Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengatasi dan Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 21:15 0 236 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara mengatasi dan mengobati kucing lemas tidak mau makan dan tidur terus? Langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui sebab dan cara mengatasi hal itu pada kucing kamu dengan baik dan benar.

Kalau kucing kamu mengalami hal-hal seperti itu biasanya ada masalah dalam kesehatannya. Pasti ada penyebabnya kenapa kucing kamu bisa lemas tidak berenergi, sehingga membuatnya jadi tidur terus seharian bahkan tidak nafsu untuk makan dan membuatnya menjadi kurus.

Resiko terburuknya bisa saja kucing kamu lama-lama akan mati kelaparan dan lemas tidak memiliki tenaga untuk bergerak leluasa. Pastinya tidak ingin kan kalau kucing kesayangan kamu mati dan pergi meninggalkan kamu begitu saja? Tentu saja tidak, pasti akan kehilangan.

Maka dari itu kamu harus tau cara mengatasi dan mengobati kucing lemas tidak mau makan dan tidur terus. Simaklah beberapa cara dan penjelasannya dibawah ini dengan seksama agar kamu dapat mudah memahami cara-caranya dengan baik dan benar!

Cara Mengatasi dan Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Cara Mengatasi dan Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui lebih dulu mengenai apa saja penyebab kucing kamu bisa lemas dan membuatnya lebih sering tidur untuk memastikan keadaannya terlebih dahulu sebelum kamu mengobati atau mengatasinya. Dengan mengenal penyebabnya terlebih dahulu akan mempermudah kamu dalam mengatasinya.

Kucing yang lemas biasanya karena kekurangan cairan dalam tubuhnya, atau bisa juga karena malnutrisi yang dialaminya. Sehingga membuat kucing kamu terlihat sangat lesu, lemas tidak berdaya dan berenergi untuk jalan atau bergerak yang membuatnya memilih untuk diam serta tidur terus setiap harinya.

Tapi ada juga beberapa alasan kenapa kucing kamu tidur terus karena kucing kamu sedang hamil atau mendekati masa melahirkan yang membuatnya memilih untuk istirahat dan tidur sesering mungkin. Hal ini terjadi karena untuk mengumpulkan tenaga atau energi selama mendekati masa persalinannya.

Jadi kucing kamu memilih untuk beristirahat saja sampai waktu melahirkan tiba. Dengan tidur juga akan membuatnya mengurangi rasa cemas dan gelisah karena waktu melahirkannya telah dekat. Sehingga membuatnya sedikit lebih rileks dan tidak stres untuk memikirkan waktu yang dekat dengan masa persalinannya.

Maka dari itu penting untuk selalu mengecek atau memastikannya terlebih dahulu. Siapa tahu kucing kamu mengalami hal lainnya yang bahkan lebih buruk bagi kelangsungan hidupnya. Nah, berikut dibawah ini ada cara untuk mengatasi kucing kamu yang tidak mau makan dan tidur terus, adalah sebagai berikut:

Memberikan Multivitamin

Kucing yang tidak nafsu makan atau enggan untuk makan membuatnya sulit sekali diatur supaya mau makan. Maka dari itu solusinya adalah memberikannya multivitamin atau vitamin untuk menambah nafsu makan si kucing.

Kamu bisa beli vitaminnya di petshop atau olshop supaya lebih mempermudah untuk kamu cari. Selalu rutin memberi vitamin penambah nafsu makan untuknya supaya bisa makan dengan normal kembali dan sehat.

Vaksin Atau Beri Obat Cacing

Faktor medis yang membuatnya lemas bisa jadi karena kucing kamu terkena cacingan yang membuatnya mau makan sebanyak apapun tetap akan membuat si kucing kamu tidak kenyang dan lemas karena makanan yang masuk tidak tercerna dengan baik, melainkan oleh cacing.

Selain itu ada hal lain yang membuatnya lemas yaitu disebabkan oleh virus, sehingga kucing kamu lemah atau lemas. Membuatnya jarang makan atau bahkan tidak ingin makan sama sekali sampai si kucing akhirnya sakit dan imun tubuhnya tidak kuat menahan virus yang ada di tubuhnya.

Maka dari itu kamu harus segera membawanya ke dokter hewan untuk di vaksin agar virus di tubuhnya cepat menghilang atau melemah. Pastikan juga untuk memeriksanya apakah terkena cacingan atau tidak, lalu beri obat cacing jika memang kucing kamu mengalami cacingan. Dengan begitu masalah dapat teratasi.

