10 Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

11 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 18:53 0 34 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Berencana untuk pergi liburan pada akhir pekan tiba jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kabupaten Sumenep yang akan memanjakan kamu ketika menghabiskan waktu liburan di Pulau Madura bersama keluarga, artikel kali ini kami akan membahas dengan beberapa rekomendasi tempat wisata yang tersedia di Sumenep wajib kamu kunjungi bersama dengan anak dan keluarga yang murah dan tentunya hits.

Untuk nama Kabupaten Sumenep ini yang memang tidak terlalu terkenal di dunia pariwisata nasional dan internasional tetapi demikian bukan berarti kabupaten yang ada di Pulau Madura ini tidak memiliki potensi wisata sama sekali ya karena potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sumenep ini bahkan bisa dikatakan sangat luar biasa yang mirip dengan daerah sentral pariwisata lain seperti bali dan Yogyakarta.

Dimana Kabupaten Sumenep yang menawarkan tempat wisata sangat beragam mulai dari wisata pulau mini alias gili, wisata pantai hingga wisata sejarah dan semuanya bisa kamu temukan dengan mudah di Kabupaten satu ini, tentu saja banyaknya jumlah tempat wisata yang ada di Sumenep tidak terlepas dari luas wilayahnya bisa mencapai 2.093 km persegi dan Kabupaten Sumenep ini tergolong sebagai kabupaten dengan memiliki wilayah terluas di Pulau Madura.

Untuk Nama Kabupaten Sumenep yang satu ini berasal dari dua kata yaitu “Sung” berarti cekungan atau lembah dan “Eneb” berarti endapan, sehingga jika digabungkan artinya kurang lebih menjadi lembah yang mengendap atau tenang dan pemberian nama tersebut yang bukan tanpa alasan karena pantai-pantai yang ada di Kabupaten Sumenep yang memiliki air yang sangat tenang.

Untuk kamu yang berniat dalam waktu dekat ini pergi liburan atau jalan-jalan di Kabupaten Sumenep jangan langsung buru-buru kamu juga perlu mengetahui dengan tempat wisata di Sumenep cocok dijadikan sebagai tempat piknik untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits, untuk mengetahui hal tersebut maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Menghabiskan waktu liburan dengan pergi berlibur ke Kabupaten Sumenep menjadi salah satu pilihan yang tepat karena Kabupaten Sumenep Madu ini yang menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi, disini kamu bersama keluarga yang tidak akan merasakan kesulitan dalam mencari tempat wisata kunjung untuk liburan yang berkualitas dan menyenangkan.

Pulau Madura memang telah menghadirkan banyak daerah salah satunya ada Kabupaten Sumenep dengan memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan, kamu bisa mendapatkan perjalanan liburan yang tak terlupakan di Sumenep Bali dengan mengexplore beragam tempat wisata terbaik disana yang menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan.

Tidak hanya dengan mengexplore saja namun kamu juga yang bisa bersantai-santai di sana untuk merefresh rasa lelah, penat dan jua jenuh dengan aktivitas sehari-hari, adapun untuk beberapa tempat wisata di Sumenep untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi pada saat musim libur akhir pekan tiba yaitu sebagai berikut:

Wisata Pantai Sembilan

10 Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Obyek wisata gili yang memiliki pantai lain yang tak kalah menariknya untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga tercinta yaitu bernama Pantai Sembilan berlokasi di Jl. Raya Bringkang, Kec. Giligenting, Kabupaten Sumenep yang bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Sumenep untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits, dimana Pantai Sembilan yang menawarkan fasilitas wisata yang lengkap dimulai dari ATV, spot foto menarik, banana boat, camping ground, hingga berbagai macam fasilitas wisata menarik yang lainnya bisa dijumpai di sana.

Untuk kondisi Pantai Sembilan sendiri terbilang masih tergolong sangat asri, alami dan bersih dengan ombak laut yang tenang sehingga kamu bisa bersantai di sana untuk menghilangkan penat serta lelah dengan aktivitas sehari-hari, dikarenakan untuk lokasi pantai ini yang berada tepat di ujung Pulau Genting sehingga Pantai Sembilan sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk menikmati panorama sunrise di pagi hari dan juga sunset di sore hari untuk mendapatkan pengalaman liburan di Kabupaten Sumenep yang seru dan tak terlupakan bersama keluarga tercinta.

Wisata Masjid Agung Sumenep

10 Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk tempat wisata yang ada di Sumenep untuk dikunjungi pada saat libur akhir pekan bersama dengan anak dan keluarga yang murah dan lagi hits lainnya yaitu ada Masjid Agung Sumenep yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 354, Bangselok, Malang, Dalem Anyar, Kabupaten Sumenep, dimana untuk tempat wisata yang satu ini Masjid Agung Sumenep dengan memiliki sejarah panjang menjadi ikon dari Kabupaten Sumenep.

