Cara Mengatasi Anak Kucing Sakit Tidak Mau Makan

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 21:17 0 107 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara mengatasi anak kucing sakit tidak mau makan? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui cara untuk mengatasinya dengan baik dan benar agar si kucing sehat kembali.

Anak kucing memang sangat rentan sekali terserang atau terkena berbagai penyakit. Harus merawatnya dengan sebaik mungkin supaya anak kucing kamu bisa sehat terus sampai dewasa. Memang bukan hal yang mudah dalam perawatannya, hal terkecil pun harus banget diperhatiin.

Masa-masa awal pertumbuhan inilah yang menentukan masa dewasanya nanti. Jika anak kucing kamu tumbuh dengan baik dan sehat, tentu akan seperti itu hingga dewasanya nanti. Menjadi kucing yang kuat, memiliki imun tubuh yang bagus sehingga tidak akan mudah sakit.

Maka dari itu kamu harus mengetahui beberapa cara untuk merawat anak kucing agar tidak sakit serta dapat mengembalikan nafsu makannya. Nah, disini akan memberi beberapa cara mengatasi anak kucing yang sakit tidak mau makan. Simaklah penjelasannya dibawah ini!

Cara Mengatasi Anak Kucing Sakit Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Anak Kucing Sakit Tidak Mau Makan

Kucing yang masih kecil memang sedang aktif-aktifnya untuk melakukan segala aktivitas. Masa kanak-kanak inilah yang membuatnya memiliki banyak energi dan selalu semangat bertingkah lucu dan menggemaskan.

Mulai dari sudah bisa grooming, mengeong-ngeong dengan lantang, sudah bisa berjalan dengan baik, makan sendiri dan lain sebagainya. Pertumbuhan yang seperti itu akan terjadi secara bertahap seiring dengan pertumbuhan si kucing.

Namun, semua makhluk hidup juga tidak akan luput dari yang namanya sakit. Termasuk kucing juga! Apalagi untuk seukuran anak kucing ini daya tahan tubuhnya masih belum terbentuk dengan baik untuk mencegah segala penyakit yang masuk.

Sehingga membuatnya rentan terserang penyakit dan akhirnya sakit. Serta dapat menghambat pertumbuhannya yang sedang mulai aktif-aktifnya untuk berkembang. Membuat si anak kucing terpaksa harus berhenti dulu bermain atau beraktivitas.

Maka dari itu sebagai majikan yang baik kepada hewan peliharaannya, sudah wajib untuk mengurus anak kucing yang sakit sampai benar-benar sehat kembali. Meningkatkan nafsu makannya kembali supaya cepat tumbuh besar dan gemuk.

Dengan begitu kamu harus mengetahuinya terlebih dahulu mengenai bagaimana cara merawatnya serta cara mengatasi anak kucing sakit tidak mau makan ini dengan cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini! Adalah sebagai berikut:

Beri Vitamin Penambah Nafsu Makan

Langkah yang pertama adalah dengan memberinya vitamin penambah nafsu makan. Alasan utama kucing kamu sakit bisa saja karena mengalami malnutrisi yang dimana si anak kucing kekurangan nutrisi sebab tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Maka dari itu solusi yang bagus adalah dengan memberikan vitamin yang memiliki fungsi atau efek untuk meningkatkan nafsu makan si anak kucing. Dengan asupan vitamin hariannya dapat membuat anak kucing kamu mulai nafsu makan kembali seperti biasanya.

Jika sudah kembali normal mau makan dengan teratur lagi, perlahan-lahan kondisinya akan mulai membaik. Berilah pakan yang berkualitas, mengandung banyak nutrisi dan gizi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si anak kucing.

Beri Susu Formula

Langkah yang kedua adalah dengan memberinya susu formula. Seukuran anak kucing ini pasti masih harus mendapatkan asupan susu sebagai asupan makanannya di usia yang masih kecil dan belia ini dengan baik. Susu akan memberikan kebutuhan nutrisi yang cukup untuknya.

Jika memang kucing kamu tidak ingin makan makanan yang berat, kamu bisa memberinya susu formula yang memiliki kandungan yang sama seperti halnya memakan makanan yang berat seperti tuna, whiskas dan lain sebagainya. Supaya membuatnya cepat sehat dan tidak sakit lagi.