Beri Air Mineral

Penyebab lainnya yang membuat kucing kamu tertidur terus karena lemas adalah kurangnya asupan mineral atau dehidrasi. Jadi kamu harus pastikan kucing kamu itu tidak kehausan atau dehidrasi yang membuatnya lemas, sama halnya seperti manusia kalau kehausan pasti akan merasa lemas.

Berilah kucing kamu air mineral, jangan gunakan air keran karena bisa saja ada bakteri di dalam air tersebut yang dapat mengganggu pencernaannya. Selalu sediakan air untuknya dan rutin mengganti airnya dengan yang baru jika sudah selesai diminum. Dengan begitu kucing kamu akan langsung minum jika sedang kehausan.

Rutin Menjemur Kucing

Bukan hanya manusia yang butuh vitamin D dari cahaya matahari pagi. Kucing juga sama! Makanya kamu harus rutin menjemur kucing kamu diluar rumah setiap pagi di jam-jam tertentu yang bagus untuk berjemur. Bagusnya kucing berjemur selama 10-15 menit saja dalam sehari.

Selain untuk memberinya vitamin D, bagus juga untuk mengobati kucing yang flu akibat bakteri atau virus yang menempel di bulunya sehingga terhisap masuk ke hidung si kucing. Selain itu juga dengan menjemurnya di pagi hari membuat si kucing terhindar dari dehidrasi.

Kasih Makan Sesuai Selera

Jika kucing kamu tidak ingin makan, bisa jadi karena makanannya tidak cocok atau bukan selera si kucing. Sebagai majikan, tentu harus memilih makanan yang berkualitas untuk kucing kamu supaya sehat dan cepat gemuk. Pilihlah atau belilah aneka makanan dry food dan wet food sesuai selera si kucing.

Dengan begitu kucing kamu bisa makan kembali dengan lahap, karena makanan yang lezat dan aroma makanan yang bisa menggugah nafsu serta selera makannya. Jadi penting untuk kamu dalam memperhatikan makanannya dengan baik, supaya kucing kamu makan dengan teratur dan ternutrisi dengan lebih bagus lagi untuk pertumbuhannya.

Mengajaknya Bermain

Salah satu penyebab kenapa kucing kamu tidur terus adalah karena mereka merasa bosan dan jenuh, sehingga membuatnya lebih sering tidur daripada bermain atau menjalankan aktivitas lainnya. Rasa kesepian juga dapat mempengaruhi mental si kucing yang membuatnya sering ngantuk karena tidak ada teman.

Maka dari itu solusinya adalah mengajak kucing kamu bermain, sebagai majikan yang perhatian pastinya kamu akan meluangkan waktu untuk bermain bersama kucing peliharaannya. Dengan begitu si kucing juga akan merasa di sayangi dan senang karena telah mengajaknya bermain.

Istirahat Yang Cukup

Faktor kucing kamu merasa lelah terus itu karena kurangnya istirahat. Setelah bermain seharian keluar rumah atau main didalam rumah bersama kucing lainnya akan sangat menguras energi mereka. Maka dari itu perlu untuk memberinya istirahat yang cukup, guna untuk mengisi energi mereka agar tidak kelelahan.

Aturlah jam tidur si kucing sebaik mungkin, agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini juga dilakukan supaya kucing kamu tidak stres, dengan tidur yang cukup dan istirahat yang cukup akan membuatnya bersemangat kembali untuk melakukan aktivitas di hari esok.

Konsultasi ke Dokter Hewan

Solusi yang terakhir untuk mengatasi hal ini adalah dengan konsultasi ke dokter hewan. Memastikan bahwa kucing kamu baik-baik saja atau sakit dan harus mendapatkan perawatan lebih lanjut lagi oleh ahlinya. Mengecek kesehatannya dan asupan gizi pada ahli gizi sangatlah perlu dilakukan.

Takutnya kucing kamu mengalami atau mengidap penyakit yang parah, sehingga membuatnya lemas sampai tidak mau makan. Dengan membawanya ke dokter adalah pilihan yang tepat! Adanya campur tangan dokter kamu bisa lebih tenang dan tidak perlu khawatir pada kesehatannya lagi, karena diatasi langsung oleh ahlinya.

Itulah beberapa cara mengatasi dan mengobati kucing lemas tidak mau makan dan tidur terus yang mungkin bisa kamu tiru dan lakukan sendiri di rumah untuk mengatasinya supaya si kucing normal dan sehat kembali serta dapat menjalani aktivitas sehari-harinya.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya agar terhindar dari penyakit yang dapat menyerang atau mengganggu kesehatan kucing dan pemiliknya. Dengan begitu kelihatan keduanya akan selalu terjaga. Good Luck semoga membantu!