam jumlah berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan minyak berlebih dan memicu jerawat pada kulit wajah bermunculan. Maka, kamu harus mengetahui makanan yang harus dihindari tersebut. Sehingga terhindar dari ancaman risiko jerawat datang kembali.

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kamu harus memahami betul jenis makanan yang bisa menyebabkan jerawat tumbuh terus menerus di wajah kamu, bahkan menyebabkan peradangan di area wajah. Jerawat atau acne adalah salah satu kondisi gangguan kulit dimana kulit memproduksi minyak berlebihan baik di wajah maupun di area tubuh lainnya. Sehingga menyebbakan produksi sebum berlebiahn dan menganggu kesimbangan hormon pada tubuh seseornag.

Meskipun dalam beberapa wacana makanan dan jerawat ini masih menjadi kontroversi terkait hubungannya yang dikatakan masih membutuhkan penelitian. Hal ini dikarenakan kondisi kulit yang diakibatkan oleh folikel rambut yang tersumbat, jerawat dapat menimbulkan dna memanci gejala lain seperti komedo putih, komedo hitam, jerawat dan peradangan pada kulit. 

Bagaimanapun demi kebaikan dan kesehatan kulit kamu sebaiknya untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut kamu sudah merangkum mengenai jenis makanan yang harus dihindari, untuk penderita kulit berminyak dan berjerawat. 

Biji-Bijian dan Gula Halus

Seseorang yang memiliki jerawat cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Olahan karbohidrat ini sendiri akan membuat kamu rawan terkena jerawat. Dilansir dari lama Healthline dikatakan, bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki persentase resiko terkena jerawat sebanyanyak 30%. Sementara mereka yang rutin makan kue, memiliki persentase risiko terkennya adalah 20%. 

Sehingga kamu harus menghindari konsumsi makanan yang berupa biji-bijian dan gula halus dalam makanan apapun. Jika kamu mengonsumsi minuman kemasan, perhatikan komposisi dan carilah kandungan gula di dalamnya. Jika memiliki kadar yang tinggi melebihi kebutuhan gula harian kamu, hindarilah. Dengan begitu akan mudah bagi kamu untuk terhindar dari ancaman jerawat membandel.

Produk Susu

Susu memang sehat bagi tubuh dna kesehatan. Namun bagi orang dewasa susu maupun ekstrim jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengundang datangnya produksi minyak berlebih pada kulit, selain itu akan meningkatkan kadar insulin pada tubuh. Sehingga dengan begitu akan memperburuk kondisi dari jerawat kamu. Dalams beuah penelitian juga dikatakan bahwa seorang dewasa yang mengkonsumsi susu maupun es krim memperbaiki persentase 4 kali lebih cepat berjerawat dibandingkan yang lainnya.

Makanan Cepat Saji

Jerawat bisa muncul karena pola makan yang tidak sehat, dimana makananya didominasi oleh kandungan kalori, lemak hingga karbohidrat olahan yang sangat tinggi. Ini Semua bisa didapatkan dari jenis makanan cepat saji. Makanan cepats aji ini merupakan jenis makanan seperti burger, hot dog, kentang goreng, fried chicken, milkshake, soda, nugget dan masih banyak lainnya. 

Makanan cepat saji akan meningkatkan resiko seseorang terkena jerawat. Dalams beuah studi juga diketahui dari 5.000 remaja dan orang dewasa di China bahwa dengan melakukan diet tinggi lemak dikatakan dengan 43 % meningkatkan risiko jerawat. Selain itu mengkonsumsi makanan cepat saji sendiri dapat meningkatkan risiko terkena jerawat hingga 17%. 

Makanan Yang Kaya Lemak Omega 6

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki pola makan yang cenderung mengandung asam lemak omega 6 dalam jumlah besar, kamu harus menghentikannya. Hal ini dikarenakan pola makan khas western ini adalah salah satu pemicu yang bisa meningkatkan peradangan pada area jerawat di wajah. Karena makanan western sendiri memiliki kandungan minyak jagung dan kedelai yang kaya akan kandungan lemak omega 6 dan sedikit makanan yang mengandung lemak omega 3. 