Supaya si kucing ini meminum susu dengan baik, kamu harus memastikannya sendiri dengan cara membuatkan susu formula dengan suhu yang pas tidak panas dan tidak dingin kedalam botol dot khusus anak kucing, lalu menggendongnya dan memberikannya secara langsung oleh kamu.

Menjaga Suhu Tubuh Tetap Stabil

Langkah yang ketiga adalah menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil. Jangan biarkan kucing kamu yang sakit ini kedinginan, hindarilah ruangan ber AC. Tempatkanlah di dalam ruangan yang cukup hangat untuk memulihkan suhu tubuhnya yang demam, harus di suhu yang pas.

Jika suhu tubuh kucing kamu menurun kamu bisa menghangatkannya dengan memberinya tempat tidur serta selimut yang hangat. Tapi, jika suhu tubuhnya tinggi atau demam kamu bisa berikan obat meloxicam untuk menurunkan demamnya.

Meloxicam itu sebuah obat untuk menghambat enzim COX-2 yang memicu pelepasan prostaglandin yang sebaliknya membatasi peradangan penyebab demam. Obat ini sangat aman digunakan untuk si kucing, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Menghangatkan Makanannya

Langkah yang keempat adalah dengan menghangatkan makanannya. Jika kucing kamu sedang mengalami flu dan menyebabkan hidungnya tersumbat yang membuatnya sulit untuk mencium aroma dari makanannya sehingga membuatnya tidak bisa mencium aroma makanan.

Itu bisa jadi penyebab si anak kucing tidak mau makan, karena hidungnya tersumbat dan penciumannya terganggu. Maka solusinya kamu bisa coba untuk menghidangkan makanannya di microwave selama 30 detik saja, lalu sajikan dan berikan pada anak kucing kamu.

Makanan yang hangat biasanya memberikan aroma yang lebih pekat sehingga dapat masuk tercium ke hidung si kucing. Membuatnya menjadi lebih berselera makan serta makanan yang hangat juga terasa lebih lezat.

Jika si anak kucing masih kesulitan untuk memakannya karena hidungnya yang tersumbat, kamu bisa menolong atau membantunya menggunakan suntikan untuk makanan dengan cara dimasukan ke dalam suntikan itu, lalu masukan ke mulut si kucing dengan perlahan.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Langkah yang kelima adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kucing juga akan merasa tidak nyaman jika lingkungan sekitarnya kotor dan tidak bersih, membuatnya merasa stres dan gak betah untuk lama-lama didalam ruangan.

Lingkungan yang tidak terjaga dapat menjadi sarang penyakit dan virus. Apalagi jika kandang dan tempat pupnya tidak rutin dibersihkan, bisa menjadi tempat berkembang biaknya berbagai kuman dan bakteri.

Membuat si anak kucing menjadi sakit dan membuatnya tidak nafsu makan, bahkan yang paling parahnya bisa menyebabkan kematian untuk anak kucing kamu. Ngeri banget kan? Makanya ayo jaga kebersihan lingkungan sekitar.

Selalu rutin membersihkan litter box tempat pup dan pipisnya serta mengganti pasirnya dengan yang baru. Pastikan tempat tinggal induk beserta anak-anak kucing kamu selalu bersih tidak kotor dan bau.

Membawanya ke Dokter Hewan

Langkah yang terakhir adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Cara yang paling tepat kamu lakukan saat anak kucing kamu sakit adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Untuk mengecek segala kondisinya dan memastikannya dengan baik.

Menyerahkan pada ahlinya memang yang paling tepat dilakukan demi kesehatan kucing kamu. Membuatnya cepat pulih karena ditangani langsung oleh ahlinya, sehingga si anak kucing kembali sehat dan aktif kembali.

Itulah beberapa cara mengatasi anak kucing sakit tidak mau makan yang bisa kamu lakukan atau terapkan sehari-hari untuk merawat anak kucing agar tetap sehat. Selalu cek kondisi tubuhnya agar dapat mengetahui bagaimana perkembangan kondisi si anak kucing.

Pastikan selalu kucing tidak dehidrasi supaya cairan tubuh di dalamnya tetap tercukupi. Jangan lupa juga untuk rutin menjemurnya di pagi hari supaya terkena sinar matahari yang baik untuk kesehatan anak kucing kamu. Good Luck semoga membantu.

x