Saturday, 22 Jun 2024

10 Penyebab Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 21:12 0 220 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apasih penyebab kenapa kucing tidak mau makan dan tidur terus? Yang membuat kamu khawatir dibuatnya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui apa penyebab kucing kamu gak mau makan dan lebih sering tidur.

Kucing memang dikenal hewan yang cukup senang menghabiskan waktunya untuk tidur, jadi sudah sangat wajar jika kucing kamu banyak tidur. Bisa juga karena sedang mengumpulkan energi yang sudah terkuras habis saat melakukan aktivitas sehari-harinya atau bermain.

Kucing yang sedang mogok makan juga, sebenarnya cukup biasa dan sering terjadi jika kucing itu belum merasa lapar dan saat sudah merasa lapar mereka juga akan segera makan kembali seperti biasanya. Memang bukan sesuatu yang besar, tapi harus juga perlu kamu perhatikan.

Karena jika memang hal itu terjadi dalam kurun waktu yang lama, perlu kamu waspadai dan perlu kamu ketahui juga apa penyebabnya yang membuat kucing kamu gak nafsu makan dan tidur terus. Bisa jadi karena ada masalah kesehatan, maka dari itu simaklah penjelasannya dibawah ini!

Penyebab Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Penyebab Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Sebagai makhluk hidup, manusia maupun hewan pasti memiliki hal yang sama juga seperti halnya tidak nafsu makan dan pengen tidur terus aja di kamar. Kucing pun dapat berperilaku seperti itu dan mengalami hal seperti itu juga layaknya manusia.

Penyebabnya pun bisa beragam macamnya dan ada juga sebagian yang sama seperti manusia. Yah.. namanya juga sesama makhluk hidup, walaupun memang beda spesies dan prosesnya juga bisa berbeda antara manusia dan kucing.

Hal ini terjadi bisa dari beberapa faktor, seperti faktor medis atau memang faktor internal yang dialami si kucing sehingga membuatnya seperti itu. Tapi biasanya kucing yang normal pasti akan lebih aktif bermain atau beraktivitas dan pastinya lebih sering makan juga.

Maka dari itu jika kucing kamu terus-terusan tidak ingin makan dan selalu saja lebih memilih banyak tidur, berarti ada suatu hal yang cukup serius dialaminya dan ada beberapa penyebab yang membuatnya seperti itu. Berikut adalah penyebabnya:

Kucing Sakit

Yang pertama karena kucing kamu sedang sakit, sehingga membuatnya menjadi lesu, lemas, hanya bisa terbaring di tempat tidurnya dan nafsu makan pun menurun. Susah untuk membuatnya bisa makan dengan teratur.

Jika kucing kamu sakit dan tidak ingin makan, bisa menjadi masalah yang lebih serius lagi. Kurangnya asupan nutrisi dari makanan dan asupan mineral didalam tubuhnya dapat memperburuk kondisi si kucing.

Maka dari itu solusinya adalah dengan memberinya vitamin penambah nafsu makan kepada si kucing, supaya bisa makan dengan lahap lagi dan memulihkan kondisinya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mengalami Masalah Pencernaan

Yang kedua adalah karena adanya masalah pencernaan, yang membuatnya susah untuk mencerna makanan dengan baik. Membuatnya jadi enggan untuk makan karena pastinya akan mengalami sakit perut terus menerus akibat gangguan pencernaan.

Biasanya ini disebabkan karena beberapa hal seperti diare, infeksi pada usus, dan saluran pencernaan lainnya. Hindarilah untuk memberikannya susu formula yang mengandung tinggi laktosa, karena akan membuatnya diare serta usahakan menyajikan makanan dengan higienis.

Jika makanannya disajikan dengan higienis, kuman dan bakteri pun tidak akan masuk ke dalamnya. Sehingga kucing kamu pun tidak akan mengalami masalah pencernaan atau infeksi karena masuknya bakteri yang mengganggu kesehatan pencernaan.

Merasa Stres

Yang ketiga adalah merasa stres. Kucing juga bisa merasa stres, lho! Stres yang dialaminya bisa membuat si kucing menjadi lebih murung dan gak mau makan sama sekali. Membuat tubuhnya menjadi lebih kurus karena tidak makan dan tidak ada masukan nutrisi ke dalam tubuhnya.

Hal ini disebabkan karena faktor lingkungan yang kotor, bising karena banyak anak-anak di rumah kamu sehingga si kucing pun merasa terganggu dan membuatnya stres. Berilah tempat yang lebih tenang untuk kucing kamu serta berikan juga beberapa mainan yang membuatnya senang.