Ketika tubuh mendapatkan asupan lemak omega 6 dan omega 3 dengan kadar yang tidak seimbang, maka hal inilah yang akan menyebabkan proses inflamasi. Hal inilah yang justru akan memperburuk kondisi jerawat secara langsung. Maka, hindarilah konsumsi makanan yang memiliki kadar lemak omega 6 yang cukup tinggi di dalamnya.

Mengkonsumsi Makanan Berminyak dan Tinggi Garam

Tidak hanya makanan yang tinggi gula saja yang harus kamu hindari, namun yang memiliki kandungan minyak dan garam harus kamu kurangi. Hal ini dikarenakan kedua jenis makanan inilah yang akan menjadi penyebab jerawat di kulit wajah bermunculan. Makanan berminyak memiliki kandungan lemak trans yang tinggi, bahkan terdapat lemak jenuh dan minyak yang dihidrogenasi. Nantinya lemak-lemak jahat inilah yang akan menumpuk dalam sel tubuh dan terjadilah penyumbatan pada pori-pori kulit wajah. Selanjutnya akan timbul komedo dan jerawat yang meradang di kulit wajah. 

Mengkonsumsi Makanan Pedas

Siapa sangka jika makanan pedas merupakan salah satu penyebab kulit wajah berminyak dan berjerawat. Kamu tidak boleh mengonsumsi makanan pedas dalam porsi besar. Hal ini dikarenakan makanan pedas yang berlebihan akan mengganggu sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan seseorang terganggu hal ini akan berdampak juga pada kesehatan kulit seseorang, diantaranya kulit wajah juga. Maka, tidak heran jika timbul jerawat karena mengkonsumsi makanan pedas dalam porsi yang berlebihan. 

Alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman yang menyebabkan jerawat timbul dalam kulit wajah. Alkohol akan meningkatkan produksi urin yang mana tubuh akan mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dalam porsi yang besar. Sehingga kulit akan menjadi kering, dengan begitu kulit secara otomatis akan memproduksi minyak untuk mengatasi kekeringan pada kulit wajah tersebut. Selain itu alkohol juga akan menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan lainnya. Maka, hindarilah mengkonsumsi alkohol jika kamu berjerawat dan ingin terhindar dari jerawat di kemudian hari.

Whey Protein

Makanan yang menyebabkan jerawat lainnya adalah whey protein. Whey protein merupakan salah satu jenis protein yang bisa digunakan untuk asupan bagi kamu yang suka berolahraga atau Gym. Whey protein memiliki kandungan yang kaya akan glutamin dan leusin. Sehingga hal inilah yang akan menyebabkan jerawat bermunculan. Dalam beberapa penelitian juga dikatakan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi whey protein dna kemunculan jerawat pada wajah atlet pria. 

Makanan Kaleng

Makanan kaleng yang dikemas secara beku harus kamu hindari. Karena pada umumnya makanan kaleng ini memiliki kandungan garam yang tinggi, disertai pemanis, minyak, bumbu bahan pengawet di dalamnya. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara berlebihan justru hanya akan membuat kamu meningkatkan risiko jerawat yang kronis. Hindarilah mengkonsumsi makanan kaleng dalam intensitas dan porsi yang banyak. 

Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, dalam beberapa kasus telur bisa menyebabkan bisul dan jerawat, hal ini dikarenakan kandungan protein di dalamnya yang tinggi. Kamu harus menghindari konsumsi telur secara berlebihan. Kamu tetap bisa mengonsumsi telur namun, pastikan kamu melakukan olahraga dimana hal ini dapat mengalihkan kadar protein dari telur untuk kesehatan massa otot dalam tubuh. Karena jika mengkonsumsinya dalam jumlah tinggi  amu bisa terkena jerawat dan bisu.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari, pasalnya jenis-jenis tersebut dapat memicu kenaikan kadar minyak pada kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat hingga peradangan. Perhatikan porsi dari jenis makanan tersebut, sehingga dengan begitu kamu tidak akan terancam terkena jerawat atau bisul.