Thursday, 18 Jul 2024

15 Manfaat dan Khasiat Pisang Ambon

8 minutes reading
Friday, 9 Dec 2022 18:54 0 369 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya hampir semua orang sudah mengenal dengan salah satu jenis Pisang Ambon yang satu ini dengan memiliki rasa manis yang sangat lezat yang menjadi daya tarik masyarakat, selain memiliki rasa yang manis Pisang Ambon juga ternyata terdapat manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Pisang yang merupakan salah satu buah yang sangat mudah di temukan di Indonesia dimulai dari pasar tradisional atau bahkan di pekarangan rumah penduduk, buah Pisang juga yang memiliki banyak sekali jenisnya yang dapat dijumpai dan salah satunya yaitu Pisang jenis Ambon.

Pisang Ambon ini yang menjadi salah satu jenis Pisang yang paling umum dan juga varietas yang sangat populer, dimana jenis Pisang ini yang sesuai dengan namanya Pisang Ambon yang berasal dari Ambon dan untuk sekarang ini Pisang Ambon yang telah dibudidayakan di kebun maupun di rumah penduduk.

Dimana Pisang Ambon yang terkenal luas oleh masyarakat yang dijadikan sebagai makanan penutup, namun selain itu juga bisa digunakan sebagai cemilan dan sebagainya tetapi apa saja manfaat dan khasiat Pisang Ambon yuk simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat dan Khasiat Pisang Ambon

Manfaat dan Khasiat Pisang Ambon

Buah Pisang Ambon yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi didalamnya yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, diantaranya terdapat vitamin C membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap berbagai agen infeksi dan vitamin B memiliki peran untuk membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan juga fungsi otak.

Selain kaya akan vitamin buah Pisang Ambon juga yang kaya akan mineral di dalamnya yang sangat penting juga untuk kesehatan tulang dan juga organ tubuh kita secara keseluruhannya, dimana di dalam 1000 gram buah Pisang Ambon yang memiliki kandungan zat 0-zat gizi yaitu diantaranya:

  • 64 IU vitamin A
  • 8,7 mg vitamin C
  • 0,10 mg vitamin E
  • 0,5 mcg vitamin K
  • 358 mg kalium
  • 20 mcg folat
  • 5 mg kalsium
  • 0,334 mg asam pantotenat
  • 0,078 mg tembaga
  • 0,665 mg niasin
  • 0,36 mg besi
  • 0,073 riboflavin
  • 27 mg magnesium
  • 0,367 mg piridoksin
  • 0,270 mangan
  • 0,031 mg thiamin
  • 22 mg fosfor
  • 1 mg sodium
  • 1,0 mcg selenium
  • 0,33 gram lemak total
  • 0,15 mg seng
  • 89 kkal energi
  • 25 mcg karoten
  • 2,60 gram serat makanan
  • 26 mcg carotene
  • 22,84 gram karbohidrat
  • 22 mcg lutein zeaxanthin
  • 1.09 gram protein
  • 0 mg kolesterol

Dengan memiliki berbagai kandungan nutrisi dalam Pisang Ambon yang tentu saja terdapat beberapa  manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh yang tidak perlu diragukan lagi, apalagi untuk jenis Pisang Ambon yang memiliki manfaat berbeda dengan manfaat jenis pisang yang umumnya.

Untuk itu dibawah ini ada beberapa manfaat dan khasiat Pisang dari  Ambon yaitu sebagai berikut.

Menurunkan Penyakit Diabetes

Manfaat dan khasiat dari buah Pisang Ambon yang dapat kamu rasakan yaitu membantu dalam menurunkan risiko penyakit diabetes, hal ini karena buah Pisang yang mempunyai rasa yang manis sehingga memiliki manfaat untuk diabetes termasuk dengan diabetes tipe 2.

Dimana Pisang Ambon yang memiliki kandungan gula yang cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk diserap oleh tubuh, sehingga dengan begitu akan membantu dalam mengontrol kadar gula darah untuk para penderita diabetes.

Mencegah Anemia

Manfaat dan khasiat Pisang Ambon yaitu membantu dalam mencegah anemia dan anemia ini yang merupakan penyakit yang bisa menyebabkan lesu, lemas, kepala pusing dan yang lainnya dan hal ini dikarenakan jumlah sel darah merah di dalam tubuh yang berada di bawah normal, dimana Pisang Ambon yang memiliki zat besi atau Fe yang cukup tinggi sehingga membantu mengatasi atau mencegah anemia dengan meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh.

Mengobati Penyakit Liver

Dimana buah Pisang Ambon ini yang ternyata diyakini bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan dan juga sekaligus meningkatkan stamina untuk para penderita penyakit liver, sehingga untuk kamu yang memiliki gangguan atau penyakit liver maka disarankan untuk mengkonsumsi buah Pisang Ambon yang dicampur dengan menggunakan madu secara rutin setiap harinya untuk membantu mengobati penyakit liver.

Sumber Energi

Manfaat dan khasiat Pisang Ambon yaitu sebagai sumber energi hal ini karena Pisang Ambon yang memiliki kandungan gizi didalamnya diantaranya terdapat kalori sekitar 99 kkal atau 100 gram, dengan kandungan gizi ini yang akan membantu dalam menyumbangkan kalori ekstrak yang dibutuhkan oleh tubuh di dalam proses metabolisme berlangsung.

Selain itu juga dengan kandungan gizi yaitu kalori dalam buah Pisang Ambon ini yang selain digunakan sebagai salah satu sumber energi, ternyata Pisang Ambon juga yang dapat dijadikan sebagai salah satu makanan untuk alternatif membuat perut menjadi kenyang .