Masalah Kesehatan Gigi

Yang keempat adalah adanya ,masalah kesehatan gigi si kucing yang membuatnya susah untuk mengunyah atau memakan makanannya dengan baik. Akibat nyeri pada bagian gigi atau gusi membuatnya kesakitan dan enggan untuk makan karena gak tahan dengan rasa sakitnya.

Seperti adanya masalah abses gigi, patahnya gigi si kucing, peradangan pada gusinya sama halnya seperti manusia yang mengalami sariawan dan enggan untuk makan atau menjadi hilang nafsu makannya karena harus menahan sakit gigi.

Makanan Yang Bukan Seleranya

Yang terakhir adalah karena faktor makanan yang tidak sesuai dengan selera si kucing. Kucing juga bisa bosan kalau makannya itu-itu aja! Membuat si kucing jadi gak mau makan karena bosan. Makanya kamu harus menyediakan berbagai makanan lainnya serta cemilannya.

Seperti membeli berbagai dry food dan wet food yang memiliki banyak varian rasa dan bentuk yang lucu-lucu akan membuatnya membangkitkan nafsu makan atau selera makannya. Dengan begitu kucing kamu akan kembali nafsu makan seperti biasanya.

Nah, untuk masalah kucing yang tertidur terus ada beberapa penyebabnya seperti berikut:

Kelelahan

Yang pertama karena si kucing kelelahan dan ini sudah pasti sering terjadi. Kucing yang menghabiskan waktu untuk bermain dan beraktivitas pasti akan membuatnya cepat kelelahan dan membuatnya ngantuk karena capek, sama seperti manusia kalo kecapean, ya pasti pengen tidur.

Maka dari itu berilah dia waktu untuk tidur atau beristirahat jika sudah main bersama kamu seharian, untuk memulihkan energinya dan beraktivitas kembali di hari esok. Jika kucing kamu memiliki kualitas tidur yang bagus, tentu akan bagus juga untuk kesehatan mental dan fisiknya.

Sedang Hamil

Yang kedua adalah karena kucing kamu sedang hamil. Kucing yang sedang dalam masa kehamilan, pasti perlu tidur yang cukup juga supaya kesehatan induk dan janin didalamnya tidak akan terganggu dan lahir dengan sehat.

Apalagi jika kucing yang mendekati masa persalinannya di minggu ke 6-7, si kucing akan lebih sering tidur untuk menyimpan energi di esok hari saat akan melahirkan. Karena melahirkan juga perlu banyak tenaga dan itu harus banyak-banyak beristirahat.

Sedang Bosan dan Depresi

Yang ketiga adalah karena sedang merasa bosan dan depresi. Tentu saja kucing juga akan merasa bosan dalam hidupnya, apalagi ditemani dengan kesepian selama hidupnya akan membuat si kucing itu depresi dan cenderung akan lebih sering tidur.

Karena dengan tidur membuat si kucing tidak akan merasa kesepian, bosan bahkan sampai depresi. Makanya kamu sebisa mungkin mengajaknya bermain atau mengadopsi kucing lain untuk menemaninya supaya tidak bosan dan kesepian.

Obesitas

Yang keempat adalah faktor obesitas. Kucing yang obesitas atau kelebihan berat badan akan membuatnya kesusahan untuk bergerak dengan leluasa dan memilih untuk tidur saja sepanjang harinya.

Seperti manusia, kucing yang obesitas akan mudah kelelahan jika banyak bergerak dan membuatnya malas untuk beraktivitas. Sehingga kucing-kucing yang obesitas ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan tidur saja.

Faktor cuaca

Yang terakhir karena faktor cuaca. Jika cuaca sedang hujan dan dingin pasti siapapun juga akan lebih memilih tidur terus kan daripada beraktivitas? Nah, kucing juga sama! Mereka akan mencari tempat yang hangat dan nyaman untuk tidur seharian.

Cuaca yang dingin secara terus menerus akan membuat si kucing lebih nyaman untuk tidur di ruangan yang hangat. Maka nya si kucing lebih sering tidur karena cuacanya juga sangat mendukung buat tidur.

Itulah beberapa penyebab kenapa kucing tidak mau makan dan tidur terus yang mungkin perlu kamu ketahui untuk mengatasi hal itu tidak terjadi pada kucing kamu agar senantiasa selalu dalam keadaan sehat dan terawat dengan baik tanpa ada masalah kesehatan apapun.

Selalu cek kondisi kesehatannya jika terjadi masalah yang lebih serius, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan agar ditangani langsung oleh ahlinya serta memulihkan kondisi si kucing supaya sehat kembali. Good Luck semoga membantu.