Wednesday, 17 Jul 2024

10 Tempat Wisata di Tuban Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

11 minutes reading
Tuesday, 25 Jul 2023 19:07 0 256 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daftar tempat wisata di Tuban untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dijadikan sebagai referensi jika kamu berniat berkunjung ke Kabupaten Tuban, untuk bisa mengetahui dengan beberapa daftar tempat wisata cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Kabupaten Tuban yang dikenal menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam sehingga kabupaten Tuban mendapatkan julukan sebagai Kota Wali, selain itu Tuban juga yang memiliki Klenteng terbesar se-Asia Tenggara menjadi daya tarik tersendiri dan pada saat berkunjung ke sana jangan lupa untuk mencicipi  kuliner khas Tuban yang sangat lezat.

Namun tidak hanya itu saja Kabupaten Tuban juga yang memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, dimana Kabupaten Tuban yang terletak di sebelah utara Provinsi Jawa Timur memiliki bentang alam sangat lengkap dimulai dari bentang alam pantai hingga perbukitan, wisata religi dan semuanya dimiliki oleh kabupaten Tuban.

Karena hal  tersebut sehingga membuat Tuhan menjadi salah satu wilayah Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur dengan menawarkan daya tarik wisata yang sangat lengkap, untuk kamu yang tertarik berlibur atau berencana untuk liburan di Kabupaten Tuban maka perlu mengetahui dengan beberapa tempat wisata di Tuban untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits terlebih dahulu dan untuk mengetahuinya bisa simak penjelasannya disini.

Tempat Wisata di Tuban Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Pada saat libur akhir pekan waktu yang tepat untuk merehatkan sejenak dari kepadatan aktivitas sehari-hari yang membuat kamu menjadi sibuk sampai lupa untuk mengistirahatkan pikiran dan juga tubuh, salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa penat dan lelah yaitu dengan pergi liburan bersama keluarga dan explore keindahan alam yang ada di Indonesia untuk menemani liburan menjadi lebih menyenangkan.

Salah satu kabupaten yang memiliki tempat wisata terbaik bisa kamu kunjungi pada saat musim libur akhir pekan yaitu Kabupaten Tuban dengan menyuguhkan beragam tempat wisata dimulai dari wisata alam, budaya, sejarah hingga dengan kuliner khas wilayah sana yang  sangat sayang untuk dilewatkan bersama dengan anak-anak dan juga keluarga untuk merasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.

Terkhusus untuk kamu berstatus sebagai masyarakat Tuban serta sekitarnya atau berencana berkunjung ke Kabupaten Tuban dalam waktu dekat, berikut untuk beberapa tempat wisata yang ada di Tuban cocok dijadikan sebagai tempat piknik bersama dengan anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa kamu kunjungi saat libur akhir pekan atau libur panjang yaitu sebagai berikut:

Wisata Tebing Pelangi

10 Tempat Wisata di Tuban Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Dimana tempat wisata Tebing Pelangi merupakan salah satu tempat wisata yang baru ada di Kabupaten Tuban yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat piknik bersama dengan anak dan keluarga yang murah dan lagi hits di kalangan wisatawan lokal, dulunya tempat wisata yang satu ini dibuka untuk umum di pertengahan tahun 2018 yaitu bekas tambang pasir dan dikarenakan lokasi tambang pasir tersebut sudah tidak beroperasi sehingga masyarakat sekitar yang akhirnya mulai mengelola bekas tambang pasir menjadi tempat wisata yang menarik lokasinya berada di Desa Tuwiri Kulon, Kec. Merakurak, Kab. Tuban.

Sekarang ini Wisata Tebing Pelangi sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan seperti kolam bermain pasir, flying fox, ski bike, kolam renang khusus anak-anak dan lainnya, menyediakan spot foto menarik yang instagramable dan tidak hanya itu dilengkapi juga dengan fasilitas umum yang tergolong lengkap dimulai dari mushola, area parkir, cafe, kantin, hingga toilet, untuk bisa merasakan semua fasilitas yang ada di Tebing Pelangi wisata akan dikenakan uang tiket sebesar Rp 12.000 untuk weekday dan Rp 15.000 untuk weekend dan ini tidak termasuk biaya untuk menikmati wahana permainan yang disana.

Wisata Makam Sunan Bonang

10 Tempat Wisata di Tuban Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Pastinya kamu sudah pernah mendengar dengan sejarah Wali Songo dan salah satu Wali Songo yang sudah berjasa dalam proses penyebaran Agama Islam di daerah Kabupaten Tuban dan sekitarnya yaitu ada Sunan Bonang yang dimakamkan di Tuban, dimana untuk lokasi Makam Sunan Bonang ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata oleh masyarakat lokal maupun luar daerah dan jika kamu berada di Tuban jangan lewatkan untuk berkunjung ke Makam Sunan Bonang.