Menurunkan Gangguan Usus

Manfaat dan khasiat Pisang Ambon selanjutnya yaitu menurunkan gangguan usus dan lambung, dimana hal ini dikarenakan kandungan di dalam Pisang Ambon yang diyakini mempunyai efek penyembuhan yang baik untuk penyakit tersebut dan ini akan membantu menetralkan asam di dalam lambung sehingga menjadi lebih baik dan menenangkan perut.

Kaya Akan Asam Folat

Pisang Ambon yang dikenal dengan kandungan yang kaya akan asam folat didalamnya yang dimana ini menjadi salah satu manfaat dan khasiat dari Pisang Ambon, untuk ibu hamil juga yang disarankan untuk mengkonsumsi buah Pisang oleh para ahli gizi hal ini dikarenakan asam folat alami di dalam buah ini yang akan mudah diserap oleh janin selama kehamilan yang akan membantu dalam perkembangan otak serta sumsum tulang belakang pada janin.

Dimana untuk ibu hamil yang kekurangan asam folat selama kehamilan yang bisa menyebabkan perkembangan otak dan juga sumsum tulang belakang janin yang terganggu, hal ini yang akan menyebabkan kerusakan jaringan otak, meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan menyebabkan kelumpuhan sehingga untuk menghindarinya ibu hamil harus memenuhi kebutuhan asam folat di dalam tubuhnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat dan khasiat dari mengkonsumsi Pisang Ambon secara rutin yang mampu membantu dalam mencegah serangan jantung, hal ini karena terdapat kandungan kalium di dalamnya yang berfungsi sebagai tonikum yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu juga untuk kandungan serat dalam Pisang Ambon yang bisa membantu dalam menurunkan kolesterol, untuk vitamin C serta manfaat senyawa flavonoid dalam buah ini yang menjadi agen antioksidan yang mampu mencegah terjadinya oksidasi lemak yang bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Menurunkan Hipertensi

Pisang Ambon yang mengandung senyawa kalium di dalamnya yang sangat penting dalam membantu untuk mengatur fungsi jantung, tekanan darah, aktivitas otot dan juga saraf, kandungan kalium yang bisa mengatur keseimbangan elektrolit dan juga cairan, menjaga tekanan darah tetap normal dan untuk kandungan serat yang berfungsi dalam mengikat lemak di dalam pembuluh darah.

Untuk Diet

Pisang Ambon yang memiliki kandungan karbohidrat komplek yang tidak berpengaruh terhadap peningkatan dengan kadar gula darah yang secara drastis, sehingga hal ini yang akan membantu kamu dalam menurunkan berat badan dan untuk kamu yang sedang menjalankan program diet maka disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

Selain itu juga buah Pisang Ambon yang dikenal dengan rendah lemak sehingga sangat aman untuk membantu mendukung program diet, untuk kandungan serat dalam buah ini juga yang akan berpengaruh dalam menurunkan berat badan dan juga mempercepat proses metabolisme pada tubuh.

Kesehatan Mata

Pisang Ambon yang kata akan vitamin A didalamnya yang memiliki peran dalam membantu untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat, dan dengan kandungan ini yang menjadi cara untuk meningkatkan kinerja pada retina sebagai salah satu penerima cahaya dan juga bayangan dari objek yang dilihat.

Menghindari Stres

Kandungan potasium dan serotonin dalam Pisang Ambon yang cukup tinggi sehingga bermanfaat dalam membantu untuk membuat perasaan yang menjadi tenang dan rileks, selain itu juga membuat mood menjadi lebih baik, menciptakan perasaan yang bahagia serta menghindari kelelahan dan juga stres.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, B6, dan C dalam Pisang Ambon yang dipercaya mampu membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas dari berbagai virus atau infeksi, dimana pada setiap orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda sehingga dengan mengkonsumsi Pisang Ambon yang akan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan ini menjadi salah satu manfaat dan khasiat dari Pisang Ambon.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat dan khasiat Pisang Ambon selanjutnya yaitu membantu melancarkan sistem pencernaan hal ini karena Pisang Ambon yang kaya akan serat di dalamnya yang akan membantu pencernaan menjadi normal, dimana untuk gangguan sistem pencernaan didalam tubuh yang bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan tidak benar.

Selain itu juga Pisang Ambon  yang terdapat kandungan vitamin B6 di dalamnya yang bermanfaat antasida dan mudah untuk dicerna sehingga dengan begitu sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang penderita asam lambung, dengan mengkonsumsi buah Pisang Ambon secara rutin yang bisa mempunyai dinding perut menjadi lebih kuat.

Menjaga Kerja Sistem Saraf

Manfaat dan khasiat dari mengkonsumsi buah Pisang Ambon yaitu membantu dalam menjaga aktivitas dalam kerja sistem saraf, hal ini yang dikarenakan Pisang Ambon yang memiliki kandungan vitamin B di dalamnya sehingga akan membantu dalam mendorong untuk dapat berkonsentrasi lebih lama lagi.

Meredakan Rasa Nyeri

Manfaat dan khasiat Pisang Ambon terakhir yaitu membantu dalam mengatasi rasa nyeri ringan seperti sakit kepala ringan atau nyeri sendi, dimana Pisang Ambon yang memang bisa digunakan sebagai salah satu herbal dalam mengatasi rasa sakit yang sedang dialami.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat dan khasiat Pisang Ambon yang dapat kamu ketahui, tentunya untuk mendapatkan manfaatnya perlu mengkonsumsi buah ini secara rutin dan semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.