Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Diet

5 minutes reading
Sunday, 14 May 2023 15:32 0 267 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah mengenal dengan buah Kelengkeng yang satu ini dengan memiliki bentuk yang bulat kecil dengan rasanya yang manis, bahkan banyak orang yang menjadikan buah Kelengkeng ini sebagai cemilan sehat lalu manfaat buah Kelengkeng untuk diet? Untuk mengetahuinya maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Buah Kelengkeng memiliki nama ilmiah yaitu Dimocarpus longan merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari daratan Asia Tenggara dan termasuk buah-buahan tropis, tanaman ini yang telah menyebar ke Indochina yaitu seperti Taiwan, India, Malaysia Cambodia, Thailand, Vietnam, Laos,dan juga Indonesia.

Buah Kelengkeng ini yang memiliki bentuk bulat hingga lonjong dengan kulit buah yang berwarna hijau pada saat masih muda dan akan menjadi coklat jika sudah matang, dalam daging buahnya berwarna putih atau transparan dan terdapat biji bulat yang berwarna hitam mengkilap.

Tanaman Kelengkeng ini dapat tumbuh dengan baik pada kondisi lingkungan yang memiliki suhu ideal yaitu antara 20 hingga 330 C pada siang hari dan juga antara 15 hingga 220 C di malam harinya, selain itu tanaman ini yang dapat bereproduksi dan tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan memiliki suhu panas.

Buah ini yang memang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan sehingga tidak heran jika buah Kelengkeng menjadi buah favorit kebanyakan orang dimulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, bahkan selain itu juga buah Kelengkeng yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan terutama untuk diet.

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Kelengkeng untuk diet, untuk mengetahui berbagai manfaatnya maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Diet

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Diet

Buah Kelengkeng ini yang hampir mirip dengan buah Leci dan biasanya dijual selagi masih segar, dikeringkan atau dalam kalengan berupa sirup, untuk daging buahnya yang berair dengan memiliki rasa yang manis bahkan selain itu juga mengandung banyak nutrisi serta kaya akan antioksidan polifenol.

Buah Kelengkeng yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran tradisional, pasar modern, penjual kaki lima, bahkan di sekitar perumahan, hal ini karena memang sudah banyak masyarakat yang menanam tanaman Kelengkeng di sekitar halaman rumahnya atau mungkin di kebun.

Selain memiliki rasa yang manis buah Kelengkeng yang diperkaya dengan kandungan gizi didalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dalam buah Kelengkeng yang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, lemak, serat, karbohidrat, mangan, tembaga, kalium, fosfor, seng, zat besi, magnesium, kalsium, energi, protein dan juga air.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Kelengkeng ini yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan atau diet, tentu saja untuk kamu yang sedang menjalankan program diet perlu mengetahui hal ini dan sangat sayang jika dilewatkan adapun untuk beberapa manfaat dari buah Kelengkeng untuk diet dan kesehatan lainnya yaitu diantaranya sebagai berikut.

Menurunkan Berat Badan

Dimana buah Kelengkeng ini yang dapat memberikan manfaat untuk membantu menurunkan berat badan hal ini dikarenakan buah kelengkeng yang memiliki kalori dan juga lemak yang rendah, sehingga dengan buah  Kelengkeng ini yang baik dijadikan sebagai menu diet.

Dimana dalam setengah cangkir buah Kelengkeng yang terdapat sekitar 35 kalori, dengan kandungan serat yang tinggi memiliki peran penting untuk membantu kamu menjadi merasa kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama sehingga akan mencegah kamu ngemil berlebihan dan juga tetap menjaga berat badan agar tetap ideal.

Selain itu juga buah Kelengkeng ini yang mengandung bakteri probiotik yang terdapat pada ekstrak buah Kelengkeng ini yang bisa membantu untuk mengurangi kenaikan berat badan yang secara menyeluruh, untuk memperoleh manfaat ini tentu saja bisa kamu lakukan hanya dengan rutin mengkonsumsi buah Kelengkeng dengan jumlah yang wajar.

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah Kelengkeng yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi didalamnya dapat memberikan manfaat yaitu mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, manfaat ini tentu saja bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Kelengkeng secara rutin dan bisa memenuhi kebutuhan serat.

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah Kelengkeng yang mengandung vitamin C yang tinggi didalamnya dan kandungan vitamin C ini yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dengan begitu tubuh yang tidak akan dengan mudah mengalami sakit arena tubuh yang akan berusaha untuk melawan berbagai bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Membantu Mengurangi Stres

Dimana dengan mengkonsumsi buah Kelengkeng dengan jumlah yang wajar secara rutin yang dapat memberikan manfaat untuk membantu mengurangi stres dan tentu salah satu manfaat ini tidak kalah jauh lebih pentingnya, terdapat nutrisi yang terkandung dalam buah Kelengkeng berfungsi untuk membantu mengurangi rasa lelah, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi masalah insomnia dan juga memberikan efek tenang.

Meningkatkan Menangkal Radikal Bebas

Untuk manfaat lainnya dari mengkonsumsi buah Kelengkeng yaitu membantu untuk melawan atau menangkal efek radikal bebas, pasalnya buah Kelengkeng ini yang mengandung asam elagat dan asam galat yang merupakan antioksidan yang memiliki peran untuk melawan berbagai efek negatif dari radikal bebas masuk dalam tubuh.

Dimana untuk jumlah radikal bebas yang terlalu banyak bisa dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit dan juga dapat memicu kerusakan pada organ tubuh, sehingga dengan makan buah Kelengkeng yang bisa mengatasi dan mencegah efek radikal bebas.

Membantu Mencegah Anemia

Buah Kelengkeng yang mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga dengan begitu bisa mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah.

Membantu Meningkatkan Kekuatan Tulang

Untuk manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari rutin mengkonsumsi buah Kelengkeng yaitu bisa membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang dan juga mencegah osteoporosis, manfaat ini berasal dari kandungan kalsium yang terdapat pada buah Kelengkeng sendiri yang berfungsi untuk memperkuat tulang.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Dimana buah Kelengkeng yang mengandung banyak nutrisi dan juga antioksidan didalamnya yang bermanfaat untuk membantu dalam menjaga kesehatan mata, dengan rutin mengkonsumsi buah Kelengkeng dengan jumlah yang wajar bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan mata, mengurangi penyakit degenerasi makula dan katarak.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Kelengkeng secara rutin untuk membantu diet dan juga manfaat kesehatan lainnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.