Masjid yang megah identik memiliki warna kuning ini yang menjadi salah satu pusat wisata religi yang sangat sayang untuk dilewatkan pada saat berkunjung ke Kabupaten Sumenep, karena memang Masjid Agung Sumenep ini yang begitu sangat menarik dengan memiliki arsitektur sangat cantik ditambah lagi letak masjidnya yang langsung menghadap ke alun-alun Kota Sumenep dan para wisatawan yang berkunjung ke sini bisa melakukan banyak aktivitas di sana seperti berburu foto dengan latar belakang masjid yang menawan tersebut.

Wisata Kepulauan Masalembu

10 Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Kepulauan Masalembu merupakan area kepulauan di laut Jawa terdiri dari tiga pulau utama yaitu Pulau Masalembu, Pulau Masakambing dan juga Pulau Keramaian dan Pulau Masalembu ini mirip seperti pulau mini yang ada di Kabupaten Sumenep Madura lainnya, dimana Kepulauan Masalembu yang memiliki area terumbu karang cukup luas dan bahkan selain itu kepulauan yang satu ini dikabarkan memiliki struktur biodiversitas habitat cukup lengkap dimulai dari rumput laut, terumbu karang, pesisir litoral, hingga dengan area umbalan.

Semua struktur biodiversitas habitat tersebut yang bisa kamu temui dengan mudah di kepulauan yang satu ini oleh karena itu tidak heran jika Kepulauan Masalembu menjadi salah satu penopang sumber daya ikan dan non ikan yang ada di Kepulauan Madura, tapi sayangnya dikarenakan berbatasan dengan laut lepas secara langsung sehingga area pantai di kepulauan tersebut cenderung memiliki ombak cukup tinggi sehingga tidak cocok dijadikan tempat bermain pasir atau berenang.

Wisata Taman Adipura Kota Sumenep

10 Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk tempat wisata di Sumenep untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits berikutnya recomended untuk dikunjungi yaitu ada Taman Adipura Kota Sumenep yang menghadirkan pemandangan alam yang rindang dan sangat asri ditambah lagi udara sekitar yang menenangkan sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin merefresh pikiran dan jiwa lelah dan jenuh dengan pekerjaan sehari-hari.

Bahkan tidak hanya itu saja Taman Adipura Kota Sumenep juga yang bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong atau hangout sambil dengan menikmati beraneka ragam jajanan yang sudah tersaji di sekitarnya, untuk Taman Adipura tersebut bak oase di tengah padang pasir dikarenakan kota yang identik dengan polusi, panas dan juga gersang diselingi dengan taman yang rindang dan juga asri bahkan Taman Adipura Kota Sumenep juga yang terdapat berbagai macam bunga di sekitarnya yang menambah keindahan taman tersebut.

Wisata Pantai Slopeng

10 Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk kamu yang ingin berwisata bersama dengan anak-anak dan juga keluarga tercinta maka di Kabupaten Sumenep terdapat sebuah tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi pada saat libur akhir pekan tiba yaitu ada Pantai Slopeng, Pantai Slopeng adalah pantai eksotis yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi atau bermain pasir dan ari di pinggir pantai karena pantai tersebut memiliki ombak yang relatif cukup tenang.

Bahkan tidak hanya itu saja tempat wisata Pantai Slopeng ini yang memiliki garis pantai sangat panjang yaitu sekitar 6 km dengan dilengkapi berbagai fasilitas wisata yang sangat lengkap bisa dikunjungi oleh para wisatawan, Pantai Slopeng juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata favorit pada hari libur atau akhir pekan sehingga tidak heran jika setiap hari libur atau akhir pekan ramai pengunjung ditambah lagi masuk ke pantai tersebut tidak akan dikenakan biaya tiket masuk hanya saja membayar parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Wisata Bukit Tinggi Daramista

10 Tempat Wisata di Sumenep Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Bukit Tinggi Daramista berlokasi di Billa Tompok, Desa Daramista, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep dengan memiliki harga tiket masuk sebesar Rp 2.000 menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Sumenep untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits untuk kamu kunjungi pada saat libur akhir pekan, dimana Bukit Tinggi Daramista tergolong salah satu tempat wisata baru yang ada di Sumenep namun sudah banyak para wisatawan yang mengetahuinya baik itu wisatawan lokal maupun luar daerah.

Pemandangan alam dan spot foto yang ditawarkan oleh Bukit Tinggi Daramista yang sangat menakjubkan dan memukau ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan ditambah lagi memiliki udara sekitar yang sejuk sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama disini, tidak hanya itu saja terdapat juga berbagai macam spot foto yang menarik ditambah dengan beragam fasilitas wisata yang unik dimulai dari gubuk-gubuk kecil hingga dengan kolam buatan dan semuanya sudah disediakan oleh pihak pengelola sebagai fasilitas pendukung hal yang lebih kerennya lagi harga tiket masuk sebesar Rp 2.000/ kendaraan saja dan lokasinya berada di daerah perbukitan dengan jalan akses yang mudah.

