Monday, 15 Apr 2024

Berapa Lama Kucing Hamil Setelah Dikawinkan?

4 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 19:47 0 165 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Berapa lama kucing hamil setelah dikawinkan? Untuk mengetahui kehamilan kucing setelah dikawinkan bisa langsung saja kamu baca artikel ini sampai selesai, jika memang kamu penasaran mengenai seputar kehamilan kucing untuk menambah wawasan.

Sebagai catlovers pastinya perlu dong tau tentang semua persoalan kucing, mulai dari pupnya berapa kali sehari, makanan kesukaannya apa, kalau keluar rumah berapa jam sehari, sampai hal-hal terkecil seperti itu pun yang biasa dianggap sepele perlu kamu ketahui semua.

Apa gunanya emang? Tentu saja dengan kamu mengetahui beberapa hal tentang kucing, kamu jadi tidak kerepotan saat ingin mengadopsi dan merawat si kucing. Anggap saja itu adalah ilmu dalam memelihara hewan peliharaan supaya dapat membantumu mengatasi beberapa hal.

Begitupun dengan mengetahui berapa lama si kucing hamil setelah dikawinkan. Nah, disini akan memberi beberapa info terkait hal itu, serta menjelaskannya secara singkat untuk kamu agar mudah dipahami. Simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Berapa Lama Kucing Hamil Setelah Dikawinkan?

Berapa Lama Kucing Hamil Setelah Dikawinkan?

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui lebih dulu tentang ciri-ciri kucing kamu hamil itu seperti apa dan apa saja sih? Dengan begitu kamu bisa dapat mengenali beberapa perubahannya saat kucing kamu lagi hamil.

Seperti ada perubahan fisiknya yang bisa kamu lihat pada bagian perut yang mulai membesar dan kelenjar susunya membesar serta perilakunya yang semakin berubah menjadi manja kepada majikannya, semakin sensitif atau galak, gampang cemas, gelisah dan lain sebagainya.

Kucing betina biasanya melakukan perkawinan dengan beberapa jantan selama 4-6 hari. Dalam masa perkawinan atau musim kawin, mereka akan memilih beberapa kucing jantan yang terbaik untuk berkesempatan berkembang biak dan menghasilkan keturunan yang baik.

Pada hari pertama si kucing kawin, mereka dapat melakukannya sampai 10-20 kali. Wow sangat fantastis bukan? Pada hari pertamanya bisa kawin dalam beberapa kali dan sebanyak itu. Selain itu juga bukan hanya dengan satu kucing jantan saja! Tapi lebih dari satu jantan.

Jika si kucing betina sudah menemukan pejantan yang terbaik dan sehat, tentu dapat menghasilkan bibit unggul. Bukan hanya manusia saja ya! Tapi hewan juga memiliki insting dalam memilih pasangan yang terbaik untuknya berkembang biak guna mendapatkan keturunan.

Sangat menarik bukan? Tapi apakah kucing juga sama dengan manusia mengandung selama 9 bulan? Tentu saja tidak! Karena mau bagaimanapun juga manusia dan hewan ada dalam spesies yang berbeda. Walaupun memang ada beberapa kesamaan dalam hal-hal tertentu.

Lalu berapa lama kucing hamil setelah dikawinkan? Untuk mengetahui hal itu, biasanya untuk mengetahui kehamilan kucing bisa dilihat dari ukuran perutnya yang akan membesar pada 30 hari setelah kawin dan pada saat itu juga puting si kucing membesar dan memerah.

Kehamilan kucing yang normal akan berlangsung selama kurang lebih 2 bulan saja atau 63-65 hari sampai si kucing melahirkan. Jika kurang dari itu berarti kucing kamu prematur, yang dimana melahirkan dan usia kehamilannya terlalu cepat dari yang seharusnya atau normalnya.

Penyebab kucing kamu prematur bisa dari berbagai hal, seperti kucing kamu mengalami stres yang terjadi selama kehamilan. Ada kelainan pada janin dan bahkan disebabkan karena ada salah satu janin yang mati didalam kandungan, sehingga mengharuskannya untuk melahirkan.

Maka dari itu kamu perlu memperhatikan segala kesehatan fisik dan mental si kucing selama kehamilan agar tidak mengalami hal seperti itu. Memberikan perawatan yang baik serta lebih ekstra lagi selama kehamilan kucing kamu, pastikan kucing kamu dalam keadaan sehat.

Berilah vitamin dan pakan yang bagus untuk induk yang sedang mengandung, guna untuk menutrisi si induk dan janin di dalamnya sehat dan asupan nutrisi terpenuhi. Hal itu dilakukan agar kucing kamu tidak mengalami malnutrisi yang membuatnya sakit dan lemas, selama kehamilan.

Itulah beberapa informasi mengenai berapa lama kucing hamil setelah dikawinkan yang mungkin perlu kamu ketahui untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kamu inginkan dan diluar kontrol kamu selama kehamilan si kucing.

Pastikan untuk selalu konsultasi dan mengecek usia kehamilan kucing kamu serutin mungkin tiap minggunya. Jika terjadi hal yang diluar kendali kamu, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan dan serahkan pada ahlinya untuk mengurus kehamilan serta kelahirannya dengan selamat. Good Luck semoga membantu!