Pada biasanya para wisatawan yang datang ke Makam Sunan Bonang bertujuan untuk berziarah sekaligus bernapak tilas di sekitar lokasi makan tersebut, para wisatawan yang bisa berkunjung kesini kapan saja karena makan tersebut dibuka untuk umum selama 24 jam non stop dan tidak akan dikenakan harga tiket masuk alias gratis untuk lokasi Makam Sunan Bonang berada di Jl. Kh. Mustain, Desa Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Wisata Alun-Alun Kota Tuban

10 Tempat Wisata di Tuban Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk kamu yang mungkin ingin menghabiskan waktu liburan bersama dengan anak-anak dan juga keluarga tercinta di Kabupaten Tuban di malam hari bisa dengan mengunjungi Alun-alun Kota Tuban yang menjadi pilihan alternatif yang pas, berkunjung ke alun-alun kamu akan merasakan kesegaran di malam hari untuk bersantai-santai dan juga menghilangkan rasa penat dan lelah dengan aktivitas sehari-hari yang sangat membosankan.

Biasanya Alun-Alun Kota Tuban pada setiap harinya selalu ramai karena tempat ini biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong dengan menawarkan berbagai kuliner yang lezat yang ada di pinggir-pinggir jalan yang bisa dijadikan untuk pelepas dahaga dan juga lapar, tidak hanya itu kamu juga yang akan ditemani dengan panorama Alun-alun yang instagramable dengan semilir angin pusat Kota Tuban dan tempat wisata yang satu ini sering dijadikan sebagai alternatif tempat liburan masyarakat di Kota Tuban.

Wisata Museum Kambang Putih

Museum Kambang Putih merupakan salah satu tempat wisata di Tuban untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits tidak kalah menariknya untuk dikunjungi pada saat berada di Kabupaten Tuban, tidak hanya merasakan sensasi liburan saja namun kamu bersama anak-anak dan keluarga akan mendapatkan wawasan mengenai sejarah yang ada di sana dan Museum Kambang Putih ini memiliki koleksi benda bersejarah yang cukup lengkap bisa kamu lihat secara langsung disana.

Beragam koleksi benda bersejarah yang ada di Museum Kambang Putih diantaranya ada wayang kulit, naskah kuno, guci kuno, peralatan untuk atraksi barongsai hingga dengan senjata tradisional semuanya tersedia di museum tersebut, untuk lokasinya Museum Kambang Putih berada di Jl. Kartini No. 3, Kota Tuban yang diberikan harga tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk weekday dengan jam operasional mulai dari 07.00 – 14.00 WIB, dan  Rp 40.000 untuk weekend jam operasional 07.00 – 12.00 WIB sedangkan untuk hari jumat mulai 07.00 – 11.00 WIB.

Wisata Pantai Boom

Pantai Boom merupakan salah satu tempat wisata pantai yang paling populer di Tuban karena selain mudah untuk diakses namun pantai yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang sangat lengkap dimulai dari rest area, toilet, mushola, pusat oleh-oleh hingga dengan pujasera semuanya bisa kamu jumpai di sini, untuk lokasi Pantai Boom berada di Desa Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur yang lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Tuban hanya berjarak sekitar 150 meter.

Bahkan tidak hanya itu saja Pantai Boom juga yang menawarkan panorama alam  yang sangat memukau dengan memiliki daratan yang menjorok ke arah laut sepanjang kurang lebih 800 meter, terdapat juga 2 sumur kuno yang unik karena mengeluarkan air tawar dan juga mempunyai prasasti sejarah menceritakan sejarah Pantai Boom tersebut, untuk para wisatawan yang berkunjung kesini bisa melakukan banyak aktivitas seperti berkeliling area pantai dengan menggunakan perahu nelayan, bermain air di bagian pinggir pantai, berburu foto hingga menikmati sunset pada sore hari dan semua itu bisa dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500 saja.

Wisata Kawasan Industri Batik Gedog

Untuk tempat wisata yang ada di Tuban sangat cocok untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi pada saat libur akhir pekan atau libur panjang yaitu dengan berkunjung ke Kawasan Industri Batik Gedog yaitu merupakan batik khas asli Kabupaten Tuban, dengan memiliki nama batik yang sangat unik yang diberikan tersebut karena timbulnya suara dagdog pada saat proses pemintalan kain dan juga mencap batik tersebut.

Para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Industri Batik Gedog yang bisa secara langsung untuk menyaksikan para pengrajin batik menciptakan kain yang sangat cantik dari home industry mereka, bahkan tidak hanya menyaksikan saja namun wisatawan juga bisa mencoba untuk membuat batik bersama dengan pelatih yang disana dan jika kamu tertarik berkunjung ke Kawasan Industri Batik Gedog lokasinya berpusat di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang merupakan sentra batik Gedog.

Wisata Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban merupakan salah satu masjid tertua dan sekaligus masjid yang paling bersejarah yang ada di Tuban yang pertama kali masjid ini didirikan oleh Adipati Raden Aryo Tejo pada saat menjabat sebagai Bupati Tuban yang ke 7 pada abad ke 15, dimana Masjid Agung Tuban yang telah didirikan di atas tanah seluas 5.246 meter persegi dan sudah dilengkapi degan 6 menara untuk bangunananya sendiri yang terdiri dari 3 lantai dengan keseluruhannya difungsikan sebagai tempat beribadah.

Masjid Agung Tuban yang memiliki arsitektur bangunan sangat megah dan sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto di depan masjid tersebut yang sangat instagramable, atau para wisatawan yang berkunjung kesini juga yang bisa menikmati keindahan masjid hingga bersantai-santai menghilangkan rasa lelah dan penat, untuk lokasi Masjid Agung Tuban berada di pusat Kota Tuban dan para wisatawan yang berkunjung ke sana tidak akan dikenakan uang tiket masuk sedikitpun alias gratis dan dibuka setiap hari.

Wisata Klenteng Kwan Sing Bio

Untuk tempat wisata di Tuban untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits lainnya bisa dikunjungi yaitu ada sebuah Klenteng Kwan Sing Bio yang merupakan salah satu simbol toleransi masyarakat Tuban kepada masyarakat Tionghoa, walaupun memang Tuban ini yang terkenal sebagai bumi wali tetapi masyarakat Tionghoa yang tetap dapat melakukan aktivitas beribadah dengan tenang disana.

Dimana tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini tetapi juga ada para wisatawan mancanegara datang kesana dari Malaysia, China, Singapura juga mau datang jauh-jauh ke klenteng tersebut, untuk lokasinya Klenteng Kwan Sing Bio sendiri yang berada di Jl. RE. Martadinata No. 1, Karangsari, Tuban yang berdiri dengan kokoh menghadap ke arah laut lepas dan konon dipercaya oleh masyarakat Tionghoa jika berdoa di sana maka doanya yang pastinya akan terkabul.

Wisata Pondok Pesantren Perut Bumi Al – Maghribi

Pondok Pesantren Perut Bumi Al – Maghribi ini merupakan salah satu pondok pesantren sangat unik dan menarik menjadi salah satu tempat wisata di Tuban untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi pada saat berkunjung ke Kabupaten Tuban, pondok pesantren yang satu ini berbeda dengan kebanyakan pondok pesantren yang lainnya mayoritasnya didirikan di atas permukaan tanah sedangkan untuk pondok pesantren ini didirikan di bawah permukaan tanah tepatnya berada di dalam goa.

Salah satu hal yang paling menariknya dari Pondok Pesantren Perut Bumi Al – Maghribi ini yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja yaitu bagian bangunan masjidnya yang dimana masjid tersebut terletak dalam goa dengan memiliki area atap berupa stalaktit dan juga stalagmit yang sangat luar biasa indah, Pondok Pesantren Perut Bumi Al – Maghribi ini bisa dikunjungi kapan saja dan tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis dan lokasinya berada di Desa Gedongombo, Kec, Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Wisata Kampung Warna Tuban

Siapa sangka ternyata Tuban juga yang memiliki kampung warna yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi dan jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata kampung warna tersebut maka bisa dengan berkunjung ke Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dimana pada saat kamu berada di Kampung Warna Tuban maka kamu akan melihat spot foto yang instagramable dan berwarna-warni.

Sebenarnya pada mulanya Kampung Warna Tuban ini yang merupakan salah satu kampung kumuh dan tidak rapi yang dikenal dengan sebutan sebagai Kingking, tetapi sekarang semuanya yang berubah 180 derajat Kampung tersebut yang berubah menjadi lebih instagramable dan juga cantik dilihat, tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang mencari tempat foto yang ada di Tuban dengan gaya instagramable walaupun disini terdiri dari gang sempit namun tidak akan mengurangi keindahan dari paduan warna dari tembok rumah-rumah warga.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang tersedia di Kabupaten Tuban yang bisa kamu nikmati untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan orang-orang tercinta untuk mendapatkan perjalanan yang lebih seru dan menyenangkan, untuk bisa menjelajahi atau mengexplore beragam tempat wisata di Tuban ini yang tentu saja akan membutuhkan beberapa hari dan jangan khawatir karena kamu bisa menginap disana dengan harga yang terjangkau.

Mungkin hanya itu saja untuk ulasan mengenai dengan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Tuban untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi saat libur akhir pekan untuk mendapatkan liburan yang lebih menyenangkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan mengexplore tempat wisata di Tuban yang tak terlupakan.