Wisata Pulau Mamburit

Pulau Mamburit terkenal dengan keindahan pantai yang dimilikinya yang sangat luar biasa dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan anak-anak dan keluarga tercinta untuk menghabiskan waktu liburan yang seru dan menyenangkan, dimana Pulau Mamburit yang memiliki keindahan alam bawah laut tak kalah cantik seperti di Indonesia Timur sana ditambah lagi dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih dan juga terumbu karang yang sangat asri serta udara sekitar yang sejuk menenangkan.

Tidak hanya itu saja Pulau Mamburit juga yang terdapat tempat untuk snorkeling atau diving yang tidak kalah indahnya dan untuk kamu yang tertarik berkunjung ke pulau yang satu ini maka kamu harus menempuh perjalanan laut dari pelabuhan batu guluk terletak di Pulau Kangean yaitu membutuhkan waktu sekitar 20 menit, Pulau Mamburit juga yang menjadi salah satu dusun di desa Mamburit dengan  menjadi salah satu pulau diantaranya 126 pulau yang ada di Kabupaten Sumenep yang dikelilingi pulau berukuran kecil tanpa penghuni.

Wisata Museum Keraton Sumenep

Dimana kita yang terlahir sebagai bangsa terdiri dari berbagai budaya dan juga sistem kerajaan dan sekarang kita sepakat melebur menjadi Indonesia sehingga sebagai bangsa kaya akan nilai historis kita jangan melupakan nilai historis begitu saja, Museum Keraton Sumenep merupakan salah satu tempat wisata atau tempat rekreasi di Sumenep untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No. 6, Lingkungan Selama, Pajagalan, Kota Sumenep.

Dengan mengunjungi Museum Keraton Sumenep kamu bersama keluarga yang akan mendapatkan wawasan dengan nilai sejarah Indonesia yang sangat berharga dan kamu bisa berkunjung kesini kapan saja karena Museum tersebut yang dibuka pada setiap dimulai dari hari Senin hingga Minggu, adapun untuk jam operasionalnya yang dibuka mulai dari pukul 07.00 hingga 15.30 WIB dan jika kamu berkunjung ke Taman Adipura maka bisa sekaligus untuk mengunjungi Museum ini dengan memiliki jarak hanya sekitar 100 meter saja dari sana.

Wisata Bukit Kapur Kombang

Sesuai dengan namanya wisata Bukit Kapur Kombang yang menawarkan area bukit kapur yang meng undak-undak dengan membentuk area tebing dan menurut masyarakat setempat dulunya wisata Bukit Kapur ini yang merupakan area pertambangan namun untuk sekarang sudah dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, dimana jika kamu lihat sekilas dari kejauhan area bukit Kapur Kombang tersebut yang akan terlihat seperti bangunan kastil khas Benua Eropa yang sarat akan dinding-dinding yang artistik.

Dengan berkunjung ke wisata Bukit Kapur Kombang kamu yang bisa berburu foto dengan latar belakangnya area bukit kapur dan sunset pada sore hari dan kamu juga yang bisa menikmati keindahan bukit tersebut sembari bersantai-santai menghilangkan rasa lelah dan penat dengan aktivitas sehari-hari, jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Bukit Kapur Kombang lokasinya berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur dengan memiliki harga tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja.

Wisata Gili Iyang

Gili Iyang merupakan salah satu pulang mini yang ada di Kabupaten Sumenep dengan menawarkan panorama alam yang indah dan udara segar tersehat di dunia dengan memiliki pantai pasir putih yang panjang dengan air pantai bersih serta tenang dan Gili Iyang ini bisa dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata di Sumenep untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits untuk dikunjungi nanti saat libur akhir pekan, dengan dikatakan udara tersehat karena pulau ini yang memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi tidak hanya di Kabupaten Sumenep saja atau Indonesia tetapi di seluruh penjuru dunia.

Pada saat berkunjung ke Gili Iyang kamu bersama keluarga yang dapat melakukan berbagai aktivitas wisata yang menarik seperti bermain air, berenang, berjemur di pinggir pantai, snorkling, menikmati sunset pada sore hari, berburu foto hingga berkeliling pada area pulau tersebut, pulau tersebut yang berlokasi di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur yang lumayan jauh dari Pulau Madura sehingga untuk bisa sampai disana para wisatawan harus menyewa perahu tradisional dengan tarif sebesar Rp 500.000/ sekali jalan.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumenep bisa kamu kunjungi dan tentunya berlibur di Sumenep tidak cukup hanya satu hari saja sehingga kamu bisa dengan menginap disana, untuk pergi liburan sekarang jangan pergi jauh-jauh liburan ke luar negeri jika ternyata di dalam negeri sendiri saja yang memiliki keindahan alam yang tiada tara dan lestarikan pariwisata lokal agar semakin banyak dikunjungi dan semakin terkenal.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumenep untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dijadikan referensi pada saat berkunjung ke kabupaten Sumenep, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat berlibur bersama keluarga yang seru, menyenangkan serta tak terlupakan.