Monday, 17 Jun 2024

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Darah Tinggi

5 minutes reading
Wednesday, 30 Nov 2022 11:54 0 273 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daun Seledri yang tidak hanya dapat digunakan untuk bahan pelengkap masakan saja, ternyata daun seledri juga yang memiliki beragam manfaat salah satunya untuk darah tinggi dan cara mengolah daun seledri kamu bisa dengan simak penjelasannya lebih jelasnya dibawah ini.

Dimana daun seledri yang lebih identik dengan menjadi salah satu bahan pelengkap masakan,  ternyata dengan mengkonsumsi daun seledri ini yang memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Beberapa sumber yang telah menyebutkan jika daun seledri ini yang sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah dan tentunya dengan adanya hal ini yang menjadi salah satu hal yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, mengkonsumsi daun seledri yang secara rutin dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hal ini dikarenakan daun seledri yang mempunyai kandungan ekstrak heksana didalamnya yang berperan untuk membantu menurunkan tekanan darah, selain itu juga terdapat kandungan metanol dan juga ekstrak etanol dan dan kedua senyawa ini yang bisa meningkatkan sirkulasi, membantu tekanan darah dna juga  mengurangi peradangan.

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Darah Tinggi

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Darah Tinggi

Memang daun seledri yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh karena ini yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang sangat banyak diantaranya yaitu vitamin C, beta karoten, vitamin E dan juga flavonoid.

Dimana beragam senyawa tersebut yang dimana tergolong sebagai antioksidan dengan memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan juga jaringan di tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Dengan khasiat tersebut sehingga daun seledri ini  yang dipercaya dapat mencegah dan juga mengatasi berbagai gangguan kesehatan, adapun untuk manfaat dari mengkonsumsi daun seledri ini yaitu sebagai berikut:

Menurunkan Hipertensi

Dengan mengkonsumsi daun seledri ini yang ternyata dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, kandungan antioksidan yang terdapat didalam daun seledri yang mampu membantu dalam menangkal berbagai radikal bebas yang berbahaya dan salah satunya yaitu mencegah terjadinya penyakit kronis meliputi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan BuAh atau butilftalida di dalam daun seledri yang bermanfaat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol didalam darah, selain itu juga kandungan BuPh ini  yang mampu memberikan efek relaksasi pada bagian sistem saraf pusat sehingga dengan begitu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan juga meningkatkan kualitas pada saat tidur.

Meredakan Peradangan

Dengan mengkonsumsi daun seledri yang dipercaya dapat membantu untuk meredakan peradangan dna juga rasa sakit pada tubuh seperti nyeri haid bahkan sakit otot atau sendi, dimana hal ini yang dimana daun seledri yang tidak hanya mengandung antioksidan di dalamnya tetapi juga mengandung anti radang sehingga dapat meredakan peradangan.

Mencegah Kanker

Ekstrak yang terdapat di dalam daun seledri ini yang mempunyai sifat anti kanker, dimana ekstrak ini yang mampu membantu menghambat pertumbuhan dan juga penyebaran pada sel kanker dan terutama pada bagian organ hati.

Dapat Mengusir Nyamuk

Kandungan ekstrak didalam daun seledri yang mampu mengusir nyamuk dan bertahan lebih dari 4 jam, dengan memiliki kemampuan tersebut yang akan meningkat jika daun seledri ini yang dikombinasikan dengan eukaliptus atau minyak esensial jeruk.

Selain dengan beberapa manfaat dari daun seledri ini ternyata masih banyak lagi manfaat yang lainnya seperti mampu mengatasi sakit kepala. kelelahan. dan juga tidak nafsu makan, bahkan selain itu juga kandungan serat yang terdapat didalam daun seledri yang dapat membuat perut merasa kenyang sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang melakukan program diet.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Dauns eledri ini selain mengandung antioksidan didalamnya ternyata mengandung serat yang berjenis pektin juga didalamnya dan kandungan ini yang dapat membantu untuk melancarkan buang air besar, memperbaiki lapisan lambung yang mengalami kerusakan, mencegah terjadinya penyakit maag dan juga mampu menjaga kesehatan pada saluran pencernaan.

Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Darah Tinggi

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Darah Tinggi

Untuk kamu yang memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi maka sebaiknya untuk mengkonsumsi daun seledri ini yang diolah menjadi jus, dan untuk bisa membantu menurunkan tekanan darah maka kamu bisa dengan mengkonsumsi jus daun seledri secara rutin setiap harinya.

Untuk membuat jus daun seledri ini kamu juga bisa dengan menambahkan berbagai bahan yang lainnya seperti buah pir, nanas, bayam atau mungkin air perasan lemon, jika kamu belum tahu dengan cara mengolah daun seledri untuk darah tinggi dalam bentuk jus kamu bisa dengan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu silahkan cuci daun seledri dengan bahan tambahan yang lainnya.
  • Lalu potong kecil-kecil kedua bahan  tersebut.
  • Jika sudah kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Selanjutnya tambahkan es batu dan air perasan lemon.
  • Lalu saring jus yang telah diblender sebelum jusnya diminum.
  • Selesai.

Untuk cara mengolah daun seledri untuk darah tinggi sangat mudah bahkan dan selain diolah menjadi jus kamu juga bisa dengan mengkonsumsi suplemen ekstrak dari daun seledri, tetapi walaupun suplemen ekstrak ini yang memang memiliki banyak manfaatnya namun tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Dimana untuk manfaat dan cara mengolah daun seledri untuk darah tinggi yang begitu sangat beragam yang dapat kamu ketahui, namun perlu diperhatikan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsinya jika kamu mempunyai kondisi atau masalah pada kesehatan yang tertentu seperti alergi, gangguan tiroid, sedang hamil dan menyusui atau yang lainnya.

Sehingga agar tetap aman dalam mengkonsumsi jus daun seledri ini sebaiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar mengetahui apakah daun seledri ini yang aman dikonsumsi atau tidaknya, sehingga kamu pun terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat dan cara mengolah daun seledri untuk darah tinggi yang dapat